8 Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan, Wajib Dikunjungi Akhir Pekan

Masih seputar Provinsi Jawa Timur, kali ini pergi ke Kabupaten Pacitan. Kabupaten Pacitan merupakan salah salah satu daerah yang mempunyai wisata alam terbaik di Indonesia. Wisata yang cukup terkenal di daerah ini adalah Pantai Klayar dan Sungai Maron. 

Namun, ternyata wisata di Pacitan tidak hanya dua itu saja, melainkan banyak sekali dengan ciri khas masing-masing. Mulai dari wisata alam hingga buatannya sangat membuat wisatawan nyaman berlibur ke Pacitan.

Bahkan, Kabupaten Pacitan dikenal dengan kota 1001 Goa yang menandakan banyaknya tempat wisata terbaik dan luar biasa indah pemandangannya. Oleh karena itu, berikut ini akan dirangkum mengenai beberapa tempat wisata terbaik Pacitan yang wajib dikunjungi pada akhir pekan bersama keluarga, teman, sahabat, maupun pacar.

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar (Foto: vee.leey)

Pertama, ada Pantai Klayar yang menjadi salah satu tempat wisata terbaik bahkan terpopuler di Pacitan. Pantai ini dikenal oleh wisatawan karena seruling lautnya yang tidak akan pernah Anda temui di pantai lain.

Perlu diketahui bahwa seruing laut merupakan  batu karang yang mempunyai celah, sehingga ketika ada ombak besar akan terpancarkan air dari karang tersebut dan mampu menimbulkan suara hampir mirip dengan siulan.

Pantai Klayar bisa menjadi pilihan utama ketika berkunjung ke Pacitan, tetap ada yang kurang rasanya jika tidak berkunjung ke sini. Pemandangan alam di area pantai menambah kesan eksotis tersendiri bagi wisatawan. Bahhkan, ditambah dengan batu-batu karang di lokasi semakin membuat keindahannya terpancarkan setiap datang ke sini.

  • Alamat : Jl. Pantai Klayar, Sendang, Donorojo, Pacitan
  • Jam buka : 24 jam, Senin – Minggu
  • Tiket masuk : Rp 10.000 / orang
  • Parkir : Rp 2.000 / unit motor ; Rp 5.000 / unit mobil ; dan Rp 10.000 / unit bus

BACA JUGA: Batu Pocong di Goa Peden, Pacitan. Berani Datang?

2. Sungai Maron

Sungai Maron (Foto: rafirss)

Tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika datang ke Pacitan adalah Sungai Maron. Terkenal dengan sebutan Sungai Amazonnya Jawa Timur membuat tempat ini mempunyai daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Pemandangan sekeliling sungai yang ditumbuhi pepohonan hijau menjulang tinggi semakin menambah rasa sejuk bagi wisatawan. Sungai ini terbentang sepanjang 4,5 km dengan kedalaman hingga 20 meter.

Keunikan tempat ini, para wisatawan bisa mengelilingi sungai dengan menggunakan perahu yang telah disediakan. Tentunya juga dipandu oleh tour guide. Dijamin tidak akan kecewa jika Anda datang ke tempat ini ketika hari libur tiba.

  • Alamat : Desa Dersono, Pringkuku, Maron, Pacitan
  • Jam buka : 07.00 – 17.000 WIB
  • Tiket masuk : Rp 5.000 / orang
  • Sewa perahu : Rp 100.000 – Rp 150.000
  • Parkir : Rp 3.000 / unit motor dan Rp 5.000 / unit mobil

3. Goa Gong

Goa Gong (Foto: ikshrn)

Selanjutnya ada Goa Gong yang menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Pacitan. Tempat ini tidak hanya dikenal wisatawan dari Indonesia saja, melainkan juga dari mancanegara. Goa ini mempunyai kedalaman hingga 700 – 800 meter dengan total 7 ruangan besar di dalamnya.

Bahkan, Goa Gong ini dikatakan sebagai goa terindah di Asia Tenggara karena dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit yang luar biasa indah, serta terbentang sepanjang 256 meter. Stalaktit dan stalakmit di goa ini mempunyai mitos bisa menimbulkan suara yang mirip dengan gol saat dipukul.

Selain itu, tempat ini mempunyai keunikan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, yakni ruang kristal yang menampilkan pesona indah. 

  • Alamat : Desa Bomo, Kec. Punung, Pacitan
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 5.000 – Rp 20.000
  • Parkir : Rp 2.000 / unit motor dan Rp 5.000 / unit mobil

BACA JUGA: Indahnya Pacitan, Sekeping Surga di Pulau Jawa

4. Pantai Srau

Pantai Srau (Foto: indarwati22)

Tempat wisata berikutnya yaitu Pantai Srau yang mempunyai julukan sebagai pantai perawan. Pantai ini masih terbilang sepi dari para wisatawan yang datang, sehingga terdapat beberapa spot yang belum pernah dikunjungi.

Pantai Srau dikelilingi oleh perbukitan dan batu karang besar yang menambah daya tarik tersendiri karena semakin terlihat sangat eksotis. Wisatawan bisa menikmati sunset dan sunrise yang cantik di pantai ini.

Selain itu, di pantai ini juga bisa dijadikan untuk spot camping bersama teman maupun keluarga. Ditambah pasir putih yang masih bersih membuat pantai ini selalu asri dan terjaga kebersihannya

  • Alamat : Desa Candi, Kec. Pringkuku, Pacitan
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp 5.000 – Rp 10.000
  • Parkir : Rp 5.000 / unit motor dan Rp 10.000 / unit mobil

5. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan (Foto: dewi_sheenta)

Selain Goa Gong, Pacitan juga mempunyai goa yang sangat indah dengan nama Goa Tabuhan. Lokasinya pun tidak jauh dari tempat Goa Gong hanya sekitar 1 km saja sudah sampai di goa ini.

Goa ini mempunyai keunikan dari segi namanya, yakni Tabuhan berasal dari kata “tabuh’ yang mana tempat ini bisa menimbulkan bunyi sangat mirip dengan gamelan saat ditabuh atau dipukul.

Selain sebagai tempat wisata, goa ini juga digunakan untuk meditasi para warga maupun wisatawan yang dipercaya sebagai tempat petilasan Pangeran Diponegoro. Dengan berkunjung ke tempat ini, wisatawan akan merasakan nuansa spiritual yang masih sangat kental seperti zaman dahulu.

  • Alamat : Tabuan, Wareng, Punung, Pacitan
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 5.000 – Rp 10.000
  • Parkir : Rp 2.000 / unit motor dan Rp 5.000 / unit mobil

6. Pantai Soge

Pantai Soge (Foto: abdul_kholil99)

Selanjutnya, Anda bisa mendatangi Pantai Soge untuk berlibur di akhir pekan bersama teman atau keluarga. Pantai ini menawarkan panorama alam yang luar biasa ditambah suasana sekitar pantai yang masih asri dan alami.

Ditambah dengan air laut berwarna biru dan pasir berwarna putih kecoklatan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi, pemandangan di sepanjang perjalanan menuju pntai juga sangat luar biasa dengan dikelilingi oleh pohon kelapa.

Dengan keindahan alam Pantai Soge membuat para wisatawan bisa puas untuk mengabadikan momen berupa gambar maupun video. Tak dapat dipungkiri bahwa pantai ini membuktikan betapa indahnya wisata pantai di Indonesia.

  • Alamat : Desa Sidomulyo, Kec. Ngadirejo, Pacitan
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp 5.000 / orang
  • Parkir : Rp 2.000 / unit motor dan Rp 5.000 / unit mobil

7. Sungai Cokel

Sungai Cokel (Foto: haryhartanto)

Pacitan juga mempunyai tempat wisata sungai yang hampir mirip dengan Sungai Maron, yakni Sungai Cokel. Sungai ini menawarkan pemandangan sangat indah yang dikelilingi oleh ratusan pohon kelapa semakin menambah kesan eksotis di tempat ini.

Air sungai yang berwarna biru juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Alasannya tentu tampak sangat indah jika diabadikan melalui gambar maupun video. Para wisatawan bisa menikmati sungai ini dengan menyusuri menggunakan papan stand-up paddle board.

  • Alamat : Gumuharjo, Watukarang, Pringkuku, Pacitan
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp 5.000 / orang
  • Tiket susur sungai : Rp 20.000 / orang
  • Parkir : Rp 5.000 / unit motor dan Rp 10.000 / unit mobil

8. Grojogan Dhuwur

Grojogan Dhuwur (Foto: vacationpacitan)

Terakhir, ada Grojogan Dhuwur yang menjadi salah satu tempat wisata tersembunyi dengan suasana alam masih asri dan alami di Pacitan. Wisatawan yang datang ke tempat ini akan disuguhkan jernihnya air sungai berwarna hijau yang mengalir tenang. Kemudian, di salah satu sudut terdengar suara gemuruh air terjun yang mengalir di antara bebatuan.

Bahkan, tempat ini juga terdaat goa tersembunyi yang berada di balik air terjun. Selain itu, air terjun yang mengalir dari tiga sisi semakin menambah kesan seru ketika menikmati air di Grojogan Dhuwur. Ditambah pepohonan hijau nan rimbun semakin membuat suasana sejuk.

  • Alamat : Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 5.000

Penutup

Demikianlah mengenai tempat wisata terbaik di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang terkenal dengan 1001 Goa. Bagi Anda yang bingung mau kemana akhir pekan ini, sebaiknya coba salah satu wisata di atas untuk berlibur bersama keluarga. Tempat wisata di Pacitan dijamin tidak akan membuat Anda kecewa. Bagaimana, tertarik untuk datang ke Pacitan bukan?

BACA JUGA: Menikmati Suasana Pantai yang Eksotis di Watu Karung Pacitan, Cocok Buat Surfing

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Mastering Software Project Management: Navigating the Digital Frontier

Berkunjung ke Tempat Wisata Sungai Maron Pacitan, Amazonnya Jawa Timur