spot_img
- Advertisment -spot_img
BerandaTravel8 Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Madiun

8 Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Madiun

From Author

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Tahukah kamu, jika Indonesia mempunyai salah satu daerah dengan sebutan Kota Gadis? Yap, daerah tersebut berada di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Madiun. Kota Gadis ini merupakan singkatan dari perdagangan, pendidikan, dan perindustrian di Madiun yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia, salah satunya yaitu menjadi pusat industri kereta api (INKA). Selain itu, daerah ini juga dikenal sebagai Kota Pecel yang memang terkenal dengan makanan khasnya berupa Pecel Madiun.

Namun, Madiun masih menjadi salah satu daerah yang mempunyai berbagai destinasi wisata keren dan wajib dikunjungi. Tentunya, destinasi tersebut menawarkan keindahan alam maupun buatan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berbagai spot foto menarik bisa Anda temukan di Madiun.

Bagi Anda yang berkunjung ke Madiun, sangat cocok sekali untuk berlibur santai karena memang mempunyai suasana yang cukup tenang. Apalagi, konsep yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga wisata religi.

Masih ragu dan belum percaya? Berikut ini terdapat 8 rekomendasi destinasi wisata keren di Madiun yang wajib Anda kunjungi ketika libur tiba.

1. Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo (Foto: @jonandha.ap)

Pertama, ada destinasi wisata Hutan Pinus Nongko Ijo yang menawarkan keindahan alam dari dalam hutan. Hutan ini masih terjaga keasriannya, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan untuk berlibur. Sembari bersantai untuk menikmati akhir pekan,Anda juga bisa mengabadikan momen bersama keluarga.

Lokasi yang berada di atas lembah membuat tempat ini mempunyai suasana yang sangat sejuk. Cocok untuk mendinginkan pikiran setelah bekerja selama satu minggu penuh. Berbagai spot menarik bisa Anda kunjungi untuk merasakan udara segar dengan berkeliling di hutan ini.

Bahkan, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Hutan Pinus Nongko Ijo lebih lama lagi bisa juga melakukan camping di sini. Hal ini dikarenakan telah disediakan area untuk camping ground. Selain itu, tempat ini juga menyediakan wahana bermain anak yang sangat menarik bagi buah hati Anda.

  • Alamat : Mbonromo, Desa Kare, Kabupaten Madiun
  • Tiket masuk : Rp 5.000 / orang
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

2. Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus (Foto: @budy_blonkgot)

Bagi Anda yang suka memancing dan menikmati ikan hasil tangkapan langsung dari air tawar, wisata satu ini bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Waduk Kedungbrubus yang menjadi destinasi wisata di Madiun dengan menawarkan pesona bendungan sangat cantik. 

Anda bisa datang ke tempat ini saat pagi maupun sore hari agar bisa menikmati indahnya sunset maupun sunrise. Sebenarnya, Waduk Kedungbrubus ini merupakan salah satu waduk irigasi di Madiun yang juga dijadikan tempat wisata karena dilengkapi beberapa fasilitas, mulai dari warung makan, tempat parkir, dan toilet umum. Fasilitas tersebut bertujuan agar masyarakat yang datang ke sini bisa bersantai sambil menikmati pemandangan waduk ini.

Selain itu, wisatawan yang datang juga bisa menikmati berbagai sajian wisata sejarah berupa fosil-fosil purbakala. Hal ini dikarenakan, konon katanya waduk ini dahulunya merupakan sungai purba yang cukup dekat dengan Museum Trinil di Ngawi.

  • Alamat : Kedungbrubus, Desa Bulu, Pilangkenceng, Madiun
  • Tiket masuk : Gratis
  • Jam buka : 24 jam

3. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru (Foto: @bagas_bimbim)

Madiun juga mempunyai air terjun yang menjadi salah satu wisata pilihan untuk berlibur akhir pekan. Wisata tersebut yakni Air Terjun Seweru yang menawarkan pemandangan alam luar biasa dengan air yang masih alami terasa sangat menyegarkan ketika berada di sekitar lokasi. 

Destinasi wisata satu ini mempunyai keunikan dalam hal nama karena mempunyai sebutan nama yang lebih dari satu, yakni Air Terjun Seweru, Air Terjun Serondo, dan Air Terjun Kedung Malam. Dari keunikan inilah, wisata ini menjadi terkenal dan populer di kalangan masyarakat sekitar.

Perlu diketahui, bahwa Air Terjun Seweru tepat berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian air sekitar 400 mdpl. Dengan begitu, suasana di lokasi ini terasa semakin sejuk dan menyegarkan. Apalagi, air yang mengalir ini berasal langsung dari kaki Gunung Wilis, sehingga sangat segar saat berenang di lokasi.

  • Alamat : Branjang, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun
  • Tiket masuk : Rp 2.000 / orang
  • Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB

4. Situs Nglambangan

Situs Nglambangan (Foto: sampeyanndalem)

Setiap daerah tentu mempunyai peninggalan situs sejarah yang patut dikenang hingga dijadikan sebagai destinasi wisata. Hal ini juga dilakukan oleh Kabupaten Madiun untuk memanfaatkan peninggalan sejarah dengan menjadikan wisata agar selalu dikenang dan banyak dikenal masyarakat luas. Salah satunya yakni Situs Punden Lambang Kuning Desa Nglambangan yang lebih dikenal dengan Situs Nglambangan.

Situs tersebut merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit berupa benda-benda bersejarah. Jika Anda berkunjung ke sini, akan menemukan benda bersejarah seperti watu dakon, punden lambing kunung, lumbung selayur, hingga bangunan Pura Lembangsari.

Meskipun telah menjadi tempat wisata, wisatawan masih bisa untuk belajar mengenai sejarah Madiun melalui situs ini. Dengan begitu, Anda tetap bisa belajar sambil berwisata bersama keluarga. Tak jarang, tempat ini juga digunakan untuk ritual bagi beberapa masyarakat sekitar.

  • Alamat : Desa Nglambangan, Wungu, Kabupaten Madiun
  • Tiket masuk : Gratis
  • Jam buka : 24 jam

5. Monumen Kresek

Monumen Kresek (Foto: primahendraa)

Tempat bersejarah selanjutnya yang dijadikan destinasi wisata di Madiun adalah Monumen Kresek. Monumen ini menjadi salah satu bangunan untuk mengenang peristiwa pemberontak PKI zaman dahulu. Akibat peristiwa tersebut, banyak tentara maupun masyarakat yang meninggal akibat dibantai oleh PKI.

Dilengkapi dengan pepohonan hijau yang rindang menjadi lebih sejuk ketika berkunjung ke sini untuk bisa menyaksikan kekejaman PKI di Madiun. Wisata ini cocok sekali bagi buah hati Anda untuk belajar mengenang sejarah.

Selain itu, tentu wisatawan bisa menikmati rekreasi bersama keluarga dengan mengabadikan momen maupun camping. Oleh karena itu, sayang sekali jika Anda melewatkan wisata ini karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah di Madiun.

  • Alamat : Jl. Raya Monumen Kresek, Kresek, Wungu, Kabupaten Madiun
  • Tiket masuk : Rp 2.000 / orang
  • Jam buka : 05.00 – 17.00 WIB

BACA JUGA: Sentot Prawirodirdjo, Pejuang Kemerdekaan Asal Madiun yang Terlupakan

6. Brumbun Tubing Adventure

Brumbun Tubing Adventure (Foto: puputarini11)

Apakah Anda menyukai wisata berbau adventure? Jika iya, wisata yang satu ini cocok sekali bagi Anda dan wajib dicoba ketika datang ke Madiun. Destinasi wisata ini berupa Brumbun Tubing Adventure yang sangat populer bagi kalangan muda.

Brumbun Tubing Adventure merupakan wisata arung jeram dengan memanfaatkan derasnya arus sungai yang langsung mengalir dari lereng Gunung Wilis. Wisata ini menawarkan petualang yang sangat seru bagi wisatawan, mulai dari susur sungai, kelen tubing, hingga air terjun.

Wisatawan yang datang ke sini akan ditantang untuk memacu adrenalin dengan melakukan susur sungai. Wahana susur sungai ini mempunyai arus yang deras dan dipenuhi bebatuan cukup besar membuat wisatawan semakin tertantang dengan keseruan tersebut.

  • Alamat : Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun
  • Tiket masuk : Rp 15.000 / orang
  • Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB

7. Gunung Wilis

Gunung Wilis (Foto: @inggridvanessaa)

Selanjutnya, jika Anda merupakan seorang pendaki, baik sudah profesional maupun masih pemula sangat disayangkan jika melewatkan wisata satu ini. Wisata ini yakni Gunung Wilis yang mempunyai jalur pendakian dari Kediri, Nganjuk, Ponorogo, dan Madiun. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pendakian via Desa Kare, Madiun.

Gunung Wilis berada di ketinggian sekitar 2.563 mdpl yang juga mempunyai berbagai destinasi wisata di sekitar lokasi, seperti air terjun dan lainnya. Kemudian, bagi Anda yang mau mendaki ke Gunung Wilis bisa langsung mendatangi basecamp Kare eco adventure.

  • Alamat : Desa Kare, Madiun
  • Biaya retribusi pendakian : Rp 10.000 / orang
  • Jam buka : 08.00 – 21.00 WIB (menuju ke basecamp)

8. Wisata Pahlawan Street Center

Wisata Pahlawan Street Center (Foto: @fjreylnt)

Terakhir, ada Pahlawan Street Center yang dikenal sebagai wisata religi di Kota Madiun. Wisata ini telah diresmikan pada tahun 2019 yang langsung viral di berbagai media sosial karena menyediakan berbagai replika atau ikon dunia yang bisa dijadikan spot foto yang estetik.

Pahlawan Street Center (PSC) ini dibangun menyerupai konsep pedestrian seperti kawasan di Malioboro Yogyakarta. Akan tetapi, wisata ini mempunyai berbagai spot foto yang jauh lebih banyak dibanding Malioboro. Area foto tersebut antara lain di sekitar lokasi Miniatur Ka’bah, Menara Eiffel, Patung Singa Merlion, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, jika Anda mengunjungi wisata Pahlawan Street Center ini akan merasa seperti berkeliling dunia karena bisa berfoto dengan berbagai ikon terbaik dunia. Selain itu, jangan lewatkan untuk menikmati kuliner khas Madiun di sekitar area wisata.

  • Alamat : Jl. Pahlawan Nomor 31, Kartoharjo, Kota Madiun
  • Tiket masuk : Gratis
  • Jam buka : 24 jam

Penutup

Bagaimana, apakah Anda masih penasaran dengan destinasi wisata di Madiun? Madiun mempunyai banyak destinasi wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dan buatan dengan harga yang cenderung sangat murah. Apalagi, wisata di Madiun banyak yang tidak berbayar alias gratis. Tunggu apalagi? Segera berkunjung ke Madiun dan nikmati berbagai destinasi wisata dan kuliner khasnya, yakni Pecel Madiun.

BACA JUGA: Jati Jajar, Kampung Kumuh di Madiun yang Disulap Jadi Spot Selfie Penuh Warna

- Advertisement -

Latest Article

10 Rekomendasi Aplikasi Trading Forex Terbaik Dunia

Sekarang ini, minat terhadap dunia investasi semakin meningkat, baik di dunia maupun Indonesia sendiri. Hal ini dikarenakan banyaknya keuntungan...

More Articles Like This