Balik Ekmek, Roti Khas Turki


Ketika berkunjung ke Turki, tepatnya kota Istanbul, jangan lupa berkunjung ke Jembatan Galata. Selain memancing, Anda juga bisa mencicipi roti khas Turki, yaitu Balik Ekmek.

Balik ekmek merupakan makanan siap santap, yang terdiri dari ikan panggang dan roti. Kata â??balikâ? berarti ikan dan â??ekmekâ? berarti roti, jadi bisa dibilang kalau balik ekmek ini semacam sandwich ikan. Uniknya, makanan ini pada awalnya dijajakan langsung di atas kapal atau perahu yang bersandar di terminal Ferry Eminonu, dekat Golden Horn.

Dilansir Cheria Travel, Kamis (3/4/2014), yang membuat roti ini istimewa yaitu kesegaran bahannya, karena ikan yang digunakan sebagai bahan makanan ini adalah ikan segar yang dipancing langsung dari kawasan sekitarnya. Setiap satu buah roti diisi dengan potongan ikan panggang yang cukup besar. Wajar jika rasa ikannya lebih dominan dibandingkan rotinya.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat balik ekmek sangat sederhana, yaitu ikan mackerel dipanggang dengan garam, lalu dijepit dengan roti khas Turki. Roti khas Turki ini berbeda dengan roti pada umumnya karena teksturnya lebih keras. Selain itu, bentuknya memanjang seperti baguette ala Perancis. Jika ingin lebih garing, pengunjung bisa meminta pada penjual untuk memanggang rotinya sebentar.

Balik ekmek disantap dengan tambahan irisan bawang bombay dan daun selada. Akan lebih mantap lagi jika diberi perasan jeruk lemon yang biasanya sudah disediakan di meja pengunjung. Aroma amis ikan bisa tergusur. Tertarik mencicipi roti ikan ini? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak