Tips Mencegah Badan Melar saat Puasa


Ketika berbuka puasa, tanpa disadari kita terlalu banyak makan karena siang harinya kita sama sekali tidak menyentuh makanan. Pola makan yang berlebihan saat buka puasa tanpa disadari juga akan membuat tubuh bertambah melar atau lebar. Tak jarang, orang yang menjalankan ibadah puasa bukannya mengalami penurunan berat badan malah justru sebaliknya.

Dikutip dariĀ dream.co.ic (Kamis, 17/7/2014) ada cara mencegah badan tidak bertambah melar saat puasa. Berikut ini caranya.

1. Jaga Pola Makan saat Sahur

Banyak orang yang beranggapan bahwa makan sahur harus banyak agar tidak cepat lapar di siang harinya dan badan tidak mudah lemas. Anggapan ini sering jadi salah kaprah, terlalu banyak makan bagi tubuh juga tidak bagus apalagi yang dimakan hanya makanan yang mengandung karbohidrat. Sebaiknya perhatikan asupan makanan Anda, dan sebisa mungkin makan makanan 4 sehat 5 sempurna.

2. Konsumsi Makanan Manis

Berbuka puasa dengan makanan manis mampu mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa. Namun perlu dibatasi juga konsumsi makanan manis jangan sampai berlebihan, karena terlalu banyak gula dalam tubuh juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Perbanyak Serat

Jangan lupa mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur dan buah agar fungsi pencernaan dapat berjalan dengan baik. Makanan berserat dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan memberikan efek kenyang lebih lama.

4. Berolahraga Teratur

Seringkali aktivitas olahraga sering terabaikan selama bulan puasa karena alasan lemas. Berolahraga teratur sejam sebelum berbuka atau malam hari setelah berbuka merupakan kegiatan yang tepat dilakukan agar tubuh tidak bertambah “melar”.

5. Kurangi Gorengan

Mengonsumsi gorengan untuk santapan berbuka memang enak, namun tahukan Anda bahwa dalam gorengan mengandung banyak lemak tak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Makan gorengan yang berlebih juga berpengaruh pada melebarnya badan.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak