Pesona Destinasi Telaga Sarangan, Sejuk dan Menenangkan

Foto: IG @farikhatunnisaaa

Berbicara destinasi wisata memang tidak ada habis dan batasnya karena bisa menjadi tempat untuk menenangkan pikiran. Salah satunya adalah wisata Telaga Sarangan yang terletak di Magetan, Jawa Timur.

Telaga Sarangan adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 mdpl dan kedalamannya mencapai 28 meter serta luas sekitar 20 hektare. Suhu udaranya juga sangat menyejukkan tubuh karena berada di angka 15 sampai 20 derajat celcius.

Wisata ini juga disebut dengan Telaga Pasir yang dibalut pesona alam dan kebiruan air cukup menawan dan memanjakan mata.

Telaga Sarangan Magetan menjadi salah satu destinasi wisata sangat populer bagi masyarakat, terutama di sekitar perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Nah, bagi kamu yang ingin berlibur di akhir pekan bersama keluarga atau orang tersayang, cocok nih untuk pergi ke Telaga Sarangan. Sebab, pemandangan khas pegunungan akan memanjakan mata.

Jika kamu tertarik untuk mengunjunginya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini, ya!

Lokasi Telaga Sarangan

Telaga Sarangan terletak di kawasan lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Wisata ini mempunyai jarak kurang lebih 16 km dari pusat kota Magetan, sehingga tidak cukup jauh untuk mengunjunginya.

Namun, jika kamu berangkat dari Tawangmangu, lokasi  menuju Telaga Sarangan tidak jauh karena hanya berjarak 5 km saja. 

Tawangmangu sendiri merupakan salah satu daerah di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Itulah sebabnya, kenapa kamu setelah dari Tawangmangu harus lanjut ke Telaga Sarangan untuk menikmati sejuknya pemandangan pegunungan dan memanjakan mata dengan air yang berwarna kebiruan.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan 

Sama halnya seperti destinasi wisata lainnya, Telaga Sarangan juga mengharuskan pengunjung untuk membayar tiket masuk. Hal ini akan digunakan petugas untuk merawat lokasi supaya tetap aman dan nyaman dikunjungi.

Harga tiket masuk Telaga Sarangan sendiri dibagi menjadi beberapa kategori. Berikut rincian yang perlu kamu ketahui sebelum pergi berlibur ke telaga ini:

  • Tiket masuk anak-anak: Rp 10.000 per pengunjung
  • Tiket masuk dewasa: Rp 20.000 per pengunjung
  • Tiket masuk motor: Rp 2.500 per unit kendaraan
  • Tiket masuk mobil: Rp 5.000 per unit kendaraan
  • Tiket masuk bus: Rp 10.000 per unit kendaraan
  • Parkir mobil: Rp 5.000 per unit kendaraan
  • Parkir motor: Rp 2.000 per unit kendaraan
  • Parkir bus: Rp 10.000 per unit kendaraan

Kemudian, untuk jam operasionalnya dimulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Biasanya, para pengunjung mulai memadati sekitar pukul 09.00 hingga sore hari.

Jika kamu ingin mendapatkan momen terbaik, maka datanglah sore menjelang malam hari. Sebab, pada waktu ini kamu berkesempatan untuk mendapatkan sunset yang sangat indah, sehingga semakin memanjakan mata.

Aktivitas Seru di Telaga Sarangan

Menjadi destinasi yang populer, tentu kamu tidak boleh melewatkan aktivitas seru di Telaga Sarangan. Sebab, melakukan beberapa aktivitas di sini, dijamin akan menaikkan mood dan membuat kamu lebih bahagia.

Lalu, apa saja aktivitas seru yang bisa dilakukan di Telaga Sarangan? Berikut rekomendasinya untuk kamu:

1. Berkeliling menggunakan speedboat

Apakah kamu termasuk pribadi yang suka dengan adrenalin? Jika iya, maka berkeliling danau menggunakan speedboat bisa menjadi daya tarik karena dijamin bisa memacu adrenalin.

Dengan berkeliling, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan udara sejuk di lokasi. Namun, jantung kamu juga akan dibuat berdegup kencang karena laju speedboat biasanya cukup kencang.

Untuk bisa mencoba adrenalin ini, kamu harus membayar Rp 60.000 selama satu kali putaran. Sementara itu, untuk mengelilingi 3 kali putaran harus membayar Rp 150.000. Biasanya, satu speedboat bisa diisi oleh 3 – 3 penumpang.

2. Berkuda

Selain mencoba adrenalin, kamu juga bisa menikmati Telaga Sarangan Tawangmangu sambil berkuda. Cukup dengan membayar Rp 50.000 bisa berkeliling lokasi selama satu putaran dan menikmati keindahan alamnya.

Kamu tidak perlu takut dan khawatir karena akan ada penjaga yang sudah berpengalaman untuk menemani keliling telaga.

3. Bersantai di atas perahu

Aktivitas seru lainnya, kamu bisa bersantai di atas perahu dayung yang tersedia. Apalagi, bentuk perahu dayung atau kayuh ini berbentuk angsa yang bisa di gowes sendiri.

Jadi, kamu bisa menggowes perahu untuk bergerak maju menikmati telaga atau mungkin hanya bersantai saja bersama pasangan di atas perahu tersebut. Tentu, tidak boleh dilupakan adalah mengabadikan momen bersama.

4. Berkuliner

Datang ke Telaga Sarangan Magetan, tidak boleh melewatkan kuliner khasnya. Apalagi, kamu sudah berkeliling untuk menikmati wisata, saatnya memanjakan lidah dengan berbagai makanan khas Magetan, Jawa Timur.

Terdapat beberapa rekomendasi makanan yang wajib kamu coba jika berlibur ke sini. Makanan yang wajib kamu coba di Telaga Sarangan adalah:

  • Nasi grombyang: nasi putih dengan sayur labu siam, tahu, tempe, dan ada kuah santan.
  • Sate kelinci: sate yang terbuat dari daging kelinci dan dilumuri bumbu kacang di atasnya
  • Brem: makanan khas Magetan yang terbuat dari beras ketan dan difermentasikan serta dicampur dengan gula merah

BACA JUGA: Berkunjung ke Tempat Wisata Sungai Maron Pacitan, Amazonnya Jawa Timur

Fasilitas Telaga Sarangan

Sebagai tempat wisata yang sangat populer dan banyak pengunjung, tentunya sudah tersedia berbagai fasilitas. Fasilitas ini pun akan menunjang pengunjung untuk menikmati liburan dengan nyaman dan aman.

Dengan demikian, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi perihal fasilitasnya. Sebab, fasilitas Telaga Sarangan sudah sangat lengkap.

Mulai dari tempat parkir yang luas, toilet, mushola, warung makan, hingga penginapan juga sudah tersedia di sekitar lokasi. Tentu, kamu bisa menginap di hotel Telaga Sarangan untuk menikmati suasana sejuk dan pemandangan indah selama beberapa hari.

Rute Menuju Telaga Sarangan

Jika kamu masih bingung untuk datang ke destinasi wisata ini, tidak perlu khawatir karena ada beberapa rute menuju Telaga Sarangan.

1. Rute Magetan

Jarak pusat Kota Magetan dengan wisata ini berkisar 16 km, sehingga tidak perlu jauh. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa mobil atau bus. Biasanya, hanya memerlukan waktu sekitar 30 an menit untuk sampai ke lokasi.

2. Rute Madiun

Kamu juga bisa memilih rute ke Telaga Sarangan dari Madiun yang jaraknya lebih jauh dari pusat Kota Magetan. Waktu tempuh dari rute ini kurang lebih 1,5 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, jaraknya dari Madiun ke telaga sekitar 44 km.

Mitos Telaga Sarangan

Bagi masyarakat sekitar, tentu sudah tidak asing dengan mitos Telaga Sarangan. Konon katanya, jika ada pasangan kekasih yang datang ke Telaga Sarangan, hubungannya akan kandas atau putus.

Bahkan, juru kunci di sekitar lokasi juga mengatakan terdapat kekuatan gaib, seperti kutukan akan menimpa pasangan kekasih yang datang.

Kendati demikian, mitos Telaga Sarangan ini belum terbukti sepenuhnya. Sebab, masih banyak pula pasangan kekasih yang datang ke sini tetap langgeng dan bisa sampai jenjang pernikahan.

Asal-usul Telaga Sarangan

Selain kitos di atas, ada juga legenda asal-usul Telaga Sarangan yang beredar di tengah masyarakat sekitar.

Sejarah Telaga Sarangan ini berasal dari kisah sepasang suami istri yang bernama Kyai dan Nyai Pasir. Hal inilah kenapa Telaga Sarangan juga biasa disebut dengan Telaga Pasir.

Sepasang suami istri tersebut dulunya adalah manusia yang melanggar aturan. Hal ini dikarenakan mereka makan telur yang ada di ladangnya dan berubah menjadi naga raksasa.

Menjadi naga raksasa, membuat Kyai dan Nyai Pasir ingin berbuat jahat dan menenggelamkan Gunung lawu. Akhirnya, mereka membuat cekungan yang sekarang ini dikenal sebagai Telaga Sarangan.

Akan tetapi, niat jahat tersebut berhasil digagalkan oleh putranya, yakni Joko Lelung. Sejak saat itulah, Kyai dan Nyai Pasir berubah menjadi makhluk tak kasat mata dan menjadi penunggu Telaga Sarangan.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai Telaga Sarangan yang perlu kamu ketahui. Destinasi wisata ini sangat cocok kamu kunjungi di akhir pekan bersama keluarga untuk bersantai dan menikmati indahnya pemandangan Gunung Lawu.

BACA JUGA: The Lawu Park Tawangmangu, Destinasi Wisata Ramah Anak

Udara nan sejuk dan menenangkan, membuat Telaga Sarangan menjadi tempat wisata pilihan utama masyarakat sekitar.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya? Tentu, segera agendakan akhir pekan untuk berlibur bersama keluarga di sini, ya!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi destinasi wisata di Indonesia, silakan kunjungi website kami di sini, ya!

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer