spot_img
spot_img
BerandaTravel10 Tempat Wisata di Cikarang yang Wajib Kamu Kunjungi

10 Tempat Wisata di Cikarang yang Wajib Kamu Kunjungi

From Author

Lagi cari tempat wisata di Cikarang? Kamu berada di tempat yang tepat karena kami akan memberikan rekomendasinya. Simak sampai habis dan selamat berlibur.

Sebelum masuk ke inti pembahasan, mungkin selama ini kamu mengira bahwa Cikarang dikenal sebagai “Kota Industri”. Julukan itu wajar karena banyaknya pabrik dari berbagai perusahaan yang beroperasi di sana. Bahkan, di sana juga terdapat Kota Jababeka yang menjadi tempat industri bagi 1.650 perusahaan lokal dan mancanegara.

Meskipun menjadi kawasan industri, Cikarang juga memiliki tempat wisata yang bisa dikunjungi siapapun. Jenisnya pun cukup beragam, mulai dari tempat wisata buatan, sejarah, edukasi, sampai wisata alam. Oleh sebab itu, kami akan merekomendasikan 10 tempat wisata di Cikarang sebagai berikut.

1. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang (Credit: Andri Ardiansyah)

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Waterboom Lippo Cikarang. Waterpark ini mengusung tema alam yang berpadu dengan nuansa Bali yang eksotis. Tempat rekreasi air ini juga telah lama dikenal karena berbagai wahana air yang cocok untuk segala usia. Kamu bisa menikmati kolam arus yang tenang sampai seluncuran yang mengasyikkan di sini.

Waterboom Lippo Cikarang terletak di Jalan Madiun Nomor Kav. 15, Cibatu, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Terkait harga tiket, harganya Rp 50.000 pada hari biasa dan Rp 70.000 pada akhir pekan. Meskipun demikian, kamu bisa menikmati promo yang tersedia dengan harga tiket Rp 35.000, seperti promo “Senin berenang” dan “Jumat hemat”.

2. Kampoeng Djamoe Organik

Kampoeng Djamoe Organik (Credit: Instagram @roemahmarthatilaar)

Bagi kamu yang menyukai wisata alam, tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi. Kampoeng Djamoe Organik berdiri di lahan seluas 10 Hektar. Taman ini didirikan oleh PT. Martina Bertho Tbk., anak perusahaan dari Martha Tilaar Group.

Di sini, kamu bisa belajar mengenal sekitar 600 tanaman yang digunakan untuk obat-obatan dan kosmetik. Tidak hanya itu, kamu juga akan dikenalkan dengan berbagai proses yang akan dilalui tanaman setelah dipanen. Tidak hanya mempelajari tanaman, kamu juga bisa menikmati suasana alam yang asri karena terdapat danau buatan yang dikelilingi pepohonan.

Tempat ini berlokasi Jalan Ciujung, kawasan EJIP Pintu II, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Harga tiketnya Rp 20.000 per orang.

BACA JUGA: Nggak Kalah dari Jakarta, Ini 5 Kafe Paling Instagrammable di Bekasi Biar Makin Eksis di Medsos

3. Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya (credit: Istagram @kiminsa_94.13)

Tempat wisata lainnya adalah Taman Buaya Indonesia Jaya. Tempat ini merupakan penangkaran buaya yang didirikan pada tahun 1990. Taman buaya ini memiliki 5 kolam yang berisi buaya dari beragam usia. Selain kolam penangkaran buaya, terdapat pula taman-taman kecil dan playground yang bisa kamu nikmati. Tak hanya itu, suasana di sini juga menyejukkan karena pohon-pohon di taman yang cukup rimbun.

Taman Buaya Indonesia Jaya terletak di Jalan Raya Serang-Cibarusah Km.3, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Biaya masuknya tergolong masih murah, yaitu Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak.

4. Saung Ranggon

Saung Ranggon (Credit: bekasi.pikiran-rakyat.com)

Destinasi ini cocok untukmu yang menyukai wisata sejarah. Saung Ranggon didirikan pada abad ke-16 Masehi oleh Pangeran Rangga. Adapun luas bangunannya yaitu 7,6 x 7,2 meter persegi. Rumah bersejarah ini bisa kamu kunjungi untuk mempelajari sejarah sekaligus mencari udara segar. Udara segar bisa kamu dapatkan dari pepohonan yang mengelilingi tempat ini.

Saung Ranggon beralamat di Kampung Cikedokan, Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Soal biaya masuk, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk memasuki tempat ini.

5. Taman Sehati

Taman Sehati (Credit: Instagram @cikarangdaily)

Cikarang juga memiliki taman terbuka yang patut dikunjungi, seperti Taman Sehati. Taman ini memiliki konsep yang sama seperti taman pada umumnya. Meskipun terlihat sama, kamu bisa melihat matahari terbenam yang cantik dari taman ini. Pemandangan tersebut membuat para pengunjungnya merasa terkesan saat berkunjung ke Taman Sehati.

Tidak hanya pemandangan saat matahari terbenam, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai pohon yang tertanam sehingga udara terasa sejuk. Tak cukup dengan pepohonan, terdapat pula pemandangan dome flower seperti di Singapura yang bisa menambah daya tarik dari taman di Cikarang ini.

Taman Sehati berada di dekat Stadion Wibawa Mukti di Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Terkait biaya masuk, kamu bisa masuk ke taman ini tanpa dipungut biaya.

6. Kota Deltamas

Kota Deltamas (Credit: Instagram @Sinar Mas Land)

Tempat lain yang patut dikunjungi adalah Kota Deltamas. Area seluas 3.200 hektar ini memiliki pemandangan layaknya pedesaan. Pemandangan khas desa tersebut juga ditambah dengan pepohonan yang rindang sehingga menambah keasrian. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat perbuktian kecil di area ini.

Tak cukup dengan perbukitan, di dalam Kota Deltamas juga terdapat aneka danau buatan. Danau-danau tersebut bisa menambah kesan tersendiri bagi para pengunjungnya. Apabila merasa lapar setelah mengelilingi area kota mandiri ini, kamu bisa berkunjung ke aneka warung makan yang tersedia.

Kota Deltamas terletak di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Untuk bisa masuk ke area ini, kamu tidak perlu keluar biaya sepeserpun.

BACA JUGA: Nggak Harus Keluar Pulau, Ini 5 Tempat Wisata Romantis di Bekasi untuk Kamu dan Pacar Kamu

7. Kawung Tilu Bojong Rangkas

Kawung Tilu Bojong Rangkas (Credit: Instagram @kawungtilu)

Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin tetap hits. Kawung Tilu Bojong Rangkas menawarkan konsep wisata alam yang berpadu dengan tema adventure. Kamu bisa menikmati pepohonan pinus yang bisa memberikan kesan asri. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menikmati berbagai dekorasi dan hiasan yang dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat kekinian.

Supaya menambah daya tarik, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan sarana hiburan seperti wahana ATV dan kafe. Selain kedua sarana tersebut, terdapat pula fasilitas umum seperti toilet, area parkir, dan foodcourt.

Lokasi tempat ini berada di Kampung Ciranggon, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Mengenai tiket masuk, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000. Apabila membawa sepeda motor, kamu mesti membayar parkir seharga Rp 2.000.

8. Danau Meikarta

Danau Meikarta (Credit: Instagram @gazania_gordencikarang)

Meskipun gagal menjadi kota idaman karena suatu kasus, kawasan Meikarta tetap layak dikunjungi, tertutama danaunya. Danau tersebut terletak di tengah taman seluas 105 hektar yang menawarkan pemandangan indah tersendiri. Suasana danau tersebut kian nikmat karena semilir angin yang berhembus. Selain suasana yang nikmat, pemandangan unik juga terlihat dengan adanya patung bebek raksasa di tengah danau.

Danau Meikarta masuk ke dalam wilayah Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Untuk menikmati suasana danau ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Taman Meikarta seharga Rp 7.000.

9. Puri Nirwana Waterpark

Puri Nirwana Waterpark (Credit: Instagram @purinirwanawaterpark23)

Cikarang tidak hanya memiliki Waterboom Lippo Cikarang, terdapat pula waterpark lainnya, salah satunya Puri Nirwana Waterpark. Taman air ini memiliki dua jenis kolam, yaitu kolam khusus anak-anak dan kolam khusus dewasa. Adapun kolam dewasa memiliki berbagai kedalaman, mulai dari 1,5 meter hingga 1,8 meter. Saat kamu berenang, kamu bisa menikmati wahana air berupa tiga seluncuran dengan beragam ukuran.

Puri Nirwana beralamat di Jalan Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi. Harga tiketnya sebesar Rp 40.000 per orang.

10. Matador Family Waterpark

Matador Family Waterpark (Credit: Instagram @matadorwaterpark)

Pilihan wisata air lainnya adalah Matador Family Waterpark. Taman air ini mengusung konsep ala Spanyol dengan beragam kolam yang dimilikinya. Di sini, terdapat kolam dewasa sedalam lebih dari 1,5 meter dan kolam anak-anak sedalam 20 sampai 80 cm. Tak hanya kolam untuk anak-anak, terdapat pula berbagai wahana yang bisa dinikmati anak-anak seperti ember tumpah, ranjau air, air mancur jamur, dan gerbang air.

Tidak hanya wahana untuk anak-anak, terdapat pula wahana yang bisa dinikmati oleh orang dewasa. Di sini, kamu bisa merasakan Flying Fox, Bungee Trampoline, sampai kolam renang yang bisa menguji kemampuan berenang para pengunjung.

Matador Family Waterpark beralamat di Villa Mutiara Cikarang di Jalan Raya Cikarang – Cibarusah, Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Mengenai harga tiket, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 35.000 untuk hari biasa dan Rp 45.000 untuk akhir pekan.

Penutup

Itulah 10 tempat wisata di Cikarang yang wajib kamu kunjungi. Pilihlah tempat wisata yang strategis dan paling murah harga tiketnya sehingga kamu tidak merugi. Semoga liburanmu menyenangkan.

BACA JUGA: Segarkan Suasana Hatimu dengan Berkunjung ke Curug Cibareubeuy, Subang

Latest Article

Windows Jadul Penyelamat Southwest Airlines dari Kegagalan Sistem CrowdStrike

Kamu pasti nggak nyangka deh, gara-gara update sistem CrowdStrike, pada hari Jumat, 19 Juli, banyak pesawat dan bandara di...

More Articles Like This