Don't be Captious

Ingin Traveling Tapi Lagi Musim Hujan, Ini Cara Cerdas Menyiasatinya!

Traveling Saat Musim Hujan (gogirl.id)

Indonesia saat ini sudah memasuki musim penghujan. Hampir setiap hari kawasan di Indonesia diguyur hujan secara merata. Hal ini tentunya membuat beberapa jalanan tergenang air dan suhu udara menjadi dingin, sehingga tak jarang di antara kamu yang menjadi bad mood kalau hujan sudah turun dan malas keluar rumah apalagi bepergian untuk traveling. Musim hujan itu patut kita syukuri JB’ers. Sebenarnya hujan tidaklah menjadi masalah ketika kamu ingin traveling karena ada banyak cara untuk menyiasati hal-hal yang tidak diinginkan ketika traveling di musim hujan, seperti kelima cara cerdas yang ada di bawah ini!

1. Ikuti Terus Ramalan Cuaca

Lihat Ramalan Cuaca (mapping-earth.blogspot.co.id)

Setiap kamu ingin melakukan perjalanan traveling, lebih baik kamu selalu update ramalan cuaca pada hari di mana kamu akan bepergian. Selalu tonton acara ramalan cuaca di televisi atau radio di pagi hari karena biasanya mereka selalu update laporan cuaca untuk hari tersebut. Misalkan di daerah Yogyakarta akan cerah berawan di siang hari, namun berawan di malam hari. Jadi, kamu bisa menjadwalkan untuk pergi ke Yogyakarta di pagi hingga siang hari. Jika terlewat atau tidak sempat, kamu bisa mencaritahu melalui website atau portal berita.

2. Persiapkan Perlengkapan yang Tepat

Bawa Payung Saat Musim Hujan (deviantart.net)

Kamu pasti mengenal istilah sedia payung sebelum hujan. Peribahasa tersebut memang tak boleh kamu abaikan ya JB’ers, karena ketika hujan, ada beberapa perlengkapan yang memang harus kamu bawa dan gunakan agar nantinya kamu tetap bisa traveling dengan lancar. Selain payung, ada jas hujan yang perlu dibawa bagi kamu yang membawa motor. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan jaket atau parka agar badan kamu tetap hangat ketika hujan sudah turun. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu atau saputangan untuk mengelap barang yang terkena tetesan hujan.

3. Berburu Kuliner Hangat

Menyantap Kuliner Hangat (@pergikuliner)

Saat hujan turun, biasanya perut lebih mudah lapar sehingga kamu lebih baik berwisata kuliner dengan mencicip aneka kuliner hangat yang akan terasa lebih nikmat disantap saat udara sedang dingin. Ada banyak kuliner hangat yang bisa kamu santap, mulai dari aneka sup, soto, steamboat, shabu-shabu, hingga bakso dengan kuah hangat. Jika kamu termasuk penyuka kopi, kamu bisa mendatangi coffee shop kekinian untuk menyeruput secangkir cappucino atau espresso hangat. Untuk pilihan tempatnya, kamu bisa datang ke tempat-tempat kuliner kaki lima atau food court yang memiliki harga terjangkau.

4. Mengunjungi Tempat Wisata Indoor

Museum macan (@kenneth2403)

Musim hujan menjadi saat yang tepat untuk kamu menikmati wisata indoor karena kamu akan terbebas dari basah akibat air hujan serta jalanan yang becek atau tergenang air. Tempat-tempat pilihan wisata indoor ada banyak sekali kok JB’ers. Jika kamu berada di Jakarta, kamu bisa mendatangi Seaworld, Jakarta Aquarium, Monas, Ice Skating di Mall Taman Anggrek, hingga datang ke Museum Macan yang sedang kekinian. Kalau kamu berada di Bandung, kamu bisa datang ke Trans Studio Bandung, Museum Geologi, NuArt Sculpture Park, hingga Saung Angklung Udjo.

5. Jaga Stamina dan Kondisi Badan

Rajin Berolahraga (@penyogastar)

Di musim penghujan, biasanya kondisi tubuh orang akan menurun karena udara yang dingin. Jadi sebelum melakukan traveling, sebaiknya kamu selalu menjaga stamina dan kondisi badan terlebih dahulu dengan rajin berolahraga dan banyak mengonsumsi sayur dan buah agar daya tahan tubuh kamu jadi lebih kuat. Nanti ketika sedang melakukan traveling, kamu harus membawa air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Sekarang kamu bisa melakukan traveling dengan mudah di musim hujan dengan menerapkan kelima cara di atas. Selamat bertraveling JB’ers!

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...