Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental


Puasa selain merupakan kewajiban bagi umat Muslim dan untuk menambah pahala, ternyata puasa memiliki efek yang sangat besar, khususnya dalam aspek kesehatan fisik dan mental.

Dilansir dari allaboutfasting.com, Senin (21/7/2014), Puasa bisa memberikan sejumlah manfaat besar. Beberapa diantaranya adalah membantu proses kesembuhan penyakit ringan (bahkan juga penyakit berat), menurunkan berat badan, mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, membuat wajah terlihat lebih awet muda, menstimulasi pertumbuhan sel-sela baru, menguatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan keseimbangan sistem hormon, meningkatkan mood, dan meningkatkan koneksi spiritual.

Manfaat puasa bagi kesehatan fisik antara lain adalah tubuh kita bisa lebih bugar, karena sistem tubuh kita istirahat dari memproses atau mencerna makanan yang masuk. Saat tubuh bisa beristirahat, maka tubuh akan melakukan proses detoksifikasi dan perbaikan sel, jaringan, dan organ tubuh. Energi yang biasanya digunakan untuk mencerna atau memproses makanan kini digunakan untuk membersihkan tubuh. Tubuh kita bahkan bisa terasa lebih berenergi karena puasa bisa membuat kita merasa lebih ringan dan butuh waktu tidur yang lebih sedikit.

Sementara manfaat puasa bagi kesehatan mental adalah bisa meningkatkan kewaspadaan diri dan kemampuan untuk memusatkan perhatian, maka kita bisa lebih mudah untuk menggunakan energi kita untuk hal-hal lain yang lebih penting dan utama. Secara emosional, puasa bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan bahagia. Orang-orang yang berpuasa banyak yang merasa bahwa depresi yang mereka rasakan menurun, dan tujuan-tujuan dalam hidupnya bisa terasa lebih dicapai karena kemampuan untuk fokus pada pencapaian tujuan tersebut semakin meningkat.

Setelah mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental, maka kini Anda bisa termotivasi untuk melakukan puasa di bulan Ramadan ini lebih baik lagi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak