Lezatnya Sego Tempe Penyet khas Surabaya


Nasi menjadi makanan pokok bagi setiap orang di belahan dunia. Saat ini, membuat nasi bisa dikreasikan sesuai keinginan masing-masing, misalnya digoreng, dibakar, dan lain sebagainya. Kali ini, JadiBerita akan mengulas hidangan yang terbuat dari nasi.

Hidangan ini bernama Sego Tempe Penyet. Ini adalah makanan khas Surabaya yang bercita rasa lezat. Hidangan ini dapat ditemukan di rumah makan Mbak Noer, Surabaya. Rumah makan ini menyajikan pelayanan sambal yang khas dengan rasa berbeda. Itulah yang membuat rumah makan ini selalu padat didatangi pecinta kuliner

“Jualan ini sejak tahun 2004 dari gerobak biasa di pinggir kali depan Mangga Dua, dan baru ini tahun 2014 memiliki tempat yang luas,â? kata Mbak Noer sebagai pemilik Sego Tempe Penyet

Mbak Noer mengatakan, tempe penyet dipilih menjadi jualannya lantaran ini adalah makanan asal Surabaya. “Emang ciri khas orang Surabaya tempe penyet,â? imbuh Mbak Noer.

Lebih lanjut Mbak Noer membocorkan cara membuat sambal sehingga rasanya begitu enak. Ia mengaku menguleg sambal dengan bahan-bahan seperti tomat, bawang, terasi, penyedap dan garam. Setiap harinya, Mbak Noer menghabiskan 50 kg cabai

“Sambalnya yang beda, ada orang jualan sambelnya diblender, tapi kalau ini asli di uleg. Dalam sehari habis 50 kg cabai,â? lanjutnya.

Di sini, Mbak Noer juga menghadirkan menu lain seperti nasi dengan tempe, telor, lele, mujair, bandeng, ampela, dorang, ikan pari atau ikan pe dan bebek.

Soal harga, Mbak Noer mematok harga yang relatif murah dan tidak menguras dompet. Mulai dari Rp. 6.000,00 dengan menu nasi tempe sambal hingga Rp 12.000,00 nasi tempe bebek. “Harga di sini memang murah-murah, kalau ada kenaikan, satu naik semua naik, gak bisa satu-satu naiknya, harus barengan,â? ungkapnya.

Apabila Anda ingin menyantap Sego Tempe Penyet ala Mbak Noer, Anda dapat datang ke jalan raya Jagir Wonokromo nomor 120 Surabaya. Rumah makan ini dibuka setiap hari dari pukul 16.00 sampai 02.00 wib dini hari. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak