Panduan Lengkap Wisata ke Kebun Binatang Ragunan

Apakah kamu mencari tempat wisata yang menyenangkan dan edukatif di Jakarta? Jika iya, maka Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Kebun Binatang Ragunan adalah tempat wisata yang populer dan menjadi destinasi favorit bagi keluarga dan anak-anak untuk menghabiskan waktu bersama.

Kebun Binatang Ragunan terletak di Jalan Harsono No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan merupakan salah satu kebun binatang terbesar di Asia. Di dalam kebun binatang ini, kamu bisa melihat lebih dari 3.600 satwa dari 450 spesies berbeda. Mulai dari satwa langka seperti orangutan, harimau, dan gajah, hingga satwa endemik Indonesia seperti komodo dan anoa, semuanya ada di sini.

Tidak hanya sebagai tempat hiburan, Kebun Binatang Ragunan juga memiliki fungsi penting sebagai pusat konservasi satwa langka dan edukasi lingkungan. Di sana, kamu bisa belajar tentang konservasi satwa dan habitat alaminya, serta mendapatkan pengalaman unik melalui program interaksi langsung dengan beberapa satwa seperti kucing besar, buaya, dan burung. Tak heran jika kebun binatang ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi pengunjung dari berbagai kalangan.

Saat ingin berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal dulu sebelum berangkat. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Lokasi dan Waktu Buka

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, kamu perlu mengetahui lokasi dan waktu buka kebun binatang ini. Kebun Binatang Ragunan terletak di Jalan Harsono No. 1, Ragunan, Jakarta Selatan. Lokasinya mudah dijangkau dan terletak di pusat kota Jakarta.

Jam buka Kebun Binatang Ragunan adalah setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga 16.00 sore. Selain itu, di beberapa hari tertentu, Kebun Binatang Ragunan juga buka pada malam hari. Kamu bisa menikmati pengalaman unik berkeliling Kebun Binatang Ragunan di malam hari dan melihat keindahan hewan-hewan yang hanya bisa dilihat pada malam hari.

Untuk menjangkau Kebun Binatang Ragunan, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus atau angkutan kota. Namun, jika kamu ingin lebih nyaman dan praktis, kamu bisa menggunakan layanan transportasi online seperti Gojek atau Grab.

Dengan mengetahui lokasi dan waktu buka Kebun Binatang Ragunan, kamu dapat merencanakan perjalananmu dengan lebih baik dan memaksimalkan pengalamanmu ketika berkunjung ke sana.

Transportasi

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, transportasi menjadi salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan. Ada beberapa opsi transportasi yang dapat kamu pilih, tergantung dari lokasi dan preferensimu.

  1. Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa mengemudikannya ke Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang Ragunan menyediakan lahan parkir yang cukup luas, jadi kamu tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat parkir.
  2. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke Kebun Binatang Ragunan, seperti bus atau angkutan kota. Jalur-jalur bus dan angkutan kota yang bisa kamu gunakan antara lain:
    • Transjakarta: Kamu bisa naik Transjakarta Koridor 6 dan turun di Halte Ragunan. Dari halte, kamu bisa berjalan kaki ke Kebun Binatang Ragunan selama sekitar 15 menit.
    • Angkutan kota: Kamu bisa naik angkutan kota jurusan Ragunan dari berbagai titik di Jakarta, seperti Blok M, Kampung Melayu, dan Pasar Minggu.
  1. Jika kamu ingin lebih praktis dan nyaman, kamu bisa menggunakan layanan transportasi online seperti Gojek atau Grab. Kamu bisa memesan layanan transportasi ini dari aplikasi di smartphonemu, dan akan diantar langsung ke pintu masuk Kebun Binatang Ragunan.

Setelah kamu tiba di Kebun Binatang Ragunan, kamu bisa menggunakan layanan kereta mini atau sepeda ontel untuk berkeliling di dalam kebun binatang. Harga sewa kereta mini dan sepeda ontel di Kebun Binatang Ragunan cukup terjangkau, jadi kamu bisa merasakan pengalaman berkeliling di dalam kebun binatang dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Peta Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Peta Kebun Binatang Ragunan sangat berguna untuk memudahkanmu dalam menjelajahi seluruh area kebun binatang. Dengan luas area sekitar 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan memiliki banyak sekali spot menarik dan hewan-hewan yang menakjubkan yang bisa kamu kunjungi.

Di dalam peta Kebun Binatang Ragunan, kamu akan menemukan berbagai informasi penting seperti lokasi hewan-hewan, fasilitas umum seperti toilet, ATM, dan tempat makan. Peta tersebut juga menunjukkan jalur yang harus kamu lalui untuk mencapai berbagai tempat di dalam kebun binatang.

Kamu juga akan menemukan zona-zona yang dikelompokkan berdasarkan jenis hewan, seperti zona mamalia, reptil, burung, dan lain-lain. Di setiap zona, kamu bisa menemukan informasi tentang spesies hewan yang dijelaskan secara detail sehingga kamu bisa mempelajari karakteristik dan habitat dari setiap hewan.

Peta Kebun Binatang Ragunan juga menunjukkan lokasi kios makanan dan minuman yang tersebar di dalam kebun binatang, sehingga kamu bisa istirahat sejenak sambil menikmati makanan dan minuman yang disediakan.

Pastikan kamu memahami peta tersebut sebelum memulai perjalananmu di dalam kebun binatang agar tidak tersesat dan memaksimalkan pengalamanmu di Kebun Binatang Ragunan. Jangan lupa untuk membawa peta tersebut selama perjalananmu di dalam kebun binatang.

Waktu Terbaik Berkunjung

Kebun Binatang Ragunan buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 4 sore. Namun, untuk menikmati pengalaman yang maksimal di kebun binatang ini, ada waktu-waktu tertentu yang disarankan untuk berkunjung.

  • Sebaiknya kamu berkunjung di pagi hari sekitar jam 7-9 pagi. Pada saat itu, cuaca masih segar dan belum terlalu panas, sehingga kamu bisa menjelajahi kebun binatang dengan lebih nyaman. Selain itu, pada pagi hari biasanya hewan-hewan akan lebih aktif, sehingga kamu bisa melihat mereka dalam kondisi yang lebih aktif.
  • Hindari berkunjung di siang hari saat cuaca sedang terik. Selain terasa panas dan melelahkan, kebanyakan hewan juga akan berada di tempat yang teduh atau tertutup, sehingga kamu mungkin tidak bisa melihat mereka dengan jelas.
  • Kamu juga bisa berkunjung di sore hari sekitar jam 2-4 sore. Pada saat itu, cuaca biasanya sudah tidak terlalu panas, sehingga kamu bisa menikmati kebun binatang dengan lebih nyaman. Selain itu, pada sore hari kamu juga bisa menyaksikan atraksi penangkaran dan pemberian makanan untuk hewan-hewan tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa waktu terbaik untuk berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan juga tergantung pada preferensi pribadi dan jadwal kamu. Pastikan kamu memperhatikan kondisi cuaca dan waktu buka kebun binatang sebelum melakukan perjalanan agar kamu bisa menikmati pengalaman yang maksimal di Kebun Binatang Ragunan.

Harga & Tiket Masuk

Untuk masuk ke Kebun Binatang Ragunan, kamu perlu membayar tiket masuk. Harga tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan tergolong terjangkau dan cukup terjangkau untuk kebanyakan pengunjung.

Tiket Pengunjung

  • Tiket Masuk Dewasa Rp4.000
  • Tiket Masuk Anak Rp3.000

Tiket Kendaraan

  • Motor Rp3.000
  • Mobil Rp6.000
  • Sepeda Rp1.000
  • Bus Sedang Rp12.500
  • Bus Besar Rp15.000

Tiket Masuk Pusat Primata Schmutzer

  • Tiket Masuk Dewasa & Anak Weekday Rp6.000
  • Tiket Masuk Dewasa & Anak Weekend Rp7.500
  • Tiket Masuk Children Zoo Anak/Dewasa Rp2.500
  • Train Zoo, Single Bike Rp10.000
  • Double Bike, Swan Boat Rp15.000
  • Raft Tour Rp6.000

Selain tiket masuk, ada juga beberapa fasilitas yang memerlukan biaya tambahan, seperti rental sepeda dan kereta mini. Namun, harga untuk fasilitas tambahan tersebut juga tergolong terjangkau dan bisa diakses oleh kebanyakan pengunjung.

Pastikan untuk membeli tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan di loket tiket resmi agar kamu tidak ditipu oleh calo tiket yang tidak resmi. Selain itu, sebaiknya kamu membawa uang tunai yang cukup karena tidak semua tempat di dalam kebun binatang menerima pembayaran dengan kartu.

BACA JUGA: Cara Pesan Tiket Online ke Taman Margasatwa Ragunan Lengkap dengan Daftar Harga

Jenis Binatang yang ada di Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan memiliki lebih dari 3.600 satwa dari 450 spesies berbeda yang berasal dari seluruh dunia. Beberapa binatang yang ada di Kebun Binatang Ragunan antara lain adalah:

  1. Gajah Sumatera
  2. Harimau Sumatera
  3. Orangutan
  4. Badak Jawa
  5. Komodo
  6. Anoa
  7. Kucing besar seperti singa, macan tutul, dan harimau
  8. Primata seperti monyet dan kera
  9. Burung-burung eksotik seperti burung merak, burung hantu, dan elang
  10. Reptil seperti ular, kadal, dan buaya

Selain itu, terdapat juga beberapa satwa yang langka dan dilindungi seperti beruang madu, beruang kutub, dan panda merah. Semua binatang di Kebun Binatang Ragunan dirawat dengan baik dan memiliki tempat tinggal yang nyaman serta sesuai dengan kebutuhan habitat aslinya. Kamu bisa melihat binatang-binatang tersebut dalam keadaan yang relatif bebas di area yang disediakan oleh kebun binatang.

Hal-Hal yang harus diperhatikan

Saat berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kamu bisa menikmati pengalaman yang aman dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  1. Pastikan kamu dalam keadaan sehat dan bawa perlengkapan kesehatan seperti masker dan hand sanitizer. Selain itu, hindari mengunjungi kebun binatang saat kamu dalam kondisi sakit atau mengalami gejala flu atau demam.
  2. Pilihlah pakaian yang nyaman dan cocok untuk cuaca. Sebaiknya hindari memakai pakaian terlalu terbuka atau ketat karena kamu akan berjalan cukup jauh di dalam kebun binatang.
  3. Pastikan kamu mengetahui lokasi fasilitas seperti toilet dan tempat makan yang ada di dalam kebun binatang. Jangan lupa membawa air minum dan makanan ringan untuk menghindari dehidrasi dan kelaparan.
  4. Hormati hewan-hewan di kebun binatang dan jangan ganggu atau memberi makan mereka dengan makanan yang tidak seharusnya. Ikuti aturan yang telah ditetapkan oleh kebun binatang untuk menjaga keselamatanmu dan hewan di sekitarmu.
  5. Hindari membawa barang berharga dan uang yang terlalu banyak ke dalam kebun binatang. Pastikan kamu memperhatikan barang-barangmu dan selalu waspada terhadap orang-orang yang mencurigakan.
  6. Jaga kebersihan kebun binatang dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan menjaga kebersihan kebun binatang, kamu juga turut menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan sekitarmu.

Kesimpulan

Kebun Binatang Ragunan adalah tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Di sana, kamu bisa melihat berbagai jenis binatang dan belajar lebih banyak tentang kehidupan satwa di alam liar. Selain itu, kebun binatang ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti restoran, kios makanan, serta area bermain anak-anak.

Agar kunjunganmu ke Kebun Binatang Ragunan berjalan lancar, pastikan untuk memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan seperti waktu terbaik untuk berkunjung, membawa air minum, dan memperhatikan keselamatan ketika berinteraksi dengan binatang. Jangan lupa untuk membeli tiket masuk resmi di loket tiket untuk menghindari penipuan dan pastikan kamu membawa uang tunai yang cukup karena tidak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu.

BACA JUGA: Cara ke Kebun Binatang Ragunan dari Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Cara Hapus Akun Akulaku Plus Data Pribadi

Cara Menjadi Shutterstock Contributor Tahun 2023