Dont be Captious
Cake Rasa Kue Tradisional (openrice.com)

Unik, 5 Cake Modern dengan Rasa Tradisional di Jakarta

Indonesia tak hanya kaya akan adat budayanya, tapi juga kaya akan kuliner tradisionalnya. Setiap daerah yang ada di Indonesia seolah punya ciri khas citarasa kue tradisional tersendiri yang sangat autentik. Meski demikian, belakangan ini ada banyak kuliner modern yang bermunculan sehingga perlahan mulai menyingkirkan keberadaan kuliner tradisional. Oleh karena itu, beberapa toko kue yang ada di Jakarta mulai membuat inovasi dengan menggabungkan cake modern dengan kuliner tradisional agar bisa tetap disukai masyarakat. Walaupun segi tampilannya dibuat semenarik mungkin, tapi citarasa tradisionalnya masih tetap dipertahankan. Jadi penasaran khan kuliner tradisional apa yang dibuat ala cake modern? Yuk, lihat!

1. Cake Es Teler

Cake Es Teler (anakjajan.wordpress.com)

Es teler merupakan minuman segar yang berasal dari Jawa Barat. Es teler terbuat dari campuran alpukat, kelapa muda, dan nangka yang disajikan dengan santan, susu kental manis, dan juga es batu. Es teler yang biasa disajikan dingin ini sekarang bisa kamu santap dalam bentuk cake yang bisa kamu icip di toko kue AMKC Atelier yang terletak di Plaza Indonesia. Cake es teler ini terbuat dari sponge cake pandan dengan isian potongan kelapa muda, nangka, dan alpukat dengan krim yang terbuat dari campuran santan dan susu kental manis.

2. Cake Es Pisang Ijo

Cake Es Pisang Ijo (anakjajan.wordpress.com)

Es pisang ijo adalah dessert khas Makassar yang terkenal di seluruh penjuru Indonesia. Es pisang ijo terbuat dari pisang yang dilapisi dengan adonan tepung yang diberi pewarna hijau lalu dikukus hingga matang lalu disajikan dengan kuah santan, sirup merah, dan es batu. Buat yang ingin mencoba es pisang ijo dalam variasi yang berbeda, kamu bisa mencicipnya dalam bentuk cake. Cake ini terbuat dari sponge cake yang adonannya dicampur sirup merah dan santan, lalu pada bagian layernya diberi irisan pisang. Untuk menikmati cake es pisang ijo, kamu bisa menyantapnya di AMKC Atelier juga.

3. Cake Martabak Manis

Cake Martabak Manis (anakjajan.wordpress.com)

Jika biasanya kamu mencicip martabak manis atau martabak bulan yang dijual di gerobak kaki lima, kamu bisa mencobanya dalam bentuk cake modern yang memberikan sensasi berbeda. Cake martabak manis yang bisa kamu coba di AMKC Atelier ini terdiri dari sponge cake yang terbuat dari bahan-bahan martabak manis yang disetiap lapisannya diberi krim dengan tambahan cokelat, keju, serta kacang tanah sangrai yang dicincang. Citarasanya sudah tentu sama persis dengan citarasa martabak manis.

4. Cake Es Cendol

Cake Es Cendol Bakerzin (pinterest.com)

Kamu tentunya sudah tak asing lagi dengan es cendol yang berasal dari Bandung. Es cendol terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau alami dari pandan. Cendol yang sudah dicetak dan didinginkan kemudian diberi santan kelapa, gula merah cair, dan es batu. Kebayang nggak kalau es cendol yang biasa kamu santap ini sekarang bisa kamu icip dalam bentuk cake. Cake es cendol yang di Bakerzin ini memang memiliki citarasa es cendol yang khas. Cake ini terbuat dari sponge cake pandan yang diberi lapisan krim dari santan kelapa dan gula merah, sedangkan pada bagian atasnya diberi cendol. Bakerzin memiliki banyak sekali cabang seperti di Plaza Senayan, Plaza Indonesia, Kota Kasablanka, Gandaria City, Central Park Mall, Pondok Indah Mall, Senayan City Mall, hingga Mall Kelapa Gading.

5. Cake Es Delima

Cake Es Delima (pinterest.com)

Dessert khas Indonesia yang satu ini memang tak banyak diketahui orang karena es delima yang berasal dari Pekanbaru ini tak mudah ditemukan. Es delima merupakan es yang terbuat dari buah bengkoang yang dipotong-potong dadu lalu diberi pewarna merah yang mirip dengan warna buah delima. Es delima disajikan bersama dengan santan dan es batu. Kali ini kamu tak perlu susah-susah mencari penjual es delima, karena kamu bisa mencicipnya dalam bentuk cake yang dijual di toko kue Collete & Lola yang memiliki banyak cabang seperti di Grand Indonesia, Mall Kelapa Gading, serta cabang lainnya. Cake es delima ini terbuar dari sponge cake yang adonannya dicampur dengan sirup kelapa, pewarna merah, dan susu kental manis. Pada setiap layernya diberi jelly merah sehingga citarasa serta tampilannya mirip dengan es delima.

Dari kelima cake modern dengan citarasa tradisional di atas, mana yang membuat kamu penasaran ingin mencicipnya? (jow)

Apa Komentarmu
Loading...