Italia, Tak Hanya Pizza dan Spaghetti Saja


Jika ditanya tentang makanan Italia, yang terlintas dalam pikiran biasanya adalah pizza atau spaghetti. Sebenarnya Italia sendiri tidak hanya memiliki dua makanan itu saja, melainkan masih ada lagi makanan khas Italia, yang tentunya sayang jika dilewatkan. Apa saja makanannya? Berikut beberapa makanan khas Italia, dilansir dari Indonesia Indonesia, Jumat (23/5/2014).

Yang pertama ada Risotto. Risotto merupakan hidangan nasi tradisional yang berasal dari daerah Italia Utara. Bulir nasi Risotto berukuran lebih besar daripada nasi yang biasa kita makan, dimasak dengan kaldu dan keju parmesan sehingga menghasilkan rasa creamy. Risotto juga kadang ditambahkan pasta tomat untuk lebih menguatkan rasa.

Risotto
Risotto

Masakan khas lainnya adalah Brodetto, yaitu sup berbahan sari laut yang dimasak dengan kaldu ikan, tomat dan anggur putih. Ikan segar, kerang, remis, cumi-cumi, sotong, udang dan ikan jenis red mullet biasa dimasukkan ke dalam sup ini. Brodetto biasa disajikan panas dalam sebuah wadah tradisional bernama coccio, dan dinikmati sebagai hidangan pembuka.

Brodetto
Brodetto

Italia selain pasta juga terkenal akan olahan dagingnya, seperti Costoletta (daging tipis yang dilumuri tepung roti dan digoreng kering dengan mentega, Ossobuco (potongan daging kaki sapi yang dimasak pelan dalam anggur putih, bumbu serta rempah) dan La Bistecca (stik daging T-bone dari daging sapi asal Chianina yang terkenal dengan sebaran lemaknya yang seperti marmer).

Costoletta
Costoletta

Puas dengan makanan utama, Italia juga punya makanan penutup alias dessert, yaitu Sabayon Galliano dan Cannoli Siciliani. Sabayon Galliano terbuat dari campuran kuning telur, gula dan liqueur manis Italia bernama Galliano. Sementara Cannoli merupakan adonan pastry khas Sisilia berbentuk seperti tube dan diberi isian manis dan kental dari keju ricotta dan buah kering seperti peach dan raisin.

Untuk bisa mencicipi makanan khas Italia ini, Anda tidak perlu jauh-jauh ke negara aslinya, karena di Indonesia, tepatnya Jakarta, ada tempat yang menyediakan makanan tersebut. Salah satunya adalah Hotel Shangri-la. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak