Don't be Captious

Menjauh dari Hiruk Pikuk Kota di Pulau Sugi Riau, Pulau Paling Tenang dan Damai Se-ASEAN

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Pulau Bali boleh saja mendapatkan gelar pulau terbaik dan juga terpopuler di Asia Tenggara. Namun jika ditanya mengenai pulau paling tenang dan damai di Asia Tenggara, apa jawabanmu? Ternyata, jawabannya adalah Pulau Sugi, tepatnya di Telunas Resort.

Pulau Sugi, atau Telunas Resort, terletak di Kepulauan Riau. Di sana berisi Pantai Telunas beserta Pulau Private Telunas kecil yang berada di atas perairan. Resort tersebut terletak di kawasan terpencil dari ramainya kota, dikelilingi oleh hijaunya hutan mangrove dan birunya laut. Sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan weekend getaway dari hiruk-pikuk kehidupan ibu kota.

Telunas Resort (Telunas Resort)

Nggak heran, suasana yang tenang dan damai di Telunas Resort ini membuatnya jadi pulau paling damai se-Asia Tenggara. Artikel tentang Telunas Resort ini juga ditulis dalam artikel di Seasia.co dengan judul “The Southeast Asian Most Relaxing Island”.

Telunas Resort (Telunas Resort)

Pantai Telunas mulai dibangun pada tahun 2004 dan dibuat menyerupai rumah tradisional terbuat dari kayu yang biasanya berada di bibir pantai yang digunakan oleh nelayan sekitar yang disebut dengan kelong. Hampir keseluruhan dari resort ini dibangun di atas air, setiap ruangan atau chalet dibangun terpisah dengan atap jerami seperti pondokan, dihubungkan dengan papan kayu yang berfungsi sebagai jalan dengan sebuah area makan bersama dan pelabuhan untuk jetty.

Telunas Resort (Telunas Resort)

Chalet yang ada di Pantai Telunas meskipun terlihat kecil dari luar namun dalamnya ternyata lebih luas karena dibangun untuk mampu mengakomodasi keluarga kecil atau kelompok-kelompok pertemanan, dengan sebuah kasur berukuran queen yang menghadap ke balkon dan sebuah sudut kecil dengan kasur bertingkat. Yang cukup mengejutkan adalah bagian kamar mandi yang cukup modern, berkeramik dan dilengkapi dengan air panas. Nggak hanya itu, sebagai pelengkap disediakan juga hammock, sangat cocok untuk menikmati suasana matahari terbenam.

Telunas Resort (Telunas Resort)

Ternyata, Telunas Resorts memainkan peran penting dalam usaha pemeliharaan lingkungan. Resorts ini nggak menggunakan AC di setiap kamarnya, melainkan menggunakan kipas angin serta peletakan ruangan yang berada di atas air sehingga meskipun berada di wilayah tropis yang cukup lembab tetapi tidak kepanasan. Fasilitas mandipun disimpan di sebuah wadah keramik yang dibuat oleh warga lokal serta air minum disimpan dalam gelas-gelas botol yang dapat digunakan kembali serta dispenser.

Telunas Resort (Telunas Resort)

Pantainya terletak tepat berdekatan dengan resort serta pusat rekreasi. Di pantai ini kamu dapat menyewa kayak, bermain voli pantai atau pingpong meja yang unik tanpa meja melainkan trampolin kecil sebagai pengganti meja. Bagi kamu yang hanya ingin bersantai, kamu dapat berayun di atas hammock yang ada di kamar, atau duduk-duduk kursi yang ada di balkon kamar, bahkan berenang santai atau mengapung di atas air jernih sepanjang garis pantai.

Jadi, jika kamu sedang jenuh dengan suasana perkotaan yang penuh polusi dan sesak, maka kamu bisa berkunjung ke Telunas Resort ini untuk menenangkan diri kamu. (tom)

Latest article