Tips Siapkan Menu Makanan Enak Ala Anak Kos

Tips Siapkan Menu Makanan Enak Ala Anak Kos

Bagi kamu yang tinggal di kos, memasak sendiri mungkin terlihat hampir mustahil. Sebab, sangat merepotkan dan jauh lebih praktis membeli makanan yang sudah jadi. Namun, perlu diperhatikan bahwa membeli makanan yang sudah jadi tentunya lebih mahal daripada mempersiapkan menu makanan sendiri.

Dengan membuat makanan sendiri kamu bisa menekan pengeluaran dan juga bisa berhemat. Jadiberita.com telah menyiapkan beberapa tips ketika kamu ingin mencari menu makanan ala anak kos, maka simak ulasannya di bawah ini.

1. Susun Menu dalam Seminggu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah susun menu dalam seminggu sekitar 30 menit hingga satu jam. Jadi, kamu dapat membuat anggaran belanja untuk menu tersebut sesuai dengan kemampuan. 

Belanjalah ke pasar atau supermarket selama satu minggu sekali agar bisa menghemat tenaga dan juga waktu. Selain itu, kamu juga perlu pertimbangkan harga bahan makanan sehemat mungkin. Meskipun begitu, perhatikan juga nilai gizinya sehingga kamu tetap sehat.

2. Simpanlah Bahan Makanan dengan Cara yang Tepat

Bagian selanjutnya adalah simpanlah bahan makanan dengan cara yang tepat. Ada cara menyimpan bahan makanan agar tetap segar berhari-hari, yaitu di kulkas. Jika kamu memiliki kulkas mini, maka simpan bahan makanan dan urut jadwal menu yang sudah ditentukan. 

Contohnya, kamu bisa menyiapkan jagung yang sudah dipipil dan wortel yang sudah dipotong dalam satu kotak dan simpan di freezer untuk menjaga kesegarannya. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan air kaldu untuk penyedap masakan dan simpanlah dalam kulkas.

BACA JUGA: Patah Hati? Sembuhkan dengan 5 Makanan Ini Biar Cepat Move On

3. Buatlah Lauk-lauk Kering

Jika kamu tipikal anak kos yang sangat sibuk dan tidak punya waktu untuk memasak dua kali dalam sehari, maka buatlah lauk kering. Masak lauk kering seperti ayam bumbu kuning yang dapat disimpan berhari-hari dalam kulkas.

Untuk kamu yang mencari berbagai resep masakan sehari hari, maka aplikasi Yummy App bisa menjadi solusi pas. Yummy App merupakan multi platform Food-Focused media digital yang banyak membahas tentang resep, tutorial, hingga tips memasak. Aplikasi ini juga berada di naungan IDN Media dan selalu menghadirkan format konten resep masakan mudah hanya dalam beberapa langkah saja.

4. Masak beberapa bahan makanan dalam satu bumbu

Seperti yang suda disinggung sebelumnya bahwa anak kost cenderung irit dalam memasak. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu membuat bahan makanan dalam satu bumbu saja. Misalnya saat memasak ayam bumbu kuning, kamu dapat menambahkan tempe dan tahu.

Setelah itu, tahu dan tempe tersebut disimpan dan digoreng bersama agar lauk makan menjadi lebih bervariasi. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan telur sebagai isi tambahan. Resep ini tentunya membuat makanan jadi lebih banyak hanya dengan satu bumbu saja.

5. Miliki Alat Masak dengan berbagai fungsi

Tips berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah miliki alat masak dengan berbagai fungsi. Cara satu ini dapat menghemat pengeluaran karena satu alat masak bisa digunakan untuk berbagai keperluan. 

Salah satu contohnya adalah magic com yang sering digunakan pada berbagai fungsi. Dengan membeli magic com, kamu bisa memasak beras, mengukus sayuran, hingga menumis masakan lainnya.  Selain itu, masih ada beberapa alat masak lainnya yang memiliki banyak fungsi. 

6. Selalu Siapkan Bumbu Siap Saji

Bagian terakhir yang perlu disiapkan anak kost adalah bumbu siap saji. Saat ini sudah banyak bumbu siap saji dengan harga terjangkau. Hal tersebut tentunya memudahkan saat memasak. Jika sanggup, kamu juga bisa membuat bumbu merah, kuning, dan putih secara manual.

Demikian tips siapkan menu makanan ala anak kost. Semoga informasi ini memberikan manfaat. (jow)

BACA JUGA: Stres Karena Kerjaan Numpuk? Hilangkan dengan 5 Makanan Ini