Don't be Captious

Bukan Gugusan Pulau, Ini Gugusan Batu di Sulsel yang Jadi Keajaiban Nusantara

Batu Siping di Sulsel (@adhzants19)

Belakangan ini, berbagai macam tempat wisata yang unik selalu menjadi incaran masyarakat Indonesia, baik itu wisata kampung, hutan, bukit kapur, pulau, tebing, hingga wisata batu yang tidak pernah terpikirkan oleh kamu sebelumnya. Jika Lombok punya gugusan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya, Jeneponto punya gugusan batu yang terlihat sangat unik sehingga menjadi salah satu potensi tempat wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan. Pastinya kamu masih merasa asing mendengar nama Jeneponto yang terdengar seperti nama daerah yang ada di negara asing.

Batu Siping Jeneponte (@rijal_157)

Jeneponto merupakan daerah yang terletak di Sulawesi Selatan. Daerah yang memiliki luas sekitar 750 km persegi ini terkenal akan julukan sebagai kota kuda karena masyarakat setempat sangat gemar menyantap daging kuda, baik itu pada saat perayaan pesta pernikahan, syukuran, atau hari-hari besar dan keagamaan lainnya. Daging kuda selalu lebih populer dibandingkan dengan daging sapi atau jenis daging lainnya. Tapi yang kali ini menjadi sorotan wisatawan bukanlah kuliner yang terbuat daging kuda, melainkan sebuah tempat wisata yang bernama Batu Siping Jeneponte.

Batu Siping Jeneponte (@rinanurhalim)

Batu Siping Jeneponte merupakan hamparan bebatuan yang terbentuk secara alami karena abrasi air laut yang berada di sekelilingnya. Bebatuan yang ada di sini lambat laun terkikis selama bertahun-tahun dan membentuk lempengan-lempengan mirip yang mirip seperti bentuk pulau-pulau yang dilihat dari atas ketinggian. Wisata Batu Siping terlihat sangat eksotis, terutama jika kamu datang pada saat sunset atau sunrise karena pemandangan yang disajikan benar-benar sanggup memukau mata. Tak heran jika Batu Siping banyak disinggahi oleh para fotografer yang suka mengabadikan momen eksotis dari bebatuan yang menyatu dengan pemandangan alam.

Batu Siping Pondok Batu (@mauizatul_hasanah25)

Nama Batu Siping sebenarnya diambil dari bahasa Makassar yang artinya adalah jalan sempit karena di sekeliling lokasi ini terdapat goa-goa kecil yang konon katanya dijadikan sebagai tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan semasa perang melawan kolonial Belanda. Untuk dapat menikmati wisata ini, kamu tidak dipungut sepeser pun biaya, tapi kamu harus membayar biaya parkir kendaraan kurang lebih Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Batu Siping di Sulsel (@blacktoner_5150)

Batu Siping Jeneponte berlokasi hanya sekitar 10 km dari pemukiman Desa Garasikan, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponte, Sulawei Selatan. Untuk mencapai daerah ini, kamu membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 jam dari kota Makassar dengan menggunakan kendaraan. Nah, JB’ers harus berbangga hati karena wisata alam di Indonesia memiliki pemandangan yang tiada tandingannya sehingga kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. (jow)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...