Mie Ongklok, Mie Asal Wonosobo

Jika berkunjung ke Wonosobo atau hendak berwisata ke dataran tinggi Dieng, maka Anda harus coba juga makanan khasnya, yaitu Mie Ongklok.

Mie Ongklok merupakan salah satu makanan populer khas Wonosobo. Kuliner yang rasanya yang unik dan lezat ini begitu memanjakan lidah para pengunjungnya.

Salah satu Mie Ongklok yang paling terkenal di Wonosobo, adalah Mie Ongklok Longkrang. Dilansir Liputan6, Senin (17/3/2014), mie tersebut dikabarkan menjadi menu favorit bagi para turis, selebriti mancanegara bahkan para pejabat  tinggi seperti Bapak Susilo Bambang Yodhuyono, Budiono, dan masih banyak lagi.

Apa yang membuat mie ini diburu oleh para pecinta kuliner? Komposisi Mie Ongklok ini terdiri dari mie, kol, dan kucai yang dicampur dengan bumbu kacang lalu diberi kuah jenang. Kuah jenang sendiri terbuat dari bahan dasar gula jawa, ebi, pati, serta rempah-rempah yang diolah. Setelah bumbu kacang dan kuah jenang dicampur lalu di ongklok (diaduk), tidak lupa diberi kecap, merica, dan bawang goreng. Anda juga dapat menikmati mie ini dengan lauk pendamping seperti sate sapi, tempe kemul, dan aci goreng.

Untuk bisa menikmati satu porsi Mie Ongklok, Untuk 1 porsi, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 15 ribu saja, lengkap dengan 1 porsi sate sapi berisi 10 tusuk. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Kepribadian Wanita Menurut Tinggi Badan

Menikmati Lezatnya Burger Sakura