6 Tips Berwisata Murah di Jakarta Budget Rp 40 ribu

6 Tips Berwisata Murah di Jakarta Nggak Lebih dari Rp 40 ribu 1

6 Tips berwisata murah di Jakarta cukup dengan Rp 40 ribu emang bisa?, yup bisa banget. Bagaimana tipsnya? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Meskipun demikian, kamu pasti berpikir mengenai budget yang dibutuhkan. Umumnya, budget yang dibutuhkan berkisar Rp 100 ribu atau lebih yang digunakan untuk membeli tiket tempat wisata, jajan anak-anak, membeli makanan dan minuman, serta ongkos kendaraan.

Tentu biaya untuk berwisata menjadi beban apabila kamu tidak uang banyak, apalagi ketika tanggal tua. Pasalnya, kamu harus berhemat supaya kebutuhan lainnya tercukupi.

Walaupun demikian, berwisata tetap bisa kamu lakukan dengan budget sehemat mungkin, bahkan dengan uang Rp 40 ribu. Berikut adalah tips berwisata murah di Jakarta dengan uang Rp 40 ribu.

6 Tips Berwisata Murah di Jakarta Nggak Lebih dari Rp 40 ribu
Illustrasi Wisata Kota Tua & Monumen Nasional (Foto: Instagram @magnificentjakarta & @monumen.nasional)

1. Pastikan saldo kartu non tunai mencukupi untuk pulang-pergi

Ketika kamu dan keluarga menggunakan KRL, MRT, LRT, atau bus Transjakarta, kartu non tunai pasti dibutuhkan. Oleh karena itu, pastikan saldo dalam kartu non tunai cukup untuk perjalanan pulang-pergi. 

Jika tidak cukup, usahakan isi saldo paling lambat sehari sebelum berangkat. kamu bisa mengisinya dengan jumlah berapapun asal tidak kurang dari jumlah minimalnya. Jadi, ketika berangkat, kamu tidak perlu menyiapkan uang tunai untuk mengisi saldo.

2. Cari tempat wisata yang dekat dengan stasiun atau halte bus

Tips tips berwisata murah di Jakarta berikutnya adalah cari tempat wisata yang dekat dengan fasilitas transportasi publik. Apabila kamu hendak menggunakan KRL, MRT, atau LRT, usahakan cari tempat wisata yang lokasinya dekat dengan stasiun. Ada beberapa tempat yang kami rekomendasikan, seperti Kawasan Kota Tua, Monas, Hutan Kota GBK, serta Planetarium.

Apabila kamu hendak menggunakan bus Transjakarta, usahakan cari pula tempat wisata yang dekat dengan halte bus, seperti Galeri Nasional, Perpustakaan Nasional, Lapangan Banteng, Pantai PIK 2, serta Kebun Binatang Ragunan.

BACA JUGA: Daftar Rute Bus Gratis Keliling Jakarta Untuk Wisata

3. Usahakan cari tempat wisata yang lebih dekat dari rumah

Selain mesti dekat dengan halte bus atau stasiun, kamu juga mesti cari tempat wisata yang lebih dekat jaraknya dari rumah. Hal itu dilakukan supaya biaya perjalanan bisa dikurangi. Meski menggunakan kartu non tunai, kamu tetap perlu menerapkan tips ini supaya saldo tidak berkurang drastis.

4. Bila perlu, tempat wisata itu gratis

Bila kamu ingin berhemat, usahakan cari tempat wisata yang tidak ada harga tiket. Dengan begitu, jumlah uangakan tetap aman bahkan hingga pulang. 

Tempat wisata gratis pun tidak selamanya buruk. Kami merekomendasikan tempat-tempat seperti Hutan Kota GBK, Lapangan Banteng, Kawasan Kota Tua, Pantai PIK 2, Perpustakaan Nasional, serta Galeri Nasional untuk kamu kunjungi.

5. Sampai di tempat wisata, usahakan tidak “lapar mata”

“Lapar mata” yang dimaksud adalah membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Apabila kamu menemukan sesuatu yang menarik perhatian dan ingin membelinya, usahakan untuk ditahan hawa nafsunya supaya pengeluaran tidak membengkak.

6. Beri pengertian kepada anak-anak supaya berhemat

Apabila kamu mengajak anak-anak, berilah pengertian kepada mereka supaya berhemat selama di tempat wisata. Usahakan untuk dibelikan mainan yang harganya tidak lebih dari 10 ribu, tetapi menarik bagi mereka.

Itulah beberapa tips berwisata murah di Jakarta dengan budget hanya Rp 40 ribu. Sebenarnya, uang Rp 40 ribu itu bisa digunakan untuk suatu keperluan, seperti mengisi saldo apabila sisanya sedikit, membeli makanan dan minuman, serta membeli mainan anak-anak. Meskipun demikian, usahakan uang tersebut berkurang sesedikit mungkin supaya sisanya bisa ditabung atau untuk hal-hal penting lainnya.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan informasi in jika kamu rasa bermanfaat ke sosial media pribadi kamu seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp. Dengan begitu kami akan terus semangat dalam membuat konten-konten bermanfaat lainnya. (jow)

BACA JUGA: 50 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta yang Wajib Dikunjungi