Don't be Captious

Mau Puasa Lancar? Makan 5 Menu Ini Saat Makan Sahur

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Biasanya, saat makan sahur, orang akan berpikir untuk makan lebih banyak agar lebih kuat saat puasa. Nyatanya, makan banyak bukanlah solusi untuk bisa kuat puasa selama seharian, karena nggak semua makanan bisa membuat kenyang bertahan lama. Beberapa makanan memang diketahui dapat membuat seseorang kenyang lebih cepat, namun mudah pula hilang, alhasil lapar datang lagi. Jika kamu mau lancar berpuasa, maka kamu harus memakan 5 menu ini saat sahur, seperti dikutip dari Detikcom, Kamis (17/5/2018).

1. Nasi merah

Nasi merah (Kompas)

Nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada bubur, mie instan, atau pasta. Memakan nasi ini saat sahut bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama hingga waktu berbuka puasa. Pasalnya, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan indeks glikemik yang rendah proses penyerapan zat gizi bisa terjadi secara perlahan sehingga rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Selain itu, disarankan juga untuk sahur mendekati dengan waktu imsak.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Kompas)

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, buncis dan kacang panjang merupakan menu yang tepat disantap saat sahur. Kacang kaya akan serat sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kamu juga akan kenyang lebih lama. Manfaat lainnya adalah kandungan protein dalam kacang polong berfungsi untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh.

3. Kurma

Kurma (Starberita)

Saat sahur, disarankan untuk mengkonsumsi dua sampai tiga butir kurma, karena dalam satu butir kurma mengandung tiga jenis zat gula, yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Tiga jenis zat gula ini berguna untuk menaikan kadar gula dan menjaganya agar tetap stabil.

4. Apel dan pir

Pir dan apel (Fairuzelsaid)

Buah seperti apel, pir dan semangka cocok dikonsumsi saat sahur karena memiliki kadar serat dan air yang cukup tinggi. Selain itu, buah seperti apel dan pir memiliki vitamin, kalsium dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks (Infiline)

Karbohidrat kompleks dapat dicerna tubuh lebih lama sehingga membantu perut tetap terasa kenyang selama berpuasa. Sumber karbohidrat yang tergolong kompleks antara lain oatmeal, gandum, beras merah, jagung, quinoa, ubi, kentang dan biji-bijian.

Selamat menjalankan ibadah puasa untuk JB-ers semua! (tom)

Latest article