Uniknya Taj Mahal Mini di India


Taj Mahal merupakan bangunan yang menjadi ciri khas di India. Bangunan perlambang cinta ini memiliki daya tarik sendiri untuk mendatangkan pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Taj Mahal juga merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Tapi tahukah Anda jika India memiliki dua Taj Mahal?

Seperti yang dilansir dari viva.co.id (Minggu, 23/11/2014), ada sebuah monumen yang terkait dengan Taj Mahal bernama Bibi Ka Maqbara. Letaknya di Aurangabad, Maharashtra, India. Bangunan ini merupakan sebuah makam yang dibangun oleh seorang Pangeran bernama Azam Shah. Ia adalah putra keenam Kaisar Mughal Aurangzeb. Makam itu dibuatnya untuk mengenang sang ibu Dilras Banu Begum.

Monumen Bibi Ka Maqbara rupanya terinspirasi oleh bangunan yang diciptakan oleh sang kakek Kaisar Mughal Shah Jahan yang membangun Taj Mahal untuk mengenang istrinya.

Pangeran Azam Shah mulanya ingin membangun sebuah bangunan yang akan menyaingi indahnya Taj Mahal. Namun sang pangeran tidak memiliki harta sebanyak sang kakek dan pengrajin handal dari Persia yang disewa oleh sang kakek saat membangun Taj Mahal mini tersebut.

Tapi walau begitu, desain arsitekturnya tetaplah mengagumkan nan indah.Motif yang rumit pada bangunan dilengkapi dengan taman bergaya Mughal. Kuburan sang ibunda dari pangeran pun terletak di tengah ruangan yang sangat luas mencapai 126 meter persegi.

Tamannya berisi kolam air mancur yang dikelilingi oleh tembok tinggi dan paviliun terbuka di ketiga sisi bangunan.

Karena kemiripan yang kuat menyerupai Taj Mahal buatan Mughal Shah Jahan, maka bangunan yang dibuat oleh sang pangeran pun kini disebut sebagai Baby Taj atau Taj Mahal mini. Walaupun tak semegah Taj Mahal, tetapi Taj Mahal mini tetap mengagumkan. Walaupun pernah sempat tak terurus, kini Baby Taj merupakan destinasi wisata favorit di Aurangabad, India.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak