5 Surga Tersembunyi yang Cuma Ada di Indonesia, Wajib Didatangi Bagi Traveler!

Berlibur memang terkadang perlu untuk menyegarkan diri melepas penat dari segala aktivitas yang kamu tekuni sekarang. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi untuk refreshing. Namun, dari semua tempat wisata, ada beberapa yang bisa dibilang sebagai surga tersembunyi karena memang jarang diketahui oleh orang-orang. Berikut adalah 5 surga tersembunyi yang cuma ada di Indonesia.

1. Pulau Kenawa, Nusa Tenggara Barat

Pulau Kenawa (Instagram)

Pulau Kenawa tadinya adalah pulau nggak berpenghuni. Selain itu, pulau ini juga ditumbuhi oleh ilalang serta rumput-rumput yang hijau.Meski pulau ini terbilang kecil, namun keindahannya nggak ada duanya. Kamu bisa menikmati padang rumput hijau, pasir putih, dan beningnya air laut. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, misalnya memancing, berburu foto, trekking di bukit Kenawa, snorkling atau sekedar duduk-duduk di pendopo bersama keluarga.

2. Pulau Intata, Sulawesi Utara

Pulau Intata (Kompas)

Pulau Intata ini lokasinya berbatasan dengan Filipina. Menurut cerita setempat, pulau ini dulunya bagian dari Pulau Kakorotan. Namun karena terjadi bencana gempa yang disertai dengan tsunami. Akibatnya, Pulau Kakorotan terbelah dan terbentuklah Intata pada tahun 1600-an. Pulau ini memiliki air laut berwarna biru ke hijau tosca. Sayangnya, di Intata masih belum tersedia penginapan, sehingga jika kamu mau bermalam kamu harus menginap di Kakorotan.

3. Pulau Nusa Barong, Jember

Pulau Nusa Barong (Instagram)

Jika nggak mau keluar Pulau Jawa, maka kamu bisa ke Jember, tepatnya di Pulau Nusa Barong. Pulau ini berada di titik terluar pulau Indonesia yang dekat dengan Samudera Hindia. Pulau ini memiliki kekayaaan flora dan fauna. Ada tiga formasi hutan yakni hutan mangrove, hutan pantai dan hutan dataran rendah. Selain keberagaman flora, pulau ini juga punya keberagaman fauna diantaranya penyu, rusa, kera, lutung, ayam hutan dan masih banyak lagi.

4. Pulau Putri, Tapanuli Tengah

Pulau Putri (Instagram)

Pulau yang memiliki luas 2,5 hektar ini mempunyai keindahan pasir putih serta jernihnya air laut. Karena suasananya yang tenang dan tenteram, maka pulau ini cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan. Di sini, kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang dan snorkeling. Meski demikian, untuk bisa mencapai pulau ini membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Kamu pertama harus menyewa mobil dari Medan ke Sibolga dengan biaya Rp 1 jutaan. Setelah itu kamu juga masih harus menyewa speed boat dari Pantai Pandan dengan biaya Rp2-3 jutaan.

5.  Pulau Samber Gelap, Kalimantan Selatan

Pulau Samber Gelap (Instagram)

Pulau yang menjadi lokasi konservasi penyu ini bisa dibilang pulau nggak berpenghuni. Penyu hijau dan sisik datang secara periodik untuk bertelur di pulau ini. Pulau ini kaya akan biota laut, mulai dari hamparan coran dengan kedalaman rata-rata 60 cm ketika air surut hingga ikan-ikan yang cantik di bawah laut. Jika datang ke sini, maka kamu bisa melakukan aktivitas diving untuk menikmati kekayaan alam bawah lautnya.

Jadi, mana destinasi yang akan kamu tuju saat liburan nanti? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...