Don't be Captious

10 Ide Bisnis Online yang Cocok untuk Anak SMA

Kamu masih pelajar dan pengen hasilkan uang sendiri? Yuk, coba salah satu dari 10 ide bisnis online yang cocok untuk anak SMA di bawah ini. Simak sampai habis dan semoga berhasil.

Sebelum lanjut, pasti kamu ada keinginan untuk bantu orang tua. Meskipun demikian, keinginan itu terganjal karena kamu masih sibuk dengan kegiatan di sekolah yang padat. Walaupun kegiatanmu padat, kamu masih bisa bantu orang tua melalui salah satu dari 10 ide bisnis berikut ini. Supaya tidak mengganggu, kamu bisa menjalankan bisnismu saat waktu luang, seperti hari libur atau jam istirahat.

1. Fotografer

Foto: www.pexels.com/@andre-furtado-43594/

Kamu mungkin pernah mengikuti ekskul fotografi di sekolahmu. Bagi kamu yang pernah ikut ekskul tersebut, saatnya beralih ke ranah yang lebih serius. Untuk memulainya, kamu bisa menawarkan jasamu melalui media sosial. Tawarkan dengan paket harga yang terjangkau dan jangan lupa sertakan bukti karyamu.

Bukan hanya melalui media sosial, kamu juga bisa menawarkan jasa di platform freelancer. Terdapat sejumlah platform yang bisa kamu coba, seperti SociaBuzz, Projects.co.id, Sribu, dan Fastwork. Sebagai permulaan, tawarkan dengan harga termurah.

BACA JUGA: 5 Daftar Bisnis Online Sampingan Tahun 2023 Cuma Pakai HP

2. Blogger

Foto: www.pexels.com/@olly/

Ide bisnis ini cocok untuk kamu yang suka menulis. Untuk memulainya, silakan buat blogmu di Blogger atau WordPress. Silakan pilih tampilan blog sesuai keinginanmu dan tulis apa saja yang ada di otakmu.

Terkait hasil tulisan, tidak perlu terlihat rapi. Anggap saja itu sebagai batu loncatan supaya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik. Supaya menghasilkan tulisan yang lebih baik, sebagian materi dalam Bahasa Indonesia perlu dipelajari kembali, seperti ejaan, paragraf, sampai diksi.

Bukan hanya itu, supaya blogmu bisa menghasilkan uang, kamu perlu mempelajari teknik SEO. Pelajari secara berurutan dan terapkan materinya satu per satu. Apabila kamu tekun, kamu akan merasakan hasilnya.

3. Jual Pulsa dan Kuota Internet

Foto: www.bfi.co.id

Bisnis ini bisa pula kamu coba. Cukup dengan modal 50 ribu, kamu sudah bisa berjualan pulsa dan kuota internet. Kamu bisa mengunduh salah satu dari berbagai aplikasi jual pulsa yang tersedia di Google Play Store. Unduhlah aplikasi yang modalnya paling murah dan mudah digunakan.

Saat sudah berjualan, kamu bisa tawarkan ke teman-temanmu saat waktu istirahat. Apabila banyak yang berminat, catat semua pemesan dan nominal pulsanya.

Catat juga temanmu yang ingin berhutang terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menagihnya di kemudian hari.

4. Guru Les Privat

Foto: www.pexels.com/@julia-m-cameron

Bisnis ini cocok untuk kamu yang sering masuk rangking di kelas. Silakan ajarkan ilmumu kepada teman atau tetangga yang mengalami kesulitan ketika belajar. Sebagai permulaan, tawarkan jasamu melalui media sosial seperti WhatsApp atau Instagram. Tawarkan dengan beragam paket menarik.

Apabila ada yang berminat, kamu bisa mulai mengajar. Ajarkan semua ilmu yang kamu tahu dengan cara yang mudah dipahami. Bila perlu, selipkan metode lainnya supaya pembelajaran berhasil, seperti metode permainan.

5. Reseller

Foto: www.pexels.com/@kampus/

Bisnis ini juga bisa dicoba. Untuk memulainya, kamu bisa menjual produk dari hal-hal yang kamu suka. Semisal bagi kamu yang menyukai fashion, kamu bisa menjual outfit kekinian. Atau bagi kamu yang menyukai game, kamu bisa menjual voucher game online.

Sebelum berjualan, pikirkan modalmu terlebih dahulu. Pastikan modalmu tidak terlalu banyak supaya tidak menjadi beban. Cukup beli produk dengan jumlah secukupnya dan coba pasarkan. Apabila laku, kamu bisa tambah modalmu.

BACA JUGA: 5 Ide Bisnis Online untuk yang Hobi Jalan-Jalan

6. Jasa Desain Grafis

Foto: www.pexels.com/@tony-schnagl/

Bisnis ini tidak ada salahnya untuk kamu coba. Memang diakui, tidak semua sekolah fokus ke ilmu desain grafis. Oleh karena itu, kamu bisa mempelajarinya di luar sekolah. Saat ini, kamu bisa mempelajarinya melalui berbagai cara, salah satunya melalui YouTube.

Apabila sudah terampil, silakan tawarkan jasamu. Tawarkan terlebih dahulu melalui media sosial. Jangan lupa pasang hasil karya serta paket harga menarik. Selain melalui media sosial, bisa pula tawarkan ke platform freelancer seperti Sribu dan SociaBuzz.

7. Jual Barang Bekas

Foto: www.indozone.id

Apakah kamu memiliki barang bekas namun masih bagus? Jangan disia-siakan. Kamu bisa menjualnya melalui media sosial milikmu dengan harga terjangkau. Supaya cepat laku, kami sarankan untuk menjual pakaian bekas.

Apabila banyak peminat, kamu bisa mengembangkan bisnismu dengan fokus pada produk thrifting. Tambahlah modalmu supaya bisa menjual lebih banyak pakaian bekas layak pakai. Sebagai pengingat, kamu wajib menjual produk dalam negeri supaya bisnismu tidak ditutup pemeritah.

8. Jual Makanan Ringan

Foto: klikterbaru.com

Bisnis ini juga cocok untuk anak SMA. Kamu bisa menjual makanan yang sifatnya ringan namun diminati. Contohnya seperti seblak kering, risoles mayo, makaroni pedas, dan lain-lain. Modalnya pun terbilang kecil, bahkan adapula yang di bawah Rp 50.000.

Selain menjualnya saat istirahat, kamu juga bisa berjualan melalui media sosial. Saat berjualan di medsos, jangan lupa pasang foto menarik. Selain berjualan melalui fitur story, kamu juga boleh tawarkan ke teman atau keluargamu melalui chat pribadi.

9. Usaha Sewa Kamera

Foto: www.av-99.top

Apakah kamu memiliki kamera yang berkualitas di rumah? Jangan dibiarkan begitu saja. Cobalah sewakan kepada teman atau keluarga yang membutuhkannya. Tawarkan terlebih dahulu melalui media sosial pribadi.

Terkait harga, usahakan untuk memasang harga yang wajar. Oleh sebab itu, kami sarankan itu riset harga terlebih dahulu. Setelah riset, tentukan harga yang tepat berdasarkan jumlah hari saat kamera disewa.

10. Make up Artist

Foto: www.pexels.com/@karolina-grabowska/

Bisnis ini cocok untuk wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dicoba oleh laki-laki. Apabila kamu tertarik dengan produk-produk wajah dan ingin belajar merias, silakan geluti sampai terampil.

Ketika sudah terampil, silakan tawarkan jasamu sebagai Make up Artist. Cobalah tawarkan jasamu melalui media sosial dengan menampilkan semua hasil riasanmu. Kamu juga bisa menawarkan di platform seperti SociaBuzz. Terkait harga, pasanglah harga termurah, seperti Rp 100.000.

Penutup

Itulah 10 ide bisnis yang cocok untuk anak SMA. Semoga bisa menjadi batu loncatan untuk mencapai kesuksesan.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan 2023

Latest article