STORY: Berkat Printer 3D, Pria Ini Punya 2 Tangan Bionik


Sejak dilahirkan ke dunia ini, Daniel Melville hanya memiliki satu tangan saja. Tak ayal, kondisi itu membuat ia kesulitan menjalankan aktivitas sehari-harinya. Namun, semua permasalahan itu dapat diatasi berkat tangan bionik cetakan printer 3D.

Alhasil, Daniel pun kini mempunyai 2 tangan layaknya manusia normal. Lantaran tangan satunya adalah hasil printer 3D, Daniel mendapat julukan pria star wars.

Tangan bionik yang dipakai Daniel tak lepas dari peran ahli robotika Joel Gibbard yang mengusahakan agar Daniel tak kesulitan lagi ketika beraktivitas. Dengan menggunakan sensor 3D, Joel hanya butuh waktu 20 menit untuk pemindaian lengan Daniel.

Selanjutnya, dalam jangka 40 jam tangan bionik tersebut sudah berhasil di cetak. Saat ditanya perasaan Daniel saat memakai tangan bionik, dirinya mengaku begitu senang bukan kepalang.

“Selama ini aku lelah menunggu perubahan pada tanganku. Aku harus menunggu berbulan-bulan hanya untuk mendapatkan soket. Aku tidak bisa membayangkan jika tangan ini bisa kuperoleh sejak masih muda,” kata Daniel, seperti dilansir Mirror, Rabu (05/11/2014).

“Aku merasa nyaman-nyaman saja menggunakan tangan power ranger, tangan star wars, atau apapun sebutan bagi tangan ini yang penting aku bisa lebih mudah melakukan sesuatu. Ada banyak tangan robotik yang dijual di luar sana tapi harganya sangat mahal,” sambung Daniel

Selain Daniel yang senang karena adanya alat canggih ini, Joel pun ikut senang karena karyanya bisa membantu orang dengan keterbatan fisik seperti Daniel.

â??Betapa mengharukan saat melihat sesuatu yang telah saya kerjakan selama setahun dapat memberikan kemampuan tambahan pada seseorang,â? tutur Joel.

Bahkan, Joel pun bangga lantaran dirinya sukses membuat alat mutakhir yang berguna bagi orang lain. “Ada kepuasan tersendiri ketika saya berhasil menciptakan tangan ini. Melihat Daniel bisa menulis dan mengangkat sesuatu membuat saya bangga. Saya telah merancang sejumlah prototipe lain untuk bisa membantu lebih banyak orang,” tutup Joel. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak