Jangan Salah Beli! Kenali 5 Perbedaan antara Sepatu Lari dan Sepatu Jalan


Sepatu merupakan salah satu jenis alas kaki yang penting digunakan. Manfaat sepatu yang terlintas biasanya untuk mencegah kaki terluka serta membuat penampilan menjadi lebih elegan.

Ada banyak jenis sepatu yang dikenal saat ini, beberapa diantaranya seperti sepatu lari dan sepatu jalan. Sepatu lari adalah sepatu yang digunakan untuk kegiatan olahraga lari dan sepatu jalan digunakan untuk kegiatan aktivitas seperti jalan-jalan atau liburan.

Banyak orang yang ternyata bingung dalam membedakan mana sepatu lari dan sepatu jalan, karena kedua jenis sepatu ini dianggap mirip antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu perlu diperhatikan dengan bijak supaya dapat membedakan kedua jenis sepatu dengan mudah.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini akan membahas 5 perbedaan antara sepatu lari dengan sepatu jalan. Beberapa di antaranya adalah: 

1. Berat Pada Sepatu

Perbedaan yang paling mencolok antara sepatu lari dan sepatu jalan adalah terlihat pada berat yang ada pada sepatu. Biasanya sepatu lari memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan sepatu biasa.

Salah satu alasan mengapa sepatu lari lebih ringan adalah karena sepatu ini dirancang untuk memudahkan seseorang saat melakukan olahraga lari seperti maraton atau jogging. Dibutuhkan sepatu yang bisa membuat orang-orang dengan mudah mengayunkan kakinya ketika akan digunakan untuk berlari.

Sedangkan sepatu jalan biasanya lebih berat dibandingkan dengan sepatu lari. Hal ini dikarenakan sepatu jalan hanya lebih memprioritaskan kemudahan saat melangkah. Meskipun begitu, ada beberapa sepatu jalan yang ringan dimana salah satunya seperti sepatu sneakers.

2. Fleksibilitas sepatu

Sepatu lari dan sepatu jalan juga berbeda dalam hal fleksibilitas. Biasanya running shoes atau sepatu lari memiliki fleksibilitas yang berada pada lengkungan hingga pada bagian tengah sepatu. Dengan fleksibilitas tersebut, para pelari dapat mudah mengayunkan kakinya dengan jari kaki hingga menyangga kaki lain di langkah berikutnya.

Adapun sepatu jalan biasanya memiliki fleksibilitas yang berada di bagian depan. Fleksibilitas ini sangat membantu para pemakainya agar dapat melangkahkan kaki mereka dengan hanya menggunakan jari.

3. Tinggi dan Lebar Heel

Tinggi heel atau tumit juga menjadi salah satu perbedaan dari sepatu lari dan sepatu jalan. Sepatu lari memiliki tumit yang lebih tinggi dan melebar karena sepatu lari membutuhkan stabilitas yang ekstra saat kaki menyentuh tanah.

Di samping itu, stabilitas ini juga berperan penting karena proses berlari yang berlangsung secara terus menerus, yang membuat kaki harus tetap stabil saat bergerak ke langkah selanjutnya.

Sedangkan sepatu jalan adalah sepatu yang tidak memiliki bagian yang tinggi dan lebar pada bagian tumit. Hal ini dikarenakan tumit yang lebar di dalam sepatu dapat membuat kaki menjadi lebih berat saat diayunkan.

4. Bantalan

Bantalan sepatu lari dan sepatu jalan juga memiliki perbedaan. Biasanya sepatu lari memiliki bantalan yang banyak karena para pelari akan dihadapkan dengan berat badan tiga kali lebih besar saat berlari. Bantalan pada sepatu lari lebih banyak pada bagian tumit dan kaki depan supaya kaki lebih kuat saat berlari.

Sedangkan sepatu jalan memiliki bantalan yang tidak terlalu banyak, karena mereka hanya menopang berat badan 1½ kali lebih besar saat mereka menginjakkan kaki. 

5. Teknologi

Perbedaan terakhir antara sepatu lari dan sepatu jalan terlihat dari teknologi. Sepatu lari pada umumnya memiliki teknologi terkini supaya membuat orang-orang berlari lebih baik dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Adapun sepatu jalan biasanya berfokus pada mode dan hanya memperhatikan faktor kenyamanan saat berjalan.

Penutup

Membedakan antara mana sepatu lari dan mana sepatu jalan adalah hal yang wajib dilakukan. Bila Anda tidak bisa membedakannya, maka sepatu yang Anda gunakan dapat membuat Anda cedera dan bisa-bisa mengganggu aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Di samping itu ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum Anda memilih sepatu, beberapa di antaranya dengan pilih sepatu dengan nomor kaki yang pas, cari sol sepatu yang lentur, dan usahakan bantalan sepatu empuk saat digunakan.

Itulah perbedaan yang harus diperhatikan antara sepatu lari dan sepatu jalan, semoga Anda dapat membedakan kedua jenis sepatu serta dapat mencari sepatu jalan atau sepatu lari terbaik untuk Anda gunakan sesuai aktivitas yang dilakukan.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak