spot_img
spot_img
BerandaTravel7 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gem di Malang Raya

7 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gem di Malang Raya

From Author

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Malang Raya merupakan salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Perlu diketahui, Malang Raya terbagi menjadi tiga daerah, yaitu Kota Batu, Kota Malang, dan Kabupaten Malang. Daerah ini memang terkenal dengan wisata alam maupun buatan dan menjadi salah satu tujuan destinasi wisata bagi masyarakat.

Terdapat berbagai wisata di Malang Raya, seperti pantai, gunung, waduk, dan lain sebagainya. Wisata tersebut juga mempunyai daya tarik tersendiri, mulai wisata edukasi, hingga wisata alamnya.

Namun, mayoritas masyarakat hanya mengenal beberapa wisata itu saja, seperti Jawa Timur Park, Batu Night Spektakuler, Pantai Balekambang, dan lain sebagainya. Perlu diketahui, jika Malang Raya mempunyai destinasi wisata hidden gem yang wajib dikunjungi.

Wisata hidden gem merupakan destinasi wisata yang tersembunyi, tempat yang masih asri dan alami. Tempat wisata ini mempunyai daya tarik yang bikin candu dan membuat wisatawan ingin kembali lagi. Apalagi, cuaca yang cenderung dingin nan sejuk membuat wisatawan akan lebih nyaman.

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata hidden gem yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Malang.

1. Sumber Maron

Sumber Maron (Foto: https://www.instagram.com/rifai_xixixi/)

Pertama, Sumber Maron merupakan salah satu tempat wisata hidden gem di Malang Raya yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini berupa air terjun yang mempunyai daya tarik tersendiri dengan berbagai ragam aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika berlibur disini.

Air terjun yang berada di Sumber Maron ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 hingga 6 meter saja. Mempunyai tiga tingkat air terjun yang mana masing-masing mempunyai keindahan berbeda, sehingga tetap bisa dinikmati secara bersama-sama.

Daya tarik yang ada di tempat ini juga beranekaragam, seperti berenang, terapi ikan, snorkeling, dan lain sebagainya. Apalagi, disekitar air terjun ini terdapat berbagai macam ikan hias.

Selain itu, di sekitar Sumber Maron wisatawan juga bisa bermain flying fox dan river tubing. Di mana, dua aktivitas tersebut menjadi kegiatan paling seru ketika berkunjung ke Sumber Maron.

Tempat wisata hidden gem ini bisa menjadi salah satu tujuan yang bisa didatangi bersama keluarga. Apalagi, kolam air di sini terbilang masih sangat jernih dan asri.

  • Alamat : Dusun Adiluwih, Karangsuko, Pagelaran, Kabupaten Malang
  • Jam buka : 07.00 – 18.00
  • Tiket masuk : Rp 5.000 – Rp 7.000

BACA JUGA: Refreshing ke Pantai Teluk Asmoro, Raja Ampat-nya Malang yang Nggak Kalah Indah

2. Sumber Nyolo

Sumber Nyolo (Foto: https://www.instagram.com/pariwisatamalang/)

Sumber Nyolo menjadi salah satu hidden gem di Malang Raya dikarenakan mempunyai daya tarik yang luar biasa. Tempat ini berupa objek wisata air yang mempunyai sumber mata air dengan kesegaran yang alami.

Perlu diketahui, Sumber Nyolo merupakan tempat wisata pemandian yang menawarkan sumber mata air alami. Tempat ini mempunyai konsep mirip kolam renang, yang mana dibangun bendungan-bendungan disekitar sumber mata air.

Wisatawan yang berkunjung ke sini akan menikmati keindahan alamnya yang masih asri dan alami. Dilengkapi dengan tumbuhan hijau dan pepohonan yang tinggi menambah kesan sejuk ketika berkunjung ke Sumber Nyolo.

Sumber Nyolo juga terkenal dengan mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat, di mana seseorang yang mandi di tempat ini membuat awet muda.

  • Alamat : Dusun Mojosari Glugur, Ngenep, Karangploso, Kabupaten Malang
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis
  • Parkir : Rp 5.000 / motor dan Rp 10.000 / mobil

3. Teluk Bidadari

Teluk Bidadari (Foto: https://www.instagram.com/lingkarmalang/)

Di Malang Raya, terdapat wisata hidden gem berupa pantai yang sangat memukau pemandangannya. Kabupaten Malang memang terkenal dengan pantai di sepanjang jalan pantai selatan.

Salah satunya yaitu Pantai Bidadari yang mana mempunyai keindahan alam berupa dua cekungan. Cekungan tersebut berisi air laut yang sangat jernih.

Selain itu, di pantai ini menawarkan air dengan warna hijau kebiruan dilengkapi dengan tebing yang menjulang tinggi membuat pantai ini semakin cantik. Keindahan alam yang ada di pantai Teluk Bidadari memang sangatlah luar biasa.

Namun, untuk berkunjung ke tempat ini sebaiknya datang disaat air laut sedang surut, sehingga bisa menikmati keindahan alam dengan nyaman.

  • Alamat : Sumber Bening, Bantur, Kabupaten Malang
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp 10.000

4. Teluk Kletekan

Teluk Kletekan (Foto: https://www.instagram.com/yoiki_malang/)

Selanjutnya, tempat wisata hidden gem di Malang Raya yang wajib dikunjungi adalah Teluk Kletekan. Teluk Kletekan ini menawarkan pemandangan yang sangat eksotis dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para petualang.

Salah satu daya tarik di wisata ini adalah bisa bermain snorkeling dan diving. Apalagi, tempat wisata ini menyimpan keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa, sangat cocok bagi wisatawan yang suka berenang.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan fasilitas utama bagi wisatawan, yaitu warung, toilet, mushola, dan gazebo. Untuk alat snorkeling pun juga sudah disediakan di tempat ini. Oleh karena itu, Teluk Kletekan menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika liburan tiba.

  • Alamat : Dusun Lenggoksono, Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp 10.000

BACA JUGA: Di 5 Destinasi Wisata Malang Ini, Kamu Bakal Merasa Seperti di Luar Negeri

5. Coban Putri

Coban Putri (Foto: https://www.instagram.com/ahmed25.al.ali/)

Coban Putri merupakan tempat wisata yang menawarkan air terjun dengan keindahan alam yang masih sangat asri. Dilengkapi dengan bebatuan tebing yang tersusun membuat tempat ini menawarkan pemandangan yang lebih eksotis.

Terdapat dua aliran air terjun di Coban Putri yang terletak berdampingan dengan ukuran sekitar 20 dan 15 meter. Bagi pengunjung yang suka berfoto, sangat cocok untuk berkunjung ke sini untuk mengabadikan momen bersama orang tersayang.

Dikelilingi dengan pohon-pohon yang rindang membuat tempat wisata ini semakin menambah kesan memukau bagi pengunjung yang datang. Selain berfoto, pengunjung juga bisa berenang dan bersantai untuk sekedar melepas penat akibat banyaknya pekerjaan. Selain itu, di Coban Putri juga bisa melakukan jeep adventure, outbond, dan camping.

  • Alamat : Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu
  • Jam buka : 09.00 – 17.00
  • Tiket masuk : Rp 10.000

6. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies (Foto:Dedy Prastya)

Selanjutnya, tempat wisata hidden gem yang wajib dikunjungi yaitu Bukit Teletubbies. Bukit Teletubbies ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat sekitar Kota Batu. Didukung dengan cuaca yang cukup dingin di sini membuat wisatawan semakin nyaman ketika berkunjung ke Bukit Teletubbies.

Bukit ini disebut sebagai teletubbies karena mempunyai hamparan rumput hijau yang bergelombang layaknya di film kartun Teletubbies. Pengunjung yang datang kesini bisa menikmati suasana alam yang dingin di tengah Kota Batu.

Apalagi, Bukit Teletubbies ini terletak di dekat Gunung Arjuna yang bisa melihat keindahan gunung tersebut dari ketinggian.

  • Alamat : Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
  • Tiket masuk : Gratis
  • Jam buka : 24 jam

7. Coban Supit Urang

Coban Supit Urang (Foto: https://www.instagram.com/achmad_hardiansyah80/)

Terakhir, ada Coban Supit Urang yang menjadi salah satu tempat wisata hidden gem di Malang Raya. Tempat ini menawarkan air terjun yang bisa dinikmati oleh para pengunjung dengan keindahan alam yang masih asri.

Di tempat ini, pengunjung akan merasakan tantangan seerti mendaki yang mana untuk bisa sampai ke sini diharuskan untuk mendaki tebing. Terdiri dari 3 air terjun dengan ketinggian yang masing-masing berbeda.

Suasana sejuk di tempat wisata ini wajib dikunjungi karena suasana yang sangat sejuk dan eksotis. Terdapat pula beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini, yaitu camping, trekking, dan lain sebagainya.

  • Alamat : Sidomulyo, Madiredo, Pujon, Kabupaten Malang
  • Jam buka : 07.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 5.000

Penutup

Demikianlah rekomendasi tempat wisata hidden gem di Malang Raya yang wajib dikunjungi dan pastinya nggak bikin bosen. Tempat wisata hidden gem tersebut akan memberikan kesenangan bagi pengunjung untuk sekedar berlibur maupun melepas rasa penat.

BACA JUGA: Sabana Lincing, Spot Terbaik di Malang untuk Menikmati Suasana Sunrise

Latest Article

Windows crash: Masalah software CrowdStrike jadi sebabnya

Pagi ini, Jumat (19/07), banyak komputer di perusahaan penerbangan, bank, stasiun TV, supermarket, dan kantor-kantor lain tiba-tiba mogok. Masalah...

More Articles Like This