Don't be Captious

Menelusuri Pohon Trinil Raksasa di Lamongan yang Menyerupai Pohon Ajaib Harry Potter

Rumah Pohon Lestari (@octaviani_ikke_ningtyas)

Bagi penyuka kisah serial Harry Potter, tentunya kamu tahu dengan pohon dedalu perkasa yang merupakan pohon raksasa di hutan terlarang. Dalam cerita Harry Potter, pohon ini memiliki bentuk yang sangat besar dengan akar-akar yang meliuk dan bisa bergerak. Pohon yang berada dalam kisah fantasi Harry Potter tersebut sekarang bisa kamu jumpai di Lamongan, Jawa Timur. Seolah muncul dari dunia khayalan, pohon yang mirip dedalu perkasa ini mampu membuat orang yang melihatnya terpesona dan takjub akan keunikannya.

Pohon Trinil di Lamongan (thewisata.com)

Pohon dedalu perkasa atau yang lebih dikenal dengan nama pohon trinil raksasa ini merupakan pohon yang terbilang cukup unik dan tidak lazim karena bentuknya yang tidak seperti pohon kebanyakan. Biasanya sebuah pohon memiliki akar yang berada di bawah tanah, sedangkan pohon trinil raksasa ini memiliki akar yang justru meliuk ke bagian atas pohon alias tidak berada di dalam tanah. Akar-akar yang berukuran cukup besar dan kokoh ini saling melilit secara alami sehingga menghasilkan karya seni yang dibentuk oleh alam karena bentuk unik pohon trinil bukan dibentuk secara sengaja oleh tangan manusia.

Pohon Trinil Raksasa (@wiwid.diwiw)

Ada lima titik akar utama pohon trinil yang saling terkait satu sama lain seperti jaring yang menjalar dan menganyam ke berbagai arah di sekitarnya, termasuk pada pohon-pohon mahoni di dekatnya. Berhubung akar-akar yang meliuk ini sangat kokoh dan terbilang elastis, maka tak heran jika ada yang berfoto dengan menggelantung di atas pohon tapi tidak pernah terjatuh. Meski demikian, kamu jangan melakukan hal-hal yang tidak baik di sini seperti memanjat pohon dan merusaknya ya JB’ers!

Pohon Harry Potter di Lamongan (inovasidesa.or.id)

Sebenarnya pohon trinil yang ada di sini tak hanya satu jumlahnya, tapi ada beberapa. Namun ada satu pohon trinil paling besar yang konon menurut penduduk setempat usianya sudah mencapai sekitar 25 tahun. Meski memiliki bentuk yang unik, tapi pohon ini tidak pernah dikaitkan dengan unsur magis atau mistis. Pohon ini oleh masyarakat setempat justru sering dijadikan sebagai tempat untuk mengikat ternak sapi atau kambing karena di sekitarnya ditumbuhi banyak rumput-rumput liar.

Pohon Trinil Raksasa (lifestyle.liputan6.com)

Lalu bagaimana ceritanya pohon trinil bisa hits dan menjadi tempat wisata? Awalnya pohon trinil ini ditemukan oleh warga setempat bernama Ali Rahman yang berusia 19 tahun. Waktu itu dia sedang melintas di tempat tersebut saat sedang mencari lokasi outbound dan perkemahan. Berhubung bentuknya yang unik dan menarik, maka ia pun mengabadikannya lewat foto selfie dan mengunggahnya di media sosial. Postingan Ali tersebut ternyata menjadi viral karena banyak orang yang merasa kalau pohon tersebut mirip dengan pohon raksasa yang ada di cerita Harry Potter. Alhasil, orang-orang yang penasaran pun bertanya di mana lokasi pohon unik tersebut dan mendatanginya langsung.

Pohon Trinil di Lamongan (@ananghunaifi)

Semenjak menjadi viral, wisata pohon trinil raksasa ini bisa mendatangkan pengunjung sekitar 500-1000 orang pada hari biasa, sedangkan pada akhir pekan jumlah pengunjungnya bisa mencapai dua kali lipat. Kebayang khan ramainya seperti apa JB’ers. Jadi jika kamu ingin datang ke sini, sebaiknya kamu menghindari hari libur dan tanggal merah agar bisa puas dan leluasa berfoto sepuasnya di sini. Lokasi pohon trinil ini masuk ke dalam wilayah Perhutani Lembor yang ada di Dusun Wide Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan.

Buat JB’ers yang ingin datang ke sini, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 5.000 saja untuk biaya parkir, sementara untuk tiket masuknya gratis. Tunggu apalagi, yuk langsung berlibur ke sini! (jow)

Apa Komentarmu
Loading...