Belanda Ternyata Juga Punya Mumi


Selama ini kita hanya tahu kalau mumi hanya berada di Mesir. Ternyata mumi selain di Mesir, ada juga yang terdapat di Belanda. Jika ingin melihat mumi di Belanda, maka Anda bisa kunjungi Desa Wiuwert di Friesland.

Mumi
Mumi di dalam peti

Wiuwert adalah desa kecil di Provinsi Friesland, bagian barat laut Belanda. Desa kecil ini mungkin kurang terkenal dibandingkan dengan kota-kota besar di Belanda seperti Amsterdam atau Den Haag, namun di desa inilah Anda bisa melihat mumi yang jadi daya tarik turis mancanegara.

Mumi
Penampakan mumi dari dekat

Dilansir situs resmi Wiuwert, Sabtu (3/5/2014) mumi di sini disimpan di dalam Gereja Hervormde. Ada empat mumi di dalam empat peti kayu yang ada di ruang bawah tanah gerejanya. Anda bisa mendatangi ruang bawah tanah dan melihat penampakan muminya langsung dari dekat. Melihat mumi-mumi tersebut mungkin membuat Anda merinding, bentuk tubuhnya masih lengkap dan tidak hancur, tanpa rambut, serta kedua tangan disilangkan di atas perut.

Gereja tempat menyimpan mumi
Gereja Hervormde tempat menyimpan mumi

Awalnya terdapat 11 peti jenazah berisi mumi tersebut, namun kini hanya tinggal 4 saja karena yang lainnya dicuri. Beberapa peneliti berspekulasi, jenazah di Gereja Hervormde bisa awet dan tidak membusuk atau rusak karena suasana lembab di bawah tanah dan tidak terkena air. Sayangnya, para peneliti yang mau meneliti mumi lebih dalam, justru ditolak oleh pihak gereja karena mereka ingin mempertahankan nuansa mistis sang mumi tersebut. Usut punya usut, konon mumi-mumi di sana adalah pengikut Labadist, suatu perkumpulan keagamaaan di Friesland.

Hingga kini, dari mana asal mumi tersebut dan siapa identitas mumi tersebut masih menjadi misteri. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak