Dengar Lagu Bahagia Bikin Anda Jauh dari Stres


Mungkin Anda memiliki lagu kegemaran Anda sendiri, yang sering Anda dengarkan kapan pun dan dengan suasana hati Anda yang bagaimana pun. Jika Anda lebih sering mendengarkan lagu bahagia, maka beruntunglah Anda, karena ada penelitian yang menyatakan kalau mendengarkan lagu bahagia ternyata berpengaruh juga pada suasana hati kita, sehingga kita juga jadi ikut gembira serta bahagia.

Penelitian yang dilakukan di Kanada tersebut menunjukkan bahwa lagu dan musik jenis tertentu akan mencairkan suasana hati yang buruk. Penelitian ini ditulis dalam Nature Neuroscience dan membuktikan bahwa lagu dan musik punya kekuatan besar untuk mempengaruhi pikiran dan tubuh Anda.

“Kita semua tahu dari pengalaman pribadi bahwa mendengarkan musik dapat mempengaruhi suasana hati,” ujar Bridget O’Connell, kepala informasi di badan amal dan kesehatan Mind, seperti dilansir dari netdoctor.co.uk. “Otak sangat rumit dan banyak unsur yang melibatkan perasaan senang, namun tidak terlalu mengherankan bahwa penelitian menemukan pelepasan dopamin (hormon bahagia) yang membuat perasaan senang setelah mendengarkan musik,” lanjutnya.

Perasaan bahagia inilah yang membuat seseorang dapat mengendalikan atau bahkan menghilangkan stres. Setiap hari kita mendapat banyak tekanan dan masalah, entah itu dari tempat kerja atau dari keluarga, dan semua itu menyebabkan stres dalam diri Anda dan akan berpengaruh pada kesehatan fisik. Dengan mendengarkan musik atau lagu bahagia, Anda dapat menekan level stres, sehingga pikiran lebih tenang, tubuh lebih sehat.

Anda bisa mencoba untuk mendengarkan lagu-lagu klasik, tentunya yang bernada gembira, atau mendengarkan lagu-lagu Indonesia yang bernada ceria, seperti lagu “Ceria” milik J-Rocks, atau lagu-lagu yang mengandung unsur humor seperti lagu-lagu dari Project Pop. Tinggal Anda yang memilih sendiri ingin mendengarkan lagu yang mana. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak