Fufu Asal Ghana, Makannya Harus Pakai Tangan


Apakah anda pernah mencoba makanan asal Afrika? Jika belum, mungkin Anda bisa mencoba makanan yang satu ini. Makanan tersebut namanya Fufu.

Fufu merupakan makanan khas dari Ghana, Afrika Barat. Sekilas bentuknya memang nampak seperti kentang tumbuk yang dimasukkan ke dalam sup. Bila Anda melihatnya mungkin akan membayangkan rasanya yang â??creamyâ?? dan lembek dicampur sup. Padahal Fufu memiliki rasa yang berbeda.

Dilansir Blog Petualang Unik, Kamis (22/5/2014), sebenarnya Fufu tidak terbuat dari kentang rebus yang dihaluskan, melainkan dibuat dari pisang tanduk rebus dan singkong. Pisang tanduk dan singkong itu dikupas, dicuci, dan direbus sampai lunak. Setelah ditiriskan, kedua-duanya ditumbuk bersamaan hingga membentuk adonan yang lembut dan teraduk rata. Adonan ini ditumbuk dengan menggunakan palu dan lumpang.

Adonan tersebut kemudian akan dicampur dengan sup kacang tanah. Sup kacang tanah ini sendiri terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk. Kemudian dimasukkan daging atau ikan, tomat, bawang merah, merica, dan rempah-rempah lainnya. Daging atau ikan dikukus dan dirempahi, lalu ditambahkan air dan kacang tanah yang telah ditumbuk. Kemudian bisa juga ditambahkan sayur, lalu semuanya diaduk dan dimasak hingga matang. Setelah itu, adonan fufu akan dihidangkan dalam mangkuk, yang dituangi sup kacang tanah.

Lebih unik lagi, untuk memakan Fufu ini Anda diharuskan menggunakan tangan Anda, seperti halnya orang Afrika yang kebanyakan memakan makanannya hanya dengan menggunakan tangan. Beberapa orang Ghana mengatakan bahwa mereka ingin menggunakan kelima indra dasar mereka sewaktu makan. Anda mendengar dan mencium aroma makanan sewaktu dimasak. Anda pun melihat dan mengecapnya sewaktu menyantap. Tetapi, agar dapat menggunakan indra kelima, Anda harus menyentuh dan merasakannya dengan jari-jari.

Namun perlu diingat, jangan pernah sekali-kali memakan Fufu dengan menggunakan tangan kiri karena makan dengan tangan kiri adalah sebuah bentuk penghinaan di Ghana. Hampir mirip dengan di Indonesia, menurut mereka tangan kiri biasanya digunakan untuk membersihkan tubuh kita, seperti misalnya setelah buang air besar. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak