5 Makanan yang Tercipta Secara Tidak Sengaja


Semangat para koki dalam memasak mendorong mereka untuk menciptakan beragam hidangan yang lezat. Namun ada kalanya mereka mencoba-coba resep lain, yang akhirnya malah menciptakan menu baru secara tidak sengaja. Dilansir dari Merdeka, Jumat (29/8/2014), berikut adalah 5 makanan yang tercipta secara tidak sengaja.

1. Sandwich

Sandwich
Sandwich

Salah satu makanan pokok dari masyarakat Barat ini tercipta karena sebuah kecelakaan yang tidak disengaja. Pembuatnya pertama kali adalah John Montagu. Sandwich tercipta ketika Montagu meminta pelayannya untuk membawakannya sepotong daging yang ditaruh di antara dua potong roti, ketika dia sedang asyik bermain kartu. Makanan itu kemudian disebut dengan istilah 4th Earl of Sandwich, yang kini kita kenal sebagai sandwich.

2. Yogurt

Yogurt
Yogurt

Penciptaan yogurt rupanya juga terjadi karena sebuah ketidaksengajaan. Ketika susu ditempatkan dalam sebuah karung kulit kambing, kombinasi susu dan bakteri dari karung menyebabkan susu mengental, yang kemudian mengarah ke proses pembuatan yogurt seperti sekarang ini.

3. Corn Flakes

Corn flakes
Corn flakes

Corn Flakes adalah salah satu jenis sereal yang populer di dunia. Corn Flakes diciptakan oleh Dr John Harvey Kellogg pada tahun 1895. Ketika sedang memasak gandum, John dan saudara laki-lakinya secara tidak sengaja meninggalkan gandum itu hingga jadi basi untuk memulai proses berikutnya. Saudara John terkejut ketika mengetahui bahwa gandum itu berubah bentuk jadi serpihan yang keras, namun masih bisa dimakan. Mereka kemudian menghidangkan sereal itu untuk pasien dan penemuan itu kemudian diaptenkan pada tanggal 31 Mei 1895.

4. Cone Es Krim

Cone es krim
Cone es krim

Penemuan unik ini diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1904 di St Louis World’s Fair. Abe Doumar, salah satu orang yang ikut memeriahkan pameran, memutuskan untuk menggulung beberapa kue wafelnya untuk membantu penjual lain yang sudah kehabisan piring untuk es krim. Jadi sebenarnya cone ini adalah pengganti piring, namun ketidaksengajaannya itu malah menjadi populer hingga sekarang.

5. Crepes Suzette

Crepes Suzette
Crepes Suzette

Crepes Suzette pertama kali diperkenalkan pada tahun 1895 di Cafe de Paris di Monte Carlo. Menurut cerita, ada seorang pelayan berusia 14 tahun bernama Henri Charpentier yang saat itu sedang melayani Prince of Wales, membakar gula dan mentega saat dia menyiapkan crepes untuk tamu kehormatan itu.  Pangeran menyukai crepes buatan Henri dan ingin menamai hidangan spesial itu dengan nama pendamping makan malamnya, Suzette. Namun cerita itu masih belum bisa dibuktikan kebenarannya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak