7 Alat Musik Langka dan Unik


Mungkin jika disuruh menyebutkan alat musik, yang terlintas di pikiran adalah piano, gitar, atau drum. Selain alat musik yang sudah umum ditemui, ternyata ada alat musik yang asing bahkan langka dan unik. Berikut adalah 7 alat musik yang langka dan unik, seperti dilansir dari blog Sang Widy, Sabtu (13/12/2014).

1. Kalimbas

Kalimbas
Kalimbas

Kalimbas, juga dikenal sebagai piano ibu jari, adalah bagian dari keluarga instrumen perkusi. Alat ini terbuat dari buluh atau ujung, yang kemudian dipetik dengan ibu jari atau jari orang yang bermain dan getaran dari buluh ini kemudian diperkuat melalui kotak resonator berongga atau papan suara untuk menciptakan musik.

2. Glass Armonica (Harmonika Kaca)

Glass Armonica
Glass Armonica

Harmonika kaca adalah satu set mangkuk kaca atau cangkir, ukuran bervariasi, untuk menghasilkan nada musik oleh gesekan. Sekilas terlihat seperti mesin jahit tradisional.

3. Cucumber Phones (Terompet Timun)

Cucumber Phone
Cucumber Phones

Alat musik ini adalah bagian dari orkestra sayuran dari Wina. Memiliki bagian mulut wortel, tubuh mentimun dan cabai merah di pangkalan untuk membantu proyek suara. Orkestra ini tidak membuang makanan. Setelah selesai mereka membawa kerumah dan sayuran itu dijadikan sup.

4. Travel Didgeridoo

Travel Didgeridoo
Travel Didgeridoo

Didgeridoo ini dikenal sebagai alat musik tiup. Panjangnya sekitar 1 sampai 4 kaki. Semakin panjang instrumen, semakin rendah nada tersebut. Dikatakan Travel Didgeridoo karena memang dibuat untuk bisa dibawa kemana-mana. Selama perjalanan, alat musik ini dapat dibongkar dan ditempatkan dalam tas ransel.

5. Fence Music (Musik Pagar)

Fence Music
Fence Music

Alat musik ini berasal darikawat atau kabel yang ada di pagar, kemudian menggeseknya dengan busur biola. Cara memainkannya sama seperti cara bermain alat musik biola.

6. Aeolian Wind Harp

Aeolian Wind Harp
Aeolian Wind Harp

Alat ini terbuat dari sebuah kotak kayu dengan senar membentang di dua papan. Jika kamu ingin mendengar suara yang dapat dibuat dengan alat ini, harus ditempatkan dekat jendela yang terbuka, sehingga angin bisa meniup nya. Tali dapat dibuat dari bahan yang berbeda dengan ketebalan dari material yang sama dan akan menghasilkan nada yang sama atau pada tingkat nada yang berbeda. Kekuatan angin akan menentukan jenis suara yang dapat kita dengar.

7. Kazoo Instrument

Kazoo Instrument
Kazoo Instrument

Kazoo dikenal sebagai instrumen angin. Ada mekanisme getar yang mengubah suara pemain ketika disuarakannya. Kamu harus berbicara atau bernyanyi ke perangkat. Alat musik ini terbuat dari baja atau plastik. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
21
Love
OMG OMG
11
OMG
Yaelah Yaelah
41
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
31
Keren Nih
Ngakak Ngakak
61
Ngakak