Baru Pertama Kali Kerja? Perhatikan 5 Tips Ini Baik-baik agar Sukses Berkarir

Ilustrasi sukses
Ilustrasi sukses (Pixabay)

Baru merasakan yang namanya bekerja mungkin merupakan hal yang canggung bagi JB’ers. Nanti kalau ngomong ke bos harus bagaimana, kalau kenalan ke teman baru bagaimana. Terus kalau mengerjakan tugas sebaiknya seperti apa, dan lain sebagainya. Pastinya kamu ingin melakukan sesuatu agar direspek bos dan rekan kerja. Nah, supaya kamu nggak kebingungan dan bisa menjadi karyawan idaman dan kerja sebaik mungkin, coba ikuti tips-tips berikut ini:

1. Jangan telat datang

Ilustrasi telat
Ilustrasi telat (Pixabay)

Kamu mungkin merasa kesal jika kamu janjian dengan teman kamu, tapi teman kamu itu datangnya telat. Begitu juga dengan masuk dan rapat di kantor, tentunya orang lain akan merasakan hal yang sama jika kamu datang telat. Jika tak ingin merasa kesal, janganlah membuat orang lain kesal.

2. Jangan Banyak bicara saat meeting

Meeting Flickr
Meeting (Flickr)

Tak ada orang yang senang dengan orang yang banyak bicara. Mirip seperti poin pertama, kamu harus belajar untuk menahan diri kamu agar tak banyak bicara selama meeting, apalagi pembicaraannya tak penting dan tak ada hubungannya dengan pekerjaan kantor.

3. Jangan melakukan hal lain selama meeting

Smartphone
Smartphone (Pixabay)

Selain bisa mengurangi produktivitas sebanyak 40%, melakukan hal lain selama meeting, apalagi hal yang tak penting seperti mengecek email dari smartphone kamu, bisa membuat kamu kehilangan rasa hormat dari teman dan atasan kamu. Jangan juga ngobrol di rekan sebelah. Ibaratnya jangan membuat forum di dalam forum.

4. Jaga Sikap yang Baik

Ilustrasi sikap baik
Ilustrasi sikap baik (Pxhere)

Di kantor juga kamu mesti jaga attitude atau sikap kamu. Berteriak-teriak di kantor ke rekan kerja karena bercanda bisa membuat orang lain jadi ga respek ke kamu. Kamu harus bisa menahan emosi kamu, dan kemudian berbicara baik-baik beberapa saat kemudian.

5. Jangan melewati deadline

Deadline
Deadline (Pixabay)

Hal ini bisa berpengaruh buruk pada diri kamu sendiri, apalagi jika kamu diandalkan oleh teman-temanmu. Selain kehilangan kepercayaan, kamu mungkin bisa kehilangan pekerjaan kamu.

Itulah 5 tips buat JBers yang baru bekerja untuk bisa direspek oleh teman dan atasan kamu. Semoga bermanfaat. (rei)


Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.