Don't be Captious

spot_img

Berkunjung ke Tempat Wisata Sungai Maron Pacitan, Amazonnya Jawa Timur

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Sebagai masyarakat Indonesia, terutama Jawa Timur tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Sungai Maron. Sungai yang mempunyai pesona alam sangat indah dengan dikelilingi oleh pepohonan hijau. 

Sungai Maron merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pacitan yang dikenal sebagai Sungai Amazonnya Jawa Timur. Perlu diketahui, jika Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di dunia yang terletak di Benua Amerika dengan keindahan alam luar biasa.

Tentu, Anda sebagai wisatawan akan merasa penasaran seperti apa sebenarnya Sungai Maron Pacitan yang sampai dikenal dengan sebutan Sungai Amazon. Simak artikel di bawah ini terkait informasi lengkap Sungai Maron Pacitan, Jawa Timur.

Sekilas Tentang Sungai Maron

Pacitan memang terkenal dengan destinasi wisata yang mempunyai keindahan alam luar biasa. Salah satu wisata yang sangat terkenal dan viral di kalangan wisatawan adalah Sungai Maron. Sungai Maron menawarkan pemandangan yang sangat menawan karena ditumbuhi pepohonan hijau sepanjang lokasi sungai. Pohon tersebut menjulang tinggi di sebelah kanan dan kiri sungai, sehingga menambah kesan sejuk bagi wisatawan yang datang.

Apalagi, air sungai berwarna hijau kebiruan yang semakin membuat wisata ini terlihat menawan. Bahkan, wisatawan akan diajak untuk menyusuri sungai sepanjang 4,5 km dengan nuansa hutan yang cukup menantang. Alasannya, Sungai Maron membelah hutan tropis yang dipenuhi dengan pohon-pohon menjulang tinggi dan rindang.

Meski begitu, tidak bisa dibohongi bahwa wisata ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Hal ini tentu dikarenakan pesona alamnya sangat luar biasa indah. Selain pemandangannya, sungai ini juga bisa digunakan untuk hunting foto bersama orang tersayang.

Sungai Marong sudah dibuka sejak tahun 2012 dan mampu menarik perhatian wisatawan dari Indonesia maupun mancanegara.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati pesona alam di Sungai Maron, tentunya wisatawan wajib mengeluarkan biaya sebagai syarat tiket masuk. Meskipun begitu, tiket masuk di wisata ini masih tergolong sangat murah dengan pemandangan luar biasa indahnya.

  • Tiket masuk : Rp 5.000 / orang
  • Sewa perahu : Rp 100.000 / 4 orang
  • Sewa perahu : Rp 150.000 / 5 orang
  • Parkir : Rp 5.000 / unit mobil dan Rp 2.000 / unit motor

Jam Operasional

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Sungai Maron tentunya harus memperhatikan jam operasionalnya, ya. Di tempat ini, wisatanya dibuka setiap hari Senin – Minggu mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Dengan begitu, di luar jam operasional tersebut sudah tidak menerima wisatawan lagi, ya.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan jam buka mengenai wisata Sungai Maron ini agar Anda bersama rekan atau keluarga tetap bisa menikmati keindahan alamnya.

BACA JUGA: Indahnya Pacitan, Sekeping Surga di Pulau Jawa

Alamat Sungai Maron

Sungai Maron tepat terletak di  Maron, Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Jaraknya pun cukup jauh dari pusat kota Pacitan dengan jarak tempuh kurang lebih 40km. Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda perlu memakan waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Fasilitas yang Disediakan

Setiap destinasi wisata tentunya akan memberikan dan menawarkan fasilitas terbaik bagi para wisatawan agar tetap nyaman ketika berkunjung. Sungai Maron menyediakan beberapa fasilitas yang selalu membuat wisatawan nyaman dan terbantu.

Di sini, disediakan lahan parkir yang cukup luas bagi seluruh wisatawan yang berkunjung, sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat parkir. Jangan khawatir, karena tempat parkirnya sudah ada penjaganya dari pihak pengelola.

Kemudian, ada fasilitas paling utama bagi wisatawan yaitu toilet dan mushola. Oleh karena itu, wisatawan tetap bisa menunaikan ibadah sholat bagi umat muslim meskipun sedang berlibur. Selain itu, tentunya disediakan toilet  umum karena menjadi hal paling vital di tempat wisata.

Selanjutnya, ada juga pusat informasi bagi wisatawan yang belum mengetahui tentang rekreasi di Sungai Maron. Hal ini tentunya akan membantu setiap wisatawan yang datang ke sini. Kemudian, juga ada warung makan bagi Anda yang ingin menikmati makanan khas Jawa Timur, khususnya Pacitan.

Terakhir, ada perahu yang disertai dengan pelampung bagi wisatawan untuk menyusuri sungai sepanjang 4,5 km. 

Daya Tarik Sungai Maron

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik Indonesia, sungai ini mempunyai daya tarik tersendiri yang mampu memikat hati para wisatawan. Daya tarik ini akan membuat Anda kembali lagi ke sini karena memang sangat luar biasa.

Menyusuri Sungai Amazonnya Jawa Timur

Pertama, Anda bisa mencoba menyusuri sungai sepanjang 4,5 km menggunakan perahu yang telah disediakan. Waktu yang diperlukan yakni sekitar 45 menit dengan dipandu langsung oleh warga sekitar.

Ketika Anda datang ke sini, kurang seru jika tidak mencoba untuk menjelajahi Sungai Amazonnya Jawa Timur ini. Bagi wisatawan yang tertarik mencoba bisa langsung membayar sewa perahu dengan kapasitas maksimal 6 orang.

Dengan menyusuri sungai ini, Anda akan terpesona dengan keindahan alam sekitar sungai karena terdapat pepohonan hijau yang rindang semakin menambah rasa sejuk. Dilengkapi dengan air sungai berwarna hijau kebiruan semakin menambah kesan cantik dan eksotis.

BACA JUGA: Menikmati Suasana Pantai yang Eksotis di Watu Karung Pacitan, Cocok Buat Surfing

Bukit Karang

Sungai Maron juga mempunyai spot menarik yang bisa dikunjungi para wisatawan. Salah satunya adalah bukit karang yang bisa ditemui ketika menyusuri sungai. Anda bisa berfoto di dekat bukit karang ini karena pesonanya yang sangat menawan.

Bukit karang ini akan ditemukan ketika sudah mendekati ujung jalur sungai. Terdapat beberapa bukit karang yang menghiasi sekitar sungai ini. Ketika sudah sampai ke sini, artinya Anda sudah dekat dengan pantai.

Bahkan, ketika berada di tempat ini seolah-olah wisatawan mengunjungi tempat wisata Phuket di Thailand. Hal ini dikarenakan memang pesonanya luar biasa.

Berfoto di Spot Ayunan

Hal yang wajib dilakukan oleh wisatawan tentunya adalah dengan berfoto mengabadikan momen di sungai ini. Salah satu spot untuk foto yaitu berada di ayunan tepi sungai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola untuk berfoto.

Ayunan tepi sungai ini menjadi salah satu spot foto favorit bagi wisatawan. Berada di pohon besar yang menggantung di atas sungai semakin menambah kesan cantik dengan background sungai dan pepohonan hijau.

Memang selain di ayunan ini, wisatawan juga bisa mengunjungi spot foto lainnya yang instagramable. Ketika berkunjung ke sini, tidak elok rasanya jika tidak mengabadikan momen terbaik bersama keluarga maupun orang tersayang.

Berenang dan Memancing

Selanjutnya, Anda bisa mulai berenang maupun memancing di sungai ini. Tak perlu khawatir, meskipun terkenal dengan Sungai Amazon, namun tempat ini tidak ada satwa ganas yang bisa membahayakan.

Anda bisa memancing di sini karena terdapat banyak jenis ikan air tawar. Selain itu, bagi wisatawan yang suka berenang juga dipersilahkan asalkan tidak sampai jauh dari orang-orang. Apalagi, pihak pengelola sudah menyediakan pelampung bagi wisatawan yang ingin berenang agar tetap terjaga keselamatannya.

Air yang tenang di Sungai Maron ini, semakin membuat wisatawan ingin bermain air dan berenang. Bahkan, meskipun sedang bermain air tentunya tidak lupa untuk diabadikan momen nya.

Penutup

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba datang ke Sungai Maron Pacitan di akhir pekan nanti? Tentunya iya, bukan? Sungai yang mempunyai daya tarik luar biasa ini bisa menjadikan tempat relaksasi setelah padatnya pekerjaan di kantor. Oleh karena itu, Anda wajib datang ke Sungai Maron untuk menikmati keindahan dan pesona yang luar biasa.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan, Wajib Dikunjungi Akhir Pekan

Latest article