5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gigi

Jika memang kita tak memiliki cukup banyak waktu untuk memeriksakan gigi kita, ada baiknya kita melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk. Berikut adalah 5 kebiasaan buruk yang bisa merusak gigi dilansir dari webmd.com, Kamis (8/5/2014).

1. Terlalu banyak ngemil

Saat ngemil, saliva atau air liur yang dihasilkan akan lebih sedikit daripada saat makan besar. Akibatnya, sisa-sisa makanan akan menempel di gigi dalam waktu yang lama, berjam-jam kemudian. Karena itu, Anda disarankan untuk menyikat gigi setelah ngemil.

2. Minum jus buah

Jus buah memang baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin dan anti-oksidan. Hanya saja kita masih sering memilih untuk minum jus yang dicampur dengan gula. Buah-buahan sudah terasa manis, jadi jika Anda ingin minum jus buah, sebaiknya jangan menambahkan gula lagi ke dalamnya.

3. Membuka bungkus dengan gigi

Terkadang jika tidak ada gunting, kita terbiasa membuka bungkus plastik dengan menggunakan gigi. Membuka bungkus plastik dengan menggunakan gigi bisa membuat gigi kita retak atau malah patah.

4. Minum soda dan kopi

Soda bisa mengandung 11 sendok teh gula. Selain itu soda juga mengandung fosfat dan asam sitrat yang bisa menghilangkan enamel gigi. Sementara kopi bisa meninggalkan noda dan membuat gigi kita menjadi kuning.

5. Mengunyah es batu

Mengunyah es batu bisa membuat gigi retak atau patah. Belum lagi suhu dingin es batu bisa membuat gigi jadi lebih mudah sensitif. Jika memang Anda sudah sangat ingin mengunyah es batu, Anda bisa menggantinya dengan permen karet bebas gula. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Pasar Antik Terpopuler di Dunia

Linkin Park Luncurkan Single ‘Until It’s Gone’