7 Fakta Menarik Band Coldplay


Tidak bisa dipungkiri kalau Coldplay adalah salah satu band yang paling berpengaruh di dunia saat ini. Mengusung gaya musik yang berbeda dan konsep unik dalam setiap aksi panggungnya, menjadikan band yang satu ini sangat sulit untuk ditiru. Dengan sukses yang terus menghampiri mereka, seharusnya Coldplay tidak lepas dari hal-hal aneh sepanjang mereka meniti karirnya dalam bermusik. Dilansir dari Kapanlagi, Kamis (6/11/2014), berikut adalah 7 fakta menarik dari Coldplay.

1. Ode To Deodorant, Lagu pertama Coldplay

Bagi setiap band ataupun musisi, lagu pertama yang dibuat pasti meninggalkan kesan tersendiri. Terutama ketika lagu itu mengusung musik dan lirik yang memang berkualitas atau menjual. Tapi, berbeda dengan Coldplay. Lagu pertama mereka yang berjudul “Ode to Deodorant” ini ditulis pada tahun 1998. Masih dirilis dalam format kaset, “Ode To Deodorant” sebenarnya dibuat oleh Coldplay sebagai lagu bercanda. Namun hasilnya lagu ini tidak terlalu mengesankan candaan.

2. Pertama Muncul di YouTube, Chris Martin Dipuja Banyak Wanita

Ketika muncul pertama kali di YouTube dengan track “Gravity”, Chris Martin langsung mendapati banyaknya komentar dari para wanita yang membicarakan tentang suaranya. Dengan banyaknya komentar yang ada dan rata-rata dipenuhi oleh para wanita, Chris Martin mendapat satu julukan tentang gaya vokalnya, yaitu flows like honey atau mengalir bagaikan madu.

3. Nama Coldplay Sebenarnya Adalah Nama Pinjaman

Sebuah nama pasti mempunyai sebuah cerita dan akan menjadi identitas yang sulit lepas dari musisi ataupun sebuah band. Seperti Coldplay, nama band ini justru sudah pernah dipakai oleh sebuah band lain. Merasa kalau nama band itu terlalu aneh, akhirnya Chris dan kawan-kawan memutuskan untuk meminjam nama Coldplay.

4. Lagu Yellow Terinspirasi Dari Buku Telepon

Ide unik dan kreatif untuk menciptakan sebuah lagu biasanya datang secara tiba-tiba dan lewat kejadian pribadi si penulis atau hal-hal aneh di sekitarnya. Namun, lagu “Yellow” yang sering disebut dengan lagu sejuta umat ini justru terinspirasi dari sebuah buku. Bukan novel atau majalah, tapi justru dari buku telepon. Kalau kalian tahu Yellow Pages, itulah yang dipakai Chris untuk menginspirasi judul track yang satu ini.

5. Dulu Gonta-Ganti Nama Album

Setelah sukses memberi judul epik untuk lagu-lagu terdahulu, rupanya Coldplay pernah dua kali mengganti nama albumnya. Sebelum “Yellow”, nama album debut mereka bernama “Don’t Panic”. Merasa bingung dengan prestasi yang tidak terdongkrak, akhirnya Coldplay memutuskan untuk mengganti namanya. Kali ini, mereka memutuskan untuk menggunakan nama “Parachutes”.

6. Butuh Tiga Tahun Untuk In My Place Menjadi Hits

Salah satu single yang sempat menjadi hits sampai sekarang adalah “In My Place”. Chris menulis lirik lagu tersebut pada tahun 1999. Tapi, tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 2002, barulah single ini bisa mendapat tempat yang layak di jajaran tangga musik.

7. Speed Of Sound, Luapan Emosi Chris Untuk Anaknya

Lagu “Speed Of Sound” dibuat Chris untuk menyambut kelahiran sang anak. Ketika anaknya yang bernama Apple ini akan lahir, Chris meluapkan semua perasaan dan emosinya dalam sebuah lirik yang sangat apik. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
101
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak