Paralayang Kota Batu, Menawarkan Keindahan Alam yang Memanjakan Mata

Kota Batu merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai kota wisata dengan pesona alamnya. Berbagai wisata di sini mempunyai karakteristik dan ciri khas masing-masing. Bahkan, terdapat beberapa destinasi wisata yang sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan.

Salah satu wisata yang cocok untuk memacu adrenalin bagi wisatawan yaitu Paralayang Kota Batu. Paralayang sendiri merupakan sebuah olahraga terbang dengan bebas menggunakan parasut.

Sebelumnya, olahraga paralayang memang hanya digunakan bagi mereka yang sudah handal di bidangnya. Namun, seiring berjalannya waktu olahraga paralayng kini banyak diminati oleh masyarakat luas, mulai kalangan muda hingga tua.

Bahkan, olahraga paralayang kini sudah dijadikan sebagai destinasi wisata dengan memanfaatkan area perbukitan sekitar. Tidak hanya wisatawan yang handal untuk bisa menikmati destinasi wisata ini, melainkan wisatawan yang masih amatir juga bisa menikmati dengan ditemani orang ahli di olahraga paralayang.

Salah satunya destinasi wisata paralayang di Kota Batu yang berada di daerah perbukitan dengan menawarkan keindahan alam luar biasa.

BACA JUGA: Sabana Lincing, Spot Terbaik di Malang untuk Menikmati Suasana Sunrise

Sekilas Informasi Paralayang Kota Batu

Paralayang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kota Batu yang menawarkan pesona keindahan alam luar biasa. Paralayang ini tertelak berada di kawasan Gunung Banyak dengan ketinggian sekitar 1315 mdpl.

Melalui ketinggian tersebut, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam pegunungan yang mengelilingi wilayah Malang Raya. Selain sebagai destinasi wisata, tempat ini juga menjadi salah satu tempat bermain paralayang paling terbaik di Indonesia.

Tidak hanya bermain paralayang saja, melainkan wisatawan bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian melalui area sekitar Gunung Banyak. Bahkan juga disediakan fasilitas yang bisa dijadikan opsi untuk menikmati alam selain paralayang berupa omah kayu dan taman langit.

Semuanya masih di sekitar Gunung Banyak yang mana bisa menikmati indahnya wilayah Malang Raya dari atas ketinggian. Tentunya juga tetap bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Mayoritas wisatawan datang ke sini ketika sore hari untuk melihat sunset dan lanjut sampai malam hari, sehingga bisa melihat kerlap-kerlip lampu yang menyala dari atas ketinggian. Selain itu, mereka juga bisa menginap di sini untuk melihat sunrise di keesokan harinya.

Harga Tiket Masuk Paralayang Kota Batu

Untuk bisa menikmati pemandangan alam di sekitar paralayang Kota Batu, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Hal ini dikarenakan harganya masih terbilang cukup terjangkau dengan fasilitas yang disediakan.

Berikut ini harga tiket masuk dan bermain paralayang di Kota Batu:

  • Tiket masuk : Rp 20.000 / orang
  • Bermain paralayang : Rp 400.000 / wisatawan lokal
  • Bermain paralayang : Rp 500.000 / wisatawan mancanegara

Jam Operasional Paralayang

Wisatawan yang ingin datang ke sini, dibuka setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu. Namun, waktu yang lebih tepat untuk menikmati keindahan alamnya yaitu ketika pagi dan sore hari.

  • Jam buka wisata : 24 jam
  • Bermain paralayang : 08.00 – 17.00 WIB

Alamat dan Rute menuju Lokasi

Destinasi wisata paralayang Kota Batu ini tepat terletak di Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Untuk bisa sampai ke lokasi hanya berjarak 10 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 15 menit saja.

Terdapat beberapa rute yang bisa dilalui oleh wisatawan, pertama bisa melalui rute dari alun-alun Kota Batu. Dari situ akan diarahkan menuju Desa Songgokerto langsung dan kemudian ke Songgoriti.

Sedangkan rute dari Pujon atau Kabupaten Malang bisa mengikuti arah untuk menuju ke Songgoriti. Sebelum sampai ke Songgoriti, wisatawan bisa piih arah ke Coban Rondo, karena lebih dekat.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gem di Malang Raya

Daya Tarik Paralayang Kota Batu

Tentunya setiap wisata mempunyai daya tarik tersendiri, unuk konsep yang disediakan di paralayang Kota Batu ini lebih mengandalkan yang memacu adrenalin. Selain itu, juga terdapat daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang tidak suka bermain paralayang.

Menikmati Alam dari Ketinggian

Salah satu daya tarik wisata paralayang ini karena bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Untuk bisa menikmati pun tidak perlu bermain paralayang dan mengeluarkan biaya besar, melainkan hanya duduk di sekitar area yang sudah disediakan bisa menikmati alam yang luar biasa.

Hal itu dikarenakan destinasi wisata ini memang berada di atas bukit, sehingga bisa menikmati keindahan alam maupun gemerlap lampu malam hari dari atas ketinggian.

Dilengkapi dengan udara dingin dan sejuk ketika di atas bukit membuat wisatawan semakin nyaman datang ke sini. Apalagi, di sekeliling area ini terdapat pepohonan hijau dan masih asri bisa dinikmati oleh wisatawan.

Selain iu, di sekitar area wisata ini juga disediakan makanan dan minuman yang bisa menemani waktu santai di sini bersama orang tersayang.

Outbound

Perlu diketahui jika paralayang Kota Batu berada di sekitar kawasan hutan pinus Gunung Banyak yang mana dimanfaatkan untuk menjadi tempat rekreasi, seperti outbound. Di tempat ini, wisatawan juga bisa menikmati permainan yang seru berupa flying fox.

Selain itu, di area tempat outbound ini juga disediakan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan berupa rafting, trekking, dan offroad.

Oleh karena itu, di paralayang Kota Batu ini sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai alam dan tantangan.

Berkunjung ke Omah Kayu

Wisatawan yang datang ke sini juga menikmati fasilitas yang disediakan yaitu Omah Kayu. Omah Kayu merupakan destinasi wisata yang mempunyai konsep desain tempat yang instagramable.

Di tempat ini, wisatawan bisa mengabadikan momen berupa gambar atau video dengan orang tersayang. Omah Kayu juga menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto.

Perlu diketahui, Omah Kayu ini merupakan sebuah rumah pohon yang dilengkapi dengan kasur dan balkon yang mana langsung mendapatkan view yang menakjubkan. Tempat ini juga bisa dijadikan penginapan, tentunya berpisah dengan spot foto.

Berfoto di Taman Langit

Tidak hanya Omah Kayu, di sini juga terdapat salah satu tempat yang bisa digunakan untuk mengabadikan foto bersama, yakni di Taman Langit. Taman Langit menawarkan konsep dengan bunga yang ditata rapi, sehingga menambah kesan menarik dan estetik.

Namun, terdapat salah satu spot foto yang menjadi favorit wisatawan di Taman Langit ini yaitu kasur yang terbuat dari rumput hijau dilengkapi dengan ranjangnya. Di sini wisatawan bisa bergantian untuk berfoto.

Fasilitas yang Disediakan

Sebagai salah satu cara untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke paralayang Kota Batu, tentuny disediakan beberapa fasilitas yang semua bisa menggunakannya.

Fasilitas yang disediakan berupa fasilitas utama, seperti tempat singgah, toilet, mushola, dan warung-warung untuk menyediakan berbagai makanan dan minuman. Meski fasilitas yang disediakan merupakan fasilitas utama, namun sudah cukup memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai Paralayang Kota Batu yang bisa menjadi salah satu wisata favorit bagi masyarakat sekitar. Paralayang Kota Batu merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam karena berada di sekitar area pegunungan.

BACA JUGA: Di 5 Destinasi Wisata Malang Ini, Kamu Bakal Merasa Seperti di Luar Negeri

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

8 Aplikasi Deteksi Gempa Bumi untuk HP Android

5 Tips untuk Membuat Video TikTok agar Jadi FYP