6 Fakta Menarik Eropa yang Perlu Diketahui


Benua-Eropa.gif

Benua Eropa dikenal dengan benua modern dengan nuansa klasik. Hal itu disebabkan karena banyaknya bangunan masa lalu yang masih ada hingga kini. Selain hal tersebut, ternyata benua Eropa juga memiliki hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh benua lain. Berikut adalah beberapa fakta menarik benua Eropa yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Tercengangnet, Kamis (18/12/2014).

1. Eropa punya daerah dengan nama terpanjang di dunia

Nama jalan terpanjang di dunia
Nama jalan terpanjang di dunia

Sebuah desa di Wales, Inggris memiliki nama resmi yang terdiri dari 58 huruf, yaitu Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch yang berarti Gereja Saint Mary di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air cepat dan Gereja St Tysilio dari gua merah. Daerah dengan nama yang sangat panjang itu biasa disebut dengan Llanfairpwllgwyngyll.

2. Eropa punya negara terkecil di dunia

Vatikan
Vatikan

Meskipun Eropa merupakan benua terbesar di dunia, namun nyatanya Eropa memiliki negara terkecil di dunia, yaitu Vatikan. Vatikan adalah sebuah negara berdaulat dengan sri paus sebagai pemimpinnya. Luas Vatikan hanya sebesar 0,44 km persegi.

3. Eropa punya kota yang terletak di dua benua

Istanbul
Istanbul

Hal menarik lainnya adalah Eropa punyakota yang terletak di dua benua, yaitu ibukota Turki, Istanbul. Turki sendiri sebenarnya memiliki dua ibukota, yang pertama Ankara yang masuk ke benua asia dan Istanbul yang masuk ke benua Eropa.

4. Eropa punya Merry Cemetery, pemakaman paling unik

Merry Cemetery
Merry Cemetery

Di Rumania terdapat sebuah pemakaman umum yang sangat unik yang bernama Merry Cemetery. Pemakaman yang berada di Kota Sapanta ini memiliki keunikan karena pada makam-makamnya terdapat nisan berbentuk salib yang terbuat dari kayu dan di cat berwarna-warni. Nisan-nisan tersebut dihiasi dengan lukisan-lukisan unik yang menceritakan tentang kehidupan orang yang dikuburkan. Ada lukisan orang yang dipenggal, tertabrak truk dan lain lain.

5. Patung Liberty dibuat di Eropa

Pembuatan patung Liberty
Pembuatan patung Liberty

Patung Liberty yang menjadi kebanggaan warga Amerika Serikat ternyata dibangun di benua Eropa, tepatnya di Perancis. Patung Liberty dirancang oleh Frederic Bartholdi. Patung liberty diberikan kepada Amerika Serikat sebagai tanda persahabatan.

6. Asal nama Eropa

Europa
Europa
Secara etimologis, kata Eropa berasal dari bahasa Yunani kuno. Nama yang berarti luas dan lebar ini berasal dari tokoh mitologi Yunani yang bernama Europa. Europa adalah seorang putri Fenisia yang sangat cantik. Menurut mitologinya, Zeus jatuh cinta kepada Europa dan pada akhirnya menjadikan Europa sebagai istrinya. (tom)

Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak