Jati Jajar, Kampung Kumuh di Madiun yang Disulap Jadi Spot Selfie Penuh Warna


Bagi masyarakat Madiun yang ingin melihat kampung warna warni tidak perlu jauh-jauh ke Kota Malang. Di Kampung Jatijajar, Kelurahan Taman, Kecamatan Taman, Kota Madiun, juga ada kampung warna warni.

Kampung Warna Warni yang ada di Jl. Jatijajar gang III, Kelurahan Taman, Kecamatan Taman, Kota Madiun adalah bentuk komitmen masyarakat setempat untuk mengubah kawasan kumuh tersebut menjadi kampung yang cantik dan rapi. Masyarakat secara sukarela dan bergotong royong mengecat dan melukis rumah-rumah yang ada di kampung itu.

Kapung Jati Jajar (Facebook)

Setidaknya ada 20 rumah yang ada di kampung itu yang dicat dan dilukis. Ada lukisan burung, ikan koi, pemandangan alam, Madiun tempo dulu yang menampilkam kereta api, penjual pecel. Lukisan berupa pola juga banyak ditemui di kampung itu.

Seorang warga RT 015/RW 05 Taman, Ari Kurniawan, mengatakan kampung Jatijajar dianggap sebagai kampung kumuh oleh orang luar. Atas anggapan itu, warga bermusyawarah untuk menjadikan kampung tersebut menjadi lebih bagus dan indah.

Kapung Jati Jajar (Facebook)

“Sebelumnya memang kampung ini ditunjuk pihak kelurahan untuk mewakili lomba kebersihan. Dengan adanya lomba itu, kami bertekad untuk mengubah wajah kampung ini supaya tidak dikatakan kumuh lagi,” terang dia seperti dikutip dari Madiunposcom, Kamis (17/8/2017).

Ari menuturkan untuk rumahnya sendiri dilukis dengan mural berupa sepeda. Selain itu, pot-pot bunga yang ada di samping rumah juga seluruhnya dicat dengan warna-warna yang cerah. Untuk jalan gang yang dicat dengan warna warni sepanjang 300 meter.

Kapung Jati Jajar (Facebook)

Dengan adanya perubahan wajah kampung, diharapkan warga bisa lebih menjaga kebersihan lingkungan.

Kampung Jati Jajar adalah sembuah perkampungan yang dahulu dikenal kumuh, sempit dan tidak nyaman, akan tetapi oleh warga khususnya pemuda dan para sesepuh di sana menyulap kampung yang dahulunya tidak menarik, tidak nyaman, menjadi tempat yang menarik didatangi orang luar untuk berselfie.

Kapung Jati Jajar (Facebook)

Jadi, buat kamu yang ingin selfie dengan nuansa seperti kampung warna-warni di Malang, kampung Jati Jajar ini bisa dijadikan alternatif. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak