Aneh, Murid yang Bernilai Jelek Malah Diberi ‘Hadiah’


Mungkin Anda pernah mengalami nilai ujian Anda tidak memuaskan, atau dengan kata lain jelek, dan hal itu membuat Anda takut untuk menunjukkannya pada orangtua Anda karena takut dimarahi. Namun beda halnya di sekolah yang berada di Inggris ini. Murid-murid yang mendapatkan nilai jelek malah mendapatkan hadiah. Kok bisa?

Dilansir oleh metro.co.uk, Kamis (17/7/2014), sekolah bernama¬†Barrowford Primary School di Lancashire, Inggris ini menyisipkan sebuah ‘hadiah’ berupa surat kepada murid-murid yang mendapat nilai ujian di bawah standar alias jelek. Surat tersebut berisi motivasi kepada murid-murid tingkat akhir sebelum mereka lulus dari sekolah dasar. Surat itu mengatakan kalau hasil ujian yang telah mereka jalani bukanlah cerminan kemampuan diri mereka seluruhnya.

Surat dari sekolah untuk murid yang nilainya jelek
Surat dari sekolah untuk murid yang nilainya jelek

Dalam surat tersebut tertulis: “Mereka (para guru) tidak memahami bahwa kamu bisa bermain musik, atau bisa menari dan melukis dengan baik.” Sekalipun tes yang diberikan bertujuan untuk mengukur kemampuan secara akademis, surat tersebut menyatakan bahwa hal ini tidak dapat mengenali masing-masing karakter unik tiap orang. Surat itu juga menyuruh para muridnya agar tetap bangga dengan hasil yang diraihnya meskipun tidak memenuhi standar. Penutup surat tersebut bertuliskan pesan kalau masih ada banyak cara untuk menjadi pintar.

Meskipun bertujuan baik, namun beberapa orang menemukan bahwa surat motivasi ini sesungguhnya bukan asli buatan Barrowford Primary School. Tahun lalu, surat ini ditulis oleh seorang pelajar asal Amerika Serikat. Beberapa orang menyayangkan surat ini memberikan pesan yang kurang baik tentang plagiatisme.

Sementara di satu sisi ada yang melihat tidak orisinalnya tulisan dalam surat ini, di sisi lain masyarakat secara umum salut karena sekolah ini memberikan contoh bagaimana membangun kepercayaan diri tiap anak dengan keistimewaannya masing-masing. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak