Orang Golongan Darah AB Gampang Pikun?


Selain faktor penuaan yang bisa menjadi penyebab seseorang menjadi pikun, ternyata ada hal lain yang bisa membuat seseorang jadi gampang lupa atau pikun. Faktor lainnya penyebab pikun adalah golongan darah. Seorang dengan golongan darah AB lebih rentan terkena gangguan daya ingat di usia tua. Hal ini termuat dalam beberapa jurnal penelitian.

Dikutip dari <em>kompas.com</em> (Minggu, 14/9/2014), sebuah kesimpulan yang dimuat dalam jurnal <em>Neurology</em>, tertulis orang yang bergolongan darah AB beresiko 82 persen lebih tinggi terkena gangguan memori. Hal ini berdasarkan uji kognitif dan ingatan terhadap 1.000 orang yang berusia 45 tahun.

Mary Cushman, ketua peneliti mendalami hubungan antara golongan darah AB dengan gangguan ingatan. Mereka mempelajari faktor koagulasi VIII, salah satu protein yang diperlukan dalam pembekuan darah. Tim peneliti menemukan protein pada golongan darah AB lebih banyak.

“Kami berpendapat bahwa orang yang punya faktor VIII lebih tinggi punya risiko terkena gangguan kardiovaskuler, contohnya stroke,” ungkap Cushman.

Koadulasi VIII berhubungan erat dengan golongan darah, para peneliti berasumsi ini ada hubungannya dengan kemampuan kognitif.

Penjelasan fisiologis lainnya terkait golongan darah AB, yakni glikotransferase ABO,suatu  enzim yang memberi informasi tentang golongan darah seseorang. Jenis enzim berbeda yang menentukan golongan darah A,B, O, atau AB. Berbeda golongan darahnya maka berbeda pula jenis gula yang diikat dalam sel darah merah. Karenanya ABO ini juga berperan penting dalam mengatur sistem tubuh, termasuk fungsi pembekuan darah.

Tapi terkait hal ini, orang golongan darah AB jangan merasa khawatir dulu, karena masih banyak yang harus dikaji dan ditelliti.

Untuk menjaga daya ingat selalu baik, peneliti menyarankan agar menjalani gaya hidup yang sehat perhatikan pola makan, aktivotas fisik, dan menghindari kebiasaan merokok.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak