6 Tips Lengkap Mengenai Insentif Kartu Prakerja Wajib Kamu Pahami

Kartu Prakerja (Foto: Infosulteng.com)

Tips lengkap mengenai insentif Kartu Prakerja bisa kamu dapatkan informasinya di sini. Simak sampai habis supaya kamu terbantu.

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk para pencari kerja dan pebisnis UMKM yang membutuhkan peningkatan keterampilan. Program ini memiliki berbagai pelatihan yang bisa diikuti.

Tak hanya memberi pelatihan, Kartu Prakerja juga memberikan insentif bagi para pesertanya. Pemberian insentif ini tentu menambah daya tarik program ini bagi masyarakat. Jumlahnya pun cukup besar, yakni Rp 600.000,-.

Meskipun demikian, terdapat hal-hal lainnya yang harus dipenuhi dan diikuti peserta supaya mendapatkan insentif. Berikut penjelasan lengkap terkait hal-hal tersebut.

BACA JUGA: Cara Mendaftar Kartu Prakerja Plus Tips Tambahan

1. Informasi Awal Insentif Kartu Prakerja

  • Insentif ini hanya diberikan kepada peserta Kartu Prakerja yang sudah terdaftar dan telah menyelesaikan pelatihan pertama. Bagi kamu yang belum mendaftar, silakan buka situs Kartu Prakerja dan ikuti alur pendaftarannya.
  • Insentif ini dibagi menjadi dua, yaitu insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600.000,- selama 4 bulan, dan insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000,- per survei.

2. Ketentuan Insentif Kartu Prakerja

Insentif bisa didapat dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Kamu telah menyelesaikan pelatihan yang dibuktikan dengan adanya sertifikat.
  • Insentif hanya diberikan saat pelatihan pertama selesai. Jadi, kamu tidak mendapat insentif apabila telah menyelesaikan pelatihan kedua dan seterusnya.
  • Kamu telah memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang telah diikuti di dasbor Kartu Prakerja.
  • Kamu berhasil menyambungkan nomor rekening atau akun e-walletmu di akun Kartu Prakerja.
  • Pastikan nomor rekening atau akun e-walletmu telah tervalidasi. Supaya bisa tervalidasi, pastikan NIK yang digunakan sama dengan NIK yang terdaftar di akun Kartu Prakerja. Khusus e-wallet, pastikan akunmu sudah mengikuti aturan KYC (Know Your Costumer) atau sudah di-upgrade.
  • Kamu harus segera menyelesaikan pelatihan pertamamu dan berikan rating dan ulasan paling lambat bulan Desember. Hal itu karena Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja harus menerima laporan penyelesaian pelatihan pertama paling lambat tanggal 4 Desember.

3. Cara Mengecek Insentif Kartu Prakerja

Apabila kamu telah memenuhi ketentuan di atas, kamu bisa mengecek insentifmu di dasbor Kartu Prakerja. Pastikan kamu telah mendapat jadwal pencairan insentif. Adapun pencairannya dilakukan 3-5 hari kerja setelah jadwal pencairan muncul di dasbor akunmu. Apabila belum bisa dicairkan setelah 5 hari kerja, silakan adukan di Formulir Pengaduan.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Gagal Seleksi Kartu Prakerja

4. Penyebab Insentif Gagal Dicairkan

Apabila kamu gagal mencairkan insentifmu, bisa jadi kamu mengalami salah satu atau beberapa penyebab di bawah ini.

  • Nomor rekening atau akun e-wallet yang kamu daftarkan tidak aktif. Kamu bisa memutuskan nomor rekening atau akun e-wallet yang telah terdaftar melalui dasbor rekening. Setelah diputuskan, silakan ubah melalui pengaturan akun.
  • Kamu belum memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang telah diikuti. Pastikan cek kembali dasbormu. Apabila belum memberikan ulasan dan rating, segera berikan sebelum tanggal yang sudah ditentukan.
  • Akun e-wallet belum melakukan upgrade sesuai aturan KYC seperti verifikasi KTP, serta selfie dengan KTP. Lakukan upgrade terlebih dahulu sesuai tata cara yang berlaku di perusahaan e-walletmu. Adapun tata cara upgrade e-wallet bisa kamu baca di artikel ini.
  • Data KTP dan swafotomu yang didaftarkan di e-wallet tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja. Apabila datamu bisa diubah, silakan ubah dengan mengikuti prosedur yang berlaku di perusahaan e-walletmu.

5. Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Menerima Insentif

6 Tips Lengkap Mengenai Insentif Kartu Prakerja Wajib Kamu Pahami
Ilustrasi Tampilan Website Prakerja

Setelah menerima insentif dari pelatihan, silakan kamu isi survei evaluasi. Adapun jadwal survei ini akan dikirim ke dasbor akunmu. Survei evaluasi bisa diisi 30 hari setelah kamu menerima insentif dari pelatihan pertamamu. Setelah mengisi survei, kamu akan menerima insentif tambahan senilai Rp 50.000,- per survei.

Survei evaluasi bisa memakan waktu 20 hingga 30 menit. Jadi, kami sarankan untuk mencari tempat yang nyaman saat mengisi survei ini. Adapun pertanyaan survei berkaitan dengan kondisi kebekerjaan dan kondisi sosial ekonomi kamu.

Saat pengisian survei, pastikan sinyal di tempatmu dalam keadaan baik sehingga tidak mengalami gangguan. Selain tempat, pastikan pula browser yang kamu gunakan dapat berjalan lancar. Berdasarkan pengalaman dari sejumlah peserta, kami sarankan untuk menggunakan Mozilla Firefox.

6. Penggunaan Insentif

Insentif yang telah kamu dapatkan bisa digunakan untuk apapun. Bisa untuk meringankan biaya yang dihabiskan ketika pelatihan seperti biaya makan, transportasi, dan pulsa. Insentif bisa pula digunakan untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan.

Sebagai contoh tambahan, kamu bisa pula memanfaatkan insentifmu untuk hal-hal lain yang bersifat produktif. Seperti yang dilakukan oleh Shintia Jayanti, Dilansir dari akun Instagram Kartu Prakerja, alumni Kartu Prakerja gelombang 1 ini memanfaatkan insentifnya untuk sewa freezer tambahan supaya usaha jasa titip kulinernya terus berjalan.

Tak hanya Shintia, Mira Endah bisa pula dijadikan contoh. Alumni Kartu Prakerja gelombang 9 ini memanfaatkan insentifnya untuk mengisi kuota, membeli kebutuhan sehari-hari, serta untuk membeli keperluan usahanya seperti bahan baku dan kemasan.

Demikian informasi mengenai tips lengkap terkait insentif Kartu Prakerja. Meski jumlahnya tidak besar, tetapi bisa kamu manfaatkan untuk hal-hal produktif. Semoga informasi di atas bisa kamu pahami dan terapkan. Semoga sukses.

BACA JUGA: Cara Menghubungkan Rekening atau E-Wallet ke Akun Kartu Prakerja

Written by Zari