Wisata Ziarah di Tapanuli Tengah, Mendaki 700-an Anak Tangga


Jika ingin berkunjung ke Makam Papan Tinggi, wisatawan harus mendaki 700-an anak tangga yang terdapat disana. Makam Papan Tinggi adalah makam salah satu penyebar Islam di Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut).

Berkunjung ke Makam Syekh Mahmud merupakan salah satu kegiatan wisata utama di Tapteng. Ribuan orang datang setiap tahunnya untuk berziarah, maupun memanjatkan doa di puncak bukit yang berada di ketinggian 200 mdpl ini.

Makam Papan Tinggi berada di bagian puncak bukit. Makam ini cukup panjang, sekitar tujuh meter. Kaligrafi Arab menghiasi batu nisan besar dengan tinggi sekitar 1,5 meter di kedua sisi kuburan itu.

Lokasi pemakaman yang dibuat pada tempat yang begitu tinggi, kemungkinan karena masa itu laut tidak serendah saat ini. Kerang-kerangan masih dapat ditemukan di sekitar jalur pendakian yang menandakan jalur itu dulu terendam air laut.

Tak ada yang tahu pasti berapa jumlah anak tangga itu. Ada yang bilang 710 anak tangga, ada yang bilang di angka 720, sebagian menyebut 780, ada yang bilang 786 dan ada pula yang bilang 789 anak tangga. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak