Sakit Gigi Bisa Sebabkan Jantung Koroner?


Jika kamu mengalami masalah gigi misalnya gigi berkarang, gigi berlubang, ataupun gigi copot pastinya akan terasa menyakitkan dan mengganggu. Nampaknya, masalah gigi bukan hal yang dapat dianggap biasa saja. Pasalnya, masalah gigi diklaim dapat memicu penyakit jantung, seperti jantung koroner dan aterosklerosis.

Masalah gigi atau yang dikenal dengan nama Periodontitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan penyangga gigi (periodontium), antara lain seperti gusi dan tulang gigi.

Biasanya, Periodontitis diakibatkan oleh plak, lapisan biofilm yang mengandung bakteri, dan produk dari sisa makanan yang bersarang di gigi.

Kondisi ini tak bisa anggap remeh. Sang penderitanya bakal merasakan gejala parah seperti gusi berdarah dan pembengkakan.

Lantaran, di dalam mulut dipenuhi dengan bakteri mulut. Bakteri mulut itu sendiri kemungkinan bisa memasuki aliran darah akibat kegiatan mengunyah, menggosok gigi, atau invasi bakteri ke dalam pembuluh darah di jaringan periodontitis.

Pricillia Myriarda, Sp.JP selaku dokter jantung RSU Bunda Jakarta, mengatakan bahwa bakteri mulut pada kasus periodontitis memiliki kaitan erat dengan penyakit jantung koroner, atau berperan dalam proses aterosklerosis.

â??Bakteri mulut yang masuk ke dalam aliran darah akan mengeluarkan toksin, dan menyebabkan peradangan yang diduga mendukung proses aterosklerosis di dinding pembuluh darah jantung, yang berkaitan dengan penyakit jantung koroner,â? jelas dr. Pricillia, seperti dilansir Okezone, Rabu (03/12/2014).

Namun, jangan khawatir. Kamu bisa mencegah masalah gigi apabila rajin menjaga kebersihan mulut, terutama gigi. Rutinlah sikat gigi setiap hari. Kalau bisa, kamu juga perlu melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi.

Jika semua cara itu dilakukan dengan rajin, maka kemungkinan untuk mengidap penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh masalah gigi sangat kecil. So, lebih baik mencegah daripada mengobati kan JBers!

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak