Ajaib, 5 Danau di Indonesia Ini Bisa Berubah Warna, Sudah Pernah ke Sini?

Danau yang ada di Indonesia nggak hanya sejuk dipandang, tapi banyak juga yang memiliki keunikan masing-masing. Yang ajaib, ada beberapa danau di Indonesia yang warnanya bisa berubah-ubah. Di mana saja danaunya?

1. Danau Kelimutu, Moni

Danau Kelimutu (Instagram)

Danau Kelimutu di Moni, Flores, dikenal memiliki tiga danau kawah dengan warna berbeda. Ajaibnya lagi, warna ketiga danau tersebut bisa berubah-ubah tanpa ada siapapun yang bisa memprediksi. Kadang biru, kadang merah, bisa juga hitam. Ketiga danau itu warnanya selalu berubah selama kurun 25 tahun terakhir. Menurut kepercayaan suku Lio, kawah Gunung Kelimutu merupakan tempat bersemayamnya arwah orang-orang yang sudah meninggal. Ketiga Danau Kelimutu pun memiliki nama yang berbeda sesuai dengan peruntukannya. Warna danau pun menjadi perlambang, arwah siapa saja yang tinggal dan bersemayam di sana.

2. Danau Telaga Warna, Wonosobo

Danau Telaga Warna (Instagram)

Disebutkan, kalau Danau Telaga Warna memiliki beberapa warna. Selain memiliki warna hijau lumut, warna di danau tersebut juga bisa berubah menjadi kuning hingga hijau toska. Kadang malah terlihat warna-warni seperti pelangi. Fenomena unik Danau Telaga Warna yang bisa berubah itu pun disebabkan oleh tingginya tingkat sulfur yang ada di dalam danau. Diketahui, kalau dataran tinggi Dieng sangat kaya akan gas alam. Warna air di danau yang sangat kaya akan sulfur kerapkali berubah ketika disinari sinar matahari.

3. Danau Linow, Tomohon

Danau Linow (Instagram)

Sebelumnya, Tomohon lebih dulu dikenal dengan Bukit Doa dan Pasar Tomohon yang dikenal ekstrem karena menjual berbagai jenis daging. Namun selain itu, juga ada Danau Linow yang bisa berubah warna. Area Danau Linow begitu luas, mencapai 35 hektar. Danau itu berbeda dengan kebanyakan karena mengandung belerang. Nah, belerang inilah yang membuat warna danau bisa berubah-ubah menjadi sekitar tiga warna berbeda, yaitu hijau, kuning dan coklat. Jika kamu berjalan ke tepian danau, bau belerang akan tercium. Kalau menyentuh airnya, suhunya cukup hangat. Kandungan belerang di danau nggak terlalu tinggi dan nggak berbahaya, rumput pun masih hidup di tepian danau.

4. Danau Linting, Deli Serdang

Danau Linting (Instagram)

Sama seperti Danau Kelimutu, Danau Linting juga memiliki warna air yang selalu berubah-ubah dan nggak bisa diprediksi. Misalnya terkadang air danau akan terlihat biru jernih, lalu lambat laun berubah menjadi biru pekat, lalu berubah lagi menjadi hijau. Masih belum jelas kenapa warna danau ini bisa berubah-ubah. Hal ini dikarenakan dalam dari danau yang masih belum diketahui, sehingga belum ada yang berani untuk melakukan penelitian.

5. Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Kawah Putih Ciwidey (Instagram)

Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca. Air di danau ini bisa berubah warna dari warna hijau apel, warna kebiru-biruan bila cuaca terang atau cerah terkena pantulan sinar matahari, coklat susu, hingga yang paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atasnya.

Dari kelima danau di atas, mana yang dekat dengan tempat tinggal kamu dan sering kamu datangi? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...