Batu Secret Zoo, Berwisata sambil Mengenal Satwa

Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Batu bersama keluarga besar, tidak seru jika melewatkan satu destinasi wisata ini. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk mengenalkan anak-anak dengan satwa sambil berwisata.

Wisata tersebut yaitu Batu Secret Zoo yang sudah terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur, khususnya Malang Raya. Tempat ini memang sekilas nampak seperti kebun binatang pada umumnya. Akan tetapi, wisatawan akan menemukan konsep baru dengan memanfaatkan era teknologi ini.

Menawarkan desain cantik dengan gaya modern yang dilengkapi menggunakan teknologi canggih, serta lingkungan bersih dan nyaman. Tidak dapat dipungkiri bahwa, wisata ini menjadi salah satu terbaik di Kota Batu.

Mengenal Batu Secret Zoo

Sebenarnya, Batu Secret Zoo ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Jawa Timur Park. Lebih tepatnya masih menjadi bagian dari Jawa Timur Park 2. Destinasi wisata ini mempunyai lahan dengan luas kurang lebih 17 hektar dan menjadi salah satu kebun binatang modern terbaik di Jawa Timur.

Batu Secret Zoo mempunyai koleksi satwa kurang lebih 300 spesies dari berbagai belahan dunia. Bahkan, salah satunya terdapat Kera terkecil di dunia dengan panjang hanya mencapai 15cm “pygmy marmoset”.

Dengan desain kebun binatang modern, membuat wisatawan akan menikmati keseruan berwisata sambil bermain satwa. Tentunya, anak-anak akan semakin senang dengan konsep yang ditawarkan oleh Batu Secret Zoo.

Wisatawan yang datang ke sini, akan diajak untuk berkeliling dan bertemu dengan satwa dari berbagai belahan benua di dunia. Bahkan, Anda bisa menemui satwa yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Harga Tiket Masuk

Sama halnya dengan wisata lainnya, Batu Secret Zoo juga mengharuskan wisatawan untuk mengeluarkan biaya agar bisa menikmati tempat ini. Anda hanya perlu membayar 1 tiket untuk 2 tempat sekaligus, termasuk Museum Satwa.

  • Tiket Batu Secret Zoo + Museum Satwa : Rp 110.000 (weekdays) dan Rp 120.000 (weekend)
  • Batu Secret Zoom + Museum Satwa + Eco Green JTP 2 : Rp 130.000 (weekdays) dan Rp 150.000 (weekend).

Jam Operasional dan Alamat

Batu Secret Zoo dibuka setiap hari mulai Senin – Minggu jam 09.30 – 17.30 WIB dan loket pendaftaran terakhir ditutup sekitar pukul 16.30 WIB. Sedangkan, Museum Satwa untuk jam operasionalnya juga mengikuti Batu Secret Zoo.

Untuk alamat wisata Batu Secret Zoo ini tepat terletak di Jl. Raya Oro-oro Ombo Nomor 9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Wahana Batu Secret Zoo

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, akan disuguhkan berbagai wahana seru dan asyik untuk dinikmati bersama. Apalagi, bagi anak-anak yang ingin mengenal satwa tidak akan kebingungan karena sudah ditempatkan berdasarkan jenis dan asalnya. Dengan mengelilingi wahana di sini, pasti akan menambah pengetahuan tentang berbagai jenis satwa.

1. Hiburan dan Permainan

Hiburan dan Permainan (Foto: thika646)

Pertama, wisatawan terutama anak-anak bisa mencoba menikmati wahana permainan roller coaster. Di tempat ini juga menyediakan permainan berupa playground outdoor, waterpark, hingga berfoto bersama di tangan gorila raksasa.

Wahana ini cocok sekali untuk mengabadikan momen dengan mengambil gambar atau video unik bersama keluarga. Bahkan,  jika Anda menyukai tantangan bisa mencoba wahana permainan Tornado atau horror house. Selain itu, sekitar area ini menyediakan tempat berupa kafe untuk digunakan istirahat para wisatawan.

2. Baby Zoo

Baby Zoo (Foto: jatimparkdua)

Wahana yang satu ini, cocok sekali untuk mengenalkan berbagai jenis satwa yang lucu kepada sang buah hati Anda. Dengan adanya tempat ini, bisa digunakan untuk memberikan edukasi secara langsung kepada anak-anak mengenai jenis-jenis satwa.

Sesuai dengan namanya, Baby Zoo lebih mengenalkan satwa kecil dengan tujuan agar anak yang takut dengan hewan bisa datang ke tempat ini. Dengan begitu, buah hati Anda tidak merasa takut dengan hewan dan mau untuk belajar satwa.

3. Zona Aquarium

Zona Aquarium (Foto: ledynova.santoso)

Selanjutnya, Anda bisa mencoba wahana Zona Aquarium karena menjadi salah satu tempat paling seru di Batu Secret Zoo. Pasalnya, Anda akan diajak berkeliling tempat ini dengan menggunakan kereta dan membawa wortel. Dengan begitu, Anda bisa memberi makanan satwa selama perjalanan di kereta.

Namun, perlu diketahui bahwa wahana ini hanya untuk digunakan melihat berbagai jenis spesies air unik dan lucu di dalam sebuah akuarium raksasa. Jadi, konsepnya Anda akan berkeliling di dalam aquarium raksasa ini untuk lebih mengenal berbagai jenis spesies satwa air.

BACA JUGA: Bersafari di Kebun Binatang Surabaya yang Terbesar di Asia Tenggara

4. Reptile Garden

Reptile Garden (Foto: iamluckyw)

Sesuai dengan namanya, yakni Reptil Garden berarti Anda akan melihat berbagai jenis satwa reptil. Di wahana ini, mempunyai satwa reptil dengan jumlah kurang lebih 71 spesies. Sangat banyak, bukan?

Tentunya, Anda bisa melihat satwa yang belum pernah ditemui sebelumnya. Mulai dari buaya, ular, kura-kura, dan lain sebagainya bisa Anda lihat di dalam wahana ini. Tidak perlu takut, karena di tempat ini ada pihak pengelola sebagai penjaga setiap wahana.

5. Area Savanah

Area Savanah (Foto: gua_banget)

Selanjutnya, ada area Savanah yang dikenal sebagai Kampung Afrika. Mengapa demikian? Yap, Anda bisa melihat rumah Afrika yang mempunyai atap jerami, bangunan dari kayu utuh dengan tatanan sangat rapi, hingga berbagai jenis souvenir khas dari Afrika.

Selain itu, untuk lebih terasa seperti di Afrika, wahana ini juga menyediakan berbagai satwa asli dari Afrika mulai dari zebra, giant sable antelope, dan lain sebagainya. Satwa-satwa tersebut bisa Anda lihat di dalam area Savanah.

Konsep yang ditawarkan oleh area Savanah adalah dengan membuat tempat ini mirip dengan habitat aslinya. Dengan begitu, wahana ini dibuat berupa lorong yang menawarkan sensasi seperti berada di benua lain.

6. Hipo and Croc Garden

Hipo and Croc Garden (Foto: hippo.lover.world)

Di wahana yang satu ini, Anda bisa melihat berbagai jenis satwa dengan ukuran yang sangat besar, seperti kuda nil. Akan tetapi, tidak semua anak mau untuk melihat satwa dengan ukuran jumbo karena takut. Meski begitu, Anda bisa mengajak sang buah hati untuk melihat satwa di tempat yang lain, seperti Baby Zoo.

7. Safari Farm

Safari Farm (Foto: mio16_)

Ketika berkunjung ke wahana ini, Anda bisa melihat berbagai jenis hewan reptil atau amfibi, hingga hewan ternak. Safari Farm menawarkan konsep berupa berkeliling menggunakan kereta sambil memberi makan satwa yang ditemui. 

Konsep ini sama dengan wahana di Zona Aquarium, tetapi bedanya di Safari Farm berada di daratan. Kemudian, di tempat ini juga terdapat berbagai jenis satwa, mulai dari sapi, unta, hingga kuda poni.

8. Tiger Land

Tiger Land (Foto: atqa.alfatih)

Jika Anda menyukai tantangan, tempat ini sangat cocok dan wajib dikunjungi. Tempat apa itu? Yap, Tiger Land. Anda bisa melihat harimau besar yang imut dan lucu. Bahkan, di tempat ini wisatawan bisa melakukan mancing harimau. Namun, teruntuk bagi Anda yang menyukai tantangan saja, ya.

Perlu diketahui, hal yang menarik di wahana satu ini adalah harimaunya dibuatkan habitat berupa alam bebas. Dengan begitu, tidak akan menyiksa si harimau meskipun menjadi bahan tontonan wisatawan.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Wisata ke Kebun Binatang Ragunan

9. Pygmy Marmoset

Pygmy Marmoset (Foto: keeperkara)

Selanjutnya, ada wahana berupa Pygmy Marmoset berupa zona monyet terkecil di dunia. Satwa ini berasal dari Amerika Selatan yang mempunyai habitat di Hutan Amazon. Wah, keren sekali bukan? Di Jawa Timur ada satwa berasal dari Hutan Amazon.

Monyet ini mempunyai ukuran yang cukup kecil, sehingga sangat lucu dan unik bagi siapapun yang melihatnya. Apalagi, gerakan lincah sang monyet membuat wisatawan turut mengabadikan momen bersama primata ini.

10. Birds Feeding

Birds Feeding (Foto: dr.ruritriastuti)

Bagi Anda yang menyukai satwa burung, cocok sekali untuk mengunjungi wahan ini. Namanya, Birds Feeding yang menyuguhkan berbagai jenis burung yang sangat cantik dengan aneka warnanya.

Wisatawan bisa memberi makanan kepada burung-burung di sini agar semakin dekat kalian, ya. Pokonya, dijamin seru abis deh kalau berkunjung ke wahana ini. Apalagi, mendengarkan suara-suara burung yang nyaring dan bisa meniru suara apa aja di sekitarnya.

Fasilitas Batu Secret Zoo

Di tempat ini, bicara mengenai fasilitas tidak perlu diragukan lagi. Batu Secret Zoo menawarkan fasilitas terbaik bagi wisatawan agar tetap nyaman berkunjung ke sini. Bahkan, ada satu fasilitas yang jarang ditemui di tempat wisata lainnya, yakni jalur penyandang disabilitas.

Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Batu Secret Zoo:

  • Lahan parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Pusat informasi
  • Peta navigasi wahana
  • Foodcourt
  • Pusat oleh-oleh
  • Dll

Penutup

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berlibur bersama keluarga di Batu Secret Zoo? Membaca informasi di atas saja, Anda sudah bisa membayangkan betapa asyik dan serunya berkunjung ke sini. Apalagi, bersama sang buah hati untuk bisa belajar tentang berbagai jenis satwa dari berbagai belahan di dunia.

BACA JUGA: 5 Kebun Binatang Keren yang Jadi Berita di Indonesia

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Wonosobo Jawa Tengah

10 Tempat Wisata di Kabupaten Tangerang yang Sayang Kalau Dilewatkan