Joyce, Pengusaha Sukses Souvenir “Clay Tepung” Asal Salatiga


Tepung umumnya digunakan sebagai bahan pembuat kue atau masakan. Namun ternyata tepung juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan souvenir yang menarik dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Salah seorang pengusaha sukses asal Salatiga, Joyce (40) memanfaatkan adonan clay tepung untuk dibuat menjadi berbagai bentuk mulai dari gantungan kunci, hiasan, hingga bentuk patung.

Clay merupakan tanah liat yang bisa dibentuk. Joyce yang memiliki latar belakang farmasi ini dapat membuat kreasi clay sesuai dengan keinginannya karena mudah dibentuk. Adonan clay berwarna putih dan lunak sehingga membuatnya mudah dibentuk menjadi apa saja hanya dengan menggunakan tangan. Pemberian warna pada clay menggunakan pewarna makanan, cat air, cat acrylic, maupun cat poster.

Dikutip dari kompas.com (Minggu, 3/7/2014) pada saat Piala Dunia berlangsung, Joyce juga membuat hiasan bertemakan Piala Dunia. Harga kreasi Joyce ini bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 75.000 tergantung ukurannya.

Joyce mengaku modal awal untuk pembuatan aksesoris ini hanya Rp 500.000 saja karena bahan yang mudah di dapat di pasaran dan tidak membutuhkan peralatan khusus yang harus impor dari luar cukup menggunakan peralatan yang ada di rumah saja.

“Saya dari awal punya prinsip tidak mau tergantung pada peralataan yang mahal atau impor. Sebagai contoh, saya hanya membutuhkan alat bantu dari sedotan yang ujungnya dipotong setengah lingkaran untuk membentuk mulut. Tusuk gigi untuk membuat lubang-lubang. Pisau untuk membuat sayatan dan pipa paralon atau gelas untuk menggilas,” ungkap Joyce.

Joyce memulai bisnis ini sejak tahun 2008, dan mengakui keuntungan dari bisnis ini menggiurkan. Joyce bahkan rela keluar dari pekerjaan lamanya sebagai dosen dan memilih untuk menjadi pengusaha. Dia memasarkan produknya secara online sehingga pembelinya tidak terbatas di dalam kota tapi juga hingga keluar kota.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
21
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak