Don't be Captious

Nggak Cuma di Peru dan Tiongkok, Indonesia Juga Punya Gunung Warna Warni yang Eksotis di NTT

Kelebba Maja (Instagram)

Nggak hanya gunung warna-warni yang ada di Peru dan Tiongkok saja yang bisa disambangi, Indonesia juga punya gunung, atau dalam hal ini adalah versi mininya yaitu bukit, yang beraneka ragam dengan pemandangan cantik untuk dikunjungi. Tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT), ada bukit dan bebatuan yang memiliki warna-warni indah. Tempat itu adalah Kelebba Maja.

Kelebba Maka berlokasi di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, NTT. Tempat ini adalah area yang dipenuhi dengan tebing berbagai warna. Di sini, warna tebing merupakan gradasi dari warna merah, merah muda, hingga coklat. Apalagi saat terkena sinar matahari pagi atau sore.

Kelebba Maja (Sportourism)

Nama Kelebba Maja memang belum begitu menggema di luar NTT. Maklum saja, kawasan ini begitu jauh untuk dikunjungi dan aksesnya belum cukup bagus. Namun inilah yang membuatnya disebut sebagai surga tersembunyi.

Tebing-tebing bergradasi, pepohonan yang tumbuh tak merata di kawasan ini pun menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya keindahan warnanya, salah satu spot yang menarik dari tempat ini adalah adanya sebuah batu besar yang berada di ujung tebing dengan ujung lancip.

Kelebba Maja (Instagram)

Tempat ini masih dipercaya keramat oleh warga sekitar, karena setiap perayaan tertentu, Kelebba Maja masih sering dijadikan tempat upacara adat. Kelebba Maja terdiri dari tiga batu besar yang melambangkan bapak, ibu dan anak, yang ditengahnya terdapat batu yang dijadikan altar persembahan kurban bagi Dewa Maja. Lokasi itu dikelilingi batu granit yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Tempat itu juga dikeramatkan oleh warga setempat dan selalu dilakukan ritual berupa pemotongan hewan kurban yang akan dipersembahkan kepada Dewa Maja, sebagai persembahan akan keselamatan dan kesuburan. Karena itu, turis ataupun pengunjung yang ingin berkunjung, harus ditemani pemandu atau warga Sabu.

Kelebba Maja (Instagram)

Untuk dapat menikmati Kelebba Maja, kamu harus bersusah payah terlebih dahulu karena medan yang cukup sulit. Selain berada di bawah tebing, untuk melihat pemandangan ini juga perlu melewati semak tanaman berduri. Tapi semua itu terbayar begitu sampai di lokasi yang menakjubkan ini.

Apakah kamu tertarik juga untuk mengunjungi surga yang tersembunyi ini? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...