Doa Turun Hujan yang Wajib Kamu Baca Saat Cuaca Sedang Tidak Bersahabat

Doa turun hujan adalah bacaan yang wajib kamu panjatkan disaat cuaca yang tidak menentu belakangan hari ini. Simak artikel ini untuk ulasan lengkapnya.

Mendung dan Hujan Turun di Sebagian Besar Wilayah Indonesia, BMKG Memperingatkan Peningkatan Curah Hujan hingga Awal Januari 2023

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah di Indonesia akan diguyur hujan dalam beberapa hari kedepan. Hujan diprediksi turun dengan intensitas rendah hingga lebat. Saat ini, BMKG juga memperingatkan peningkatan curah hujan yang berpotensi terjadi hingga awal tahun 2023. Oleh karena itu, kita perlu waspada dan panjatkan doa turun hujan serta mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi sepekan ke depan.

Hujan seringkali dipandang sebagai berkah dari Allah SWT. Dengan turunnya hujan, tanaman dan tumbuhan di sekitar kita menjadi subur. Tumbuhan yang subur dan tumbuh dengan baik mampu memberikan manfaat bagi manusia lewat buahnya, pohon yang rindang, dan manfaat lainnya. Bahkan, dalam agama Islam, hujan dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berdoa kepada Allah SWT.

Imam Syafi’i dalam kitab al-Umm dengan sanad yang mursal, meriwayatkan sabda Nabi SAW bahwa kita harus mencari doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan. Dalam hal ini, Imam an-Nawawi juga mengatakan bahwa doa saat hujan tidak ditolak atau jarang ditolak karena pada saat itu tengah turun rahmat, khususnya curahan hujan pertama di awal musim.

Di tengah kondisi cuaca yang ekstrem seperti saat ini, penting bagi kita untuk selalu waspada dan mempersiapkan diri secara optimal. Selain itu, kita juga dapat berdoa dan memanjatkan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan-Nya. Dengan berdoa, semoga kita selalu dilindungi dari segala bahaya dan kesulitan yang mungkin terjadi akibat cuaca yang ekstrem.

Berikut beberapa doa turun hujan yang bisa kita panjatkan saat hujan membasahi bumi:

Doa ketika turun hujan

“Allahumma shayyiban nafi’an.”

Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhar dari Aisyah RA).

Doa saat ada bahaya hujan deras

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari.”

Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan. (HR Bukhari Muslim) 

Lalu panjatkanlah doa setelah turun hujan

“Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.”

Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari)

Dengan doa dan persiapan yang optimal, semoga kita selalu dilindungi dan diberikan kemudahan dalam menghadapi cuaca yang ekstrem seperti saat ini.

BACA JUGA: Ingin Traveling Tapi Lagi Musim Hujan, Ini Cara Cerdas Menyiasatinya!

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Turn your ordinary photos into cartoons here

Tidak Shalat Jumat karena Hujan, Boleh atau Tidak?