Don't be Captious

5 Orang Indonesia Penyandang Difabel dengan Prestasi Mendunia, Inspiratif dan Bikin Salut

Penyandang difabel (Fotor)

Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Belum tentu manusia yang terlahir normal dengan seluruh tubuhnya lengkap tanpa cacar, lebih baik dibandingkan dengan penyandang difabel. Buktinya, 5 orang penyandang difabel ini mampu mendapatkan prestasi mendunia, yang belum tentu bisa didapatkan oleh orang normal. Siapa saja mereka? Berikut adalah 5 penyandang difabel asal Indonesia dengan prestasi mendunia yang inspiratif.

1. Ade Irawan

Ade Irawan (YouTube)

Selain Joey Alexander, Indonesia memiliki pianis berbakat lainnya dengan skill yang tak kalah keren. Dia adalah Ade Irawan. Ade Irawan sendiri adalah penyandang tunanetra. Mulai bermain piano sejak berumur 3 tahun, tak heran jika Ade mampu mendunia berkat bakatnya itu. Sejak tahun 2004, Ade sudah rutin manggung Jazz Links Jam Session di Chicago Cultural Center, Amerika Serikat. Pada tahun 2006 hingga 2007, Ade juga manggung di berbagai festival jazz bergengsi di sana, seperti Chicago Jazz Festival atau Chicago Winter Jazz Festival. Ade juga berkesempatan bermain musik bersama musisi dunia seperti Peter Saxe, Coco Elysess Hevia, dan musisi hebat lainnya.

2. Arif Setyo Budi

Arif Setyo Budi (Radarmalang)

Arif adalah pria asal Malang yang sangat menyukai aktivitas breakdance, dan dia pun memutuskan untuk menjadi B-Boy, atau orang yang aktif dalam kegiatan breakdance. Sayangnya, pada tahun 2007, dia mengalami kecelakaan, dan harus kehilangan salah satu kakinya, yaitu kaki kanannya. Meski demikian, Arif tak patah semangat. Dia tetap melanjutkan breakdancenya meski hanya memiliki satu kaki. Berbagai prestasi pun disabet oleh Arif, seperti juara 2 LA Break 2011, atau juara 1 LA Break 2012 se-Jawa Timur. Lebih hebat lagi, dia pun didaulat oleh Dubes Amerika untuk Indonesia dalam Workshop Dance Kontemporer yang diadakan oleh Dance Ability, lembaga seni tari kontemporer Amerika pada tahun 2013 lalu.

3. Eman Sulaeman

Eman Sulaeman (Goodnewsfromindonesia)

Kaki merupakan anggota tubuh terpenting dalam olahraga, apalagi dalam olaharga futsal. Namun Eman berhasil membuktikan bahwa meskipun dirinya hanya bermain dengan satu kaki, dia tetap bisa membawa timnya untuk menang. Bahkan, tim Eman berhasil memenangkan kompetisi futsal Homeless Worlds Cup di Glasgow, Skotlandia. Tak heran jika Eman dianggap sebagai salah satu kiper difabel terbaik di kancah internasional asal Indonesia.

4. Stephanie Handojo

Stephanie Handojo (Twitter)

Stephanie adalah seorang penyandang tunagrahita, namun dia telah membuat harum nama Indonesia di kancah internasional. Stephanie berhasil meraih medali emas cabang renang pada ajang Special Olympics World Summer Games di Yunani pada tahun 2011 lalu. Hebatnya, Stephaniejuga menjadi orang pertama yang berhasil mendapatkan medali emas dalam ajang tersebut. Setelah itu, Stephanie juga dipercaya untuk membawa obor pada ajang Olimpiade 2012 di London, Inggris. Sungguh suatu hal yang membanggakan.

5. Rafi Ridwan

Rafi Ridwan (Goodnewsfromindonesia)

Rafi Ridwan adalah desainer cilik berbakat namun memiliki kekurangan. Ya, dia adalah penyandang tunarungu. Meski demikian, prestasinya tak bisa dianggap remeh. Mengawali karier sebagai desainer pada usia 9 tahun, dia pun berhasil unjuk gigi dalam ajang Jakarta Fashion Week. Dari situ, kepiawaian Rafi terdengar hingga luar negeri. Seorang model papan atas Amerika Serikat, Tyra Banks, lalu tertarik untuk memperagakan baju desain Rafi. Tyra secara langsung datang ke Indonesia untuk bisa menjalani sesi pemotretan dengan menggunakan baju desain Rafi. Selain itu, Tyra juga menggunakan baju buatan Rafi dalam ajang America’s Next Top Model. Lebih hebat lagi, Rafi pernah mendapat kehormatan untuk merancang baju untuk Michelle Obama, istri dari Barack Obama.

Keren-keren kan prestasi dari mereka? JB’ers juga jangan mau kalah dari mereka, dan harus berprestasi ke tingkat dunia. Semangat! (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...