Singkong Liwet, Alternatif Pengganti Nasi


Singkong liwet adalah salah satu alternatif lain olahan singkong yang tidak bisa digambarkan dengan kata lain selain enak. Bagaimana tidak, olahan singkong bersantan ini rasanya jauh di atas sumber karbohidrat lainnya. Dari segi citarasa, tak memakai lauk pun kamu tak akan merasa ada sesuatu hal yang kurang.

Singkong liwet atau kalau orang desa menyebutnya telo liwet merupakan sebuah menu yang hingga kini masih diolah oleh para penikmatnya. Menu ini sangat lezat karena kombinasi antara gurihnya santan berpadu dengan bumbu khas rempah nusantara seperti bawang putih, ketumbar dan tentu saja garam.

Bagi kamu yang kebetulan berada di Yogyakarta, tak perlu khawatir kehabisan stok singkong. Dilansir dari Panduanwisataid, Senin (15/12/2014), selain dijual di berbagai pasar tradisional dan aneka warung di desa, Yogyakarta juga memiliki sebuah pasar unik bernama Pasar Telo yang berada di kawasan Karangkajen yang terletak di selatan jalan Imogiri Barat. Sesuai dengan namanya, setiap harinya pasar tradisional ini menyediakan singkong dalam jumlah besar.

Singkong liwet sangat lezat jika disantap kala masih hangat. Jika memasak sendiri, Anda dapat mengatur kekentalan kuah santan yang ada di dalam masakan. Namun jika beli di warung, singkong liwet biasanya dijual tanpa kuah. Selain untuk memudahkan proses pengemasan, dijual kering tanpa kuah akan menghasilkan citarasa yang lebih merasuk dengan daya penyimpanan yang lebih lama.

Biasanya singkong liwet ini dijual sekitar Rp 2 ribu saja setiap plastiknya. Satu porsi singkkong liwet biasanya berisi dua ketela berukuran sedang yang cocok untuk disantap berdua bersama dengan sahabat kamu. Murah, enak dan tidak berpengawet, patut dicoba, bukan?

Kamu bisa membeli singkong ini di warung sayur yang berada di selatan SD Negeri Winongo, Bantul. Warung ini terletak di sisi barat jalan, hampir berdekatan dengan warung serabi. Jadi, tunggu apa lagi? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak