Don't be Captious

Mudahnya Cara Ganti BPJS Perusahaan ke Mandiri

Dimas Drajat
Dimas Drajat
Anak UI yang lagi membangun personal branding

BPJS kesehatan menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki masyarakat Indonesia. BPJS ini juga menjadi fasilitas yang sering diberikan oleh perusahaan kepada pegawainya. Namun, bagaimana jika Anda terkena PHK ataupun resign? Tentu, Anda harus tahu cara ganti BPJS perusahaan ke mandiri bukan?

Nah, mengenai hal ini perlu diketahui bahwa BPJS kesehatan terbagi menjadi 3 berdasarkan iurannya, yaitu BPJS PBI, PPU, dan mandiri.

Ketika Anda merupakan karyawan perusahaan, maka Anda akan memiliki BPJS PPU dimana ketika sudah tak menjadi karyawan Anda harus beralih dari BPJS PPU ke BPJS mandiri.

Lantas, bagaimana sih cara mengubah BPJS perusahaan ke mandiri secara offline ataupun online? Yuk simak bahasannya di bawah ini.

Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri

Apabila Anda sebelumnya merupakan pegawai atau karyawan, maka BPJS Kesehatan Anda akan ditanggung oleh perusahaan dimana Anda beekrja.

Namun, apabila Anda resign ataupun pindah kerja maka iuran BPJS kesehatan Anda akan diberhentikan oleh perusahaan tersebut.

Padahal, BPJS kesehatan ini menjadi program wajib pemerintah yang memang penting Anda miliki ketika berobat ke fasilitas kesehatan.

Untuk itu, Anda perlu tahu cara mengurus perpindahan BPJS perusahaan ke mandiri agar Anda tetap menjadi peserta BPJS kesehatan.

Cara Ganti BPJS Perusahaan ke Mandiri secara Online

Mudahnya Cara Ganti BPJS Perusahaan ke Mandiri
Illustrasi Pelayanan BPJS Kesehatan Faskes Tingkat 1 (Detik Finance)

Bahasan pertama kali ini ialah mengenai cara pindah BPJS kesehatan perusahaan ke mandiri secara online. Untuk dapat memindahkan jenis BPJS ini, Anda bisa memanfaatkan JKN mobile yaitu aplikasi mobile yang disediakan oleh BPJS.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduhlah aplikasi JKN Mobile melalui playstore untuk android dan appstore untuk ios Anda;
  2. Bukalah aplikasi tersebut setelah berhasil terinstal. Apabila jendela login ataupun pendaftaran terbuka, maka Anda bisa segera mengisi seluruh data tersebut secara lengkap;
  3. Pastikan data yang Anda isikan valid dan benar;
  4. Klik pada menu yang ada di akun Anda bertuliskan Ubah Data Peserta;
  5. Tekan pada menu Segmen Peserta;
  6. Ikutilah tutorial yang ditampilkan pada aplikasi secara step by step hingga Anda bisa mengubah status Anda;
  7. Tunggulah beberapa saat yakni 3 hari hingga status kepesertaan Anda berhasil berubah dari BPJS PPU menjadi BPJS mandiri.

Begitulah cara untuk mengubah BPJS perusahaan menjadi mandiri. Sebenarnya terlihat cukup mudah bukan?

BACA JUGA: Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Cara Ganti BPJS Perusahaan ke Mandiri secara Offline

Apabila Anda mengalami error ataupun kesulitan mengubah status kepesertaan BPJS secara online, maka Anda bisa melakukan pengubahan status secara offline. Hal ini berarti Anda harus meluangkan waktu untuk mendatangi kantor BPJS.

Agar bisa melakukan pindah kepesertaan, Anda harus membawa dokumen yang diperlukan terlebih dahulu. Di bawah ini adalah dokumen yang harus dipersiapkan sebelum berkunjung secara offline:

  1. Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi
  2. Kartu Tanda Penduduk asli dan fotokopi
  3. Buku tabungan asli dan fotokopi
  4. Surat Keterangan pindah kerja atau surat pengunduran diri
  5. Formulir persetujuan autodebit
  6. Formulir pindah kepesertaan.

Apabila seluruh berkas telah terpenuhi, maka langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya untuk pindah BPJS PPU ke mandiri ialah sebagai berikut:

  1. Kunjungilah kantor BPJS Kesehatan terdekat di daerah Anda tinggal;
  2. Ambilan nomor antrian yang terdapat di kantor tersebut, khususnya di bagian pelayanan;
  3. Apabila sudah tiba giliran Anda dipanggil, maka sampaikan kepada petugas jika Anda hendak melakukan pengubahan status kepesertaan dari BPJS perusahaan ke BPJS mandiri;
  4. Nantinya pihak BPJS akan memberikan Anda formulir untuk melakukan pengubahan status kepesertaan BPJS Kesehatan;
  5. Isilah formulir tersebut dengan data yang valid dan benar secara lengkap;
  6. Nantinya petugas akan segera melakukan verifikasi data yang telah Anda inginkan;
  7. Petugas kemudian memberikan virtual account yang harus Anda bayarkan sebagai pembayaran pertama BPJS mandiri Anda;
  8. Lakukan pembayaran sesuai prosedur yang diperintahkan;
  9. Apabila transaksi pembayaran telah berhasil, maka tak berselang lama status kepesertaan BPJS Anda akan mengalami perubahan yakni dari BPJS PPU atau perusahaan ke BPJS Mandiri.

Begitulah cara yang harus Anda lakukan ketika melakukan perpindahan status kepesertaan BPJS perusahaan ke BPJS mandiri secara offline.  Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda kesulitan menggunakan bantuan aplikasi JKN Mobile.

Baiklah, mungkin sampai disini saja pembahasan mengenai cara ganti BPJS perusahaan ke mandiri yang bisa Anda lakukan dengan mudah baik secara offline ataupun online. Semoga membantu! (jow)

BACA JUGA: Cara Mengurus BPJS Kesehatan Pindah Faskes dengan Mudah

Latest article